TEMPAT MAKAN YANG ENAK UNTUK KULINER DI BANDUNG YANG HARUS DI COBA

Kebanyakan warga Jakarta yang udah cape kerja dan butuh liburan, pasti salah satu pilihan tempat liburannya adalah pergi ke Bandung. Meskipun dulu ke Bandung bisa sampe 6 jam karena macet banget ya ampun itu Bekasi sampe karawang, tetep aja ga mengurungkan niat.

Gue pernah pergi ke Bandung jumat malem, dari Sudirman jam 9 malem, sampe bandung jam 5 subuh hari sabtu confused.

Tujuan ke Bandung pasti ada 2, tempat wisata dan tempat makan buat kuliner. Dalam artikel ini, gue mau kasih daftar tempat makan yang enak untuk kuliner yang harus kalian coba.

  • SATE JANDO GASIBU

Sate jando gasibu yang terkenal seantero Bandung adalah sate payudara sapi. Rasanya pertama kali aneh aja, kaya gabungan kikil dan lemak, tapi enak! Ga suka sate jando? Tenang. Ada sate sapi dan ayam juga kok di sini.

IMG_2222
kiri sate jando dan kanan sate ayam

Sate jando gasibu ini mulai dijual jam 8 pagi sampai habis. Biasanya habis jam 11 atau 12 siang. Untuk cari sate jando ini ga susah, karena selalu antri kalau ke sini (soalny dateng pas weekend hehehe). Karena bukanya pagi, makan sate jando cocok buat sarapan nih, apalagi setelah lari pagi (emot mantab).

IMG_2227
ngantri ngantriiii

by the way, setiap datang ke sini hari minggu, selalu ngantri 50 menit coy.

Alamat : dibelakang gedung sate Bandung.

Harga : untuk satu porsi, harga Rp.25.000 untuk 10 tusuk sate dan lontong. Tidak mahal kan?! Mantab.

  • ROTI GEMPOL

Roti bakar gempol adalah salah satu sarapan favorite gue di Bandung. Namanya kenapa roti gempol? Karena tokonya ada di jalan gempol hahaha. Si tukang roti gempol ini menjual roti homemade buatan sendiri.

IMG_0114

Menu utamanya adalah roti bakar manis dan asin dengan menggunakan roti tawar biasa atau gandum.

  • Roti Bakar manis isinya ada rasa coklat, kacang dan keju.
  • Roti Bakar asin isinya ada yang pakai telur, daging asap dan keju.

Kalau kalian rame-rame, bisa pilih menu yang ririungan untuk porsi rame-rame. Gue suka banget yang roti bakar pakai daging asap dan keju, mantab!!

Selain roti bakar, menu utamanya ada mie ayam dan mie yamin. Gue juga suka banget sama mie yaminnya! Enakkkkkkkk. Tapi ga usah pake bakso, karena nanti kekenyangan.

Untuk minumannya, di sini juga dijual addicted tea, minuman tea dengan banyak variasi kaya thai tea, green tea, coffee, taro, pisang dan lainnya. Worth to try deh.

Apakah hanya jualan itu saja? Tentu tidak. Di toko ini jual jualan donat gula, makanan cimilan kaya kerupuk cheesestick, lidi-lidian dan banyak lagi.

Toko roti gempol ukurannya tidak besar, jadi kalau ke sini pagi-pagi suka rame banget. Jadi bagi kalian yang ke sini pas jam rame, sadar diri aja ya jangan terlalu lama nongkrongnya, gentian dengan yang lain.

Ga kalah penting, untuk yang bawa mobil ke sini rada ribet karena tempatnya di komplek rumah jadi susah cari parkirnya. Saran gue, parkirnya di taman sebelum masuk jalan gempol atau di tempat bersih sehat.

Alamat : Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Harga : untuk roti bakarnya sekitar 10ribu – 40ribu tergantung topping dan ukuran. Kalau mie ayam dan yamin sekitar 18ribu – 22ribu tergantung pakai bakso atau tidak

  • Sei Sapi Lamalera

Butuh makan siang yang enak di Bandung? WAJIB BANGET MAKAN SEI SAPI LAMALERA! Ok, ok, gue jelaskan dulu apa itu sei sapi lamalera. Tempat makan Sei Sapi Lamalera ini menjual daging sapi & ayam asap yang merupakan makanan khas Kupang.

F7BF9BEC-5859-43CF-9CD1-E4A202945FE4

Daging yang dijual ada 2 porsi, porsi biaya dan jumbo. Untuk porsi biasa, dagingnya dikit. Jadi pilih yang jumbo. Kalau kurang, ya NAMBAH! Kudu deh.

Si daging sapi/ayam ini ada pilihan sambel yang mau dipakai, ada rica-rica matah, lu’at (asem gitu), sambel ijo dan banyak lainnya. Gue prefer kalau mau pakai sambel, lebih baik sambelnya dipisah jangan digabungin karena biar ngerasain juga daging asap tanpa sambel, tetep enak!

IMG_1574
enak banget ini ya ampun

Gue sama sodara gue cobain rasa rica-rica, matah dan luat, enakan matah!!

Kalau ke sini weekend dan siang, pasti rame banget dan ngatri! Makanya lebih baik dateng jam 11 siang (lebih dulu) atau sekalian jam 2 an siang lewat gitu. Jangan pas jam 12 siang deh.

IMG_1569
ngantri sambil becanda dong

Selain itu, kalau pas dateng ngatri, jangan lupa beli cilor di depannya. Enak beneram deh!! Ada kue tete juga di depan sei sapi lamalera.

IMG_1579

Alamat : Jl. Bagus Rangin No.24b, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 4013

Harga : untuk porsi sedang dan jumbo range harganya sekitar 22ribu-50ribuan, tergantung jenis sambelnya juga

  • IGA BAKAR SI JANGKUNG

Butuh makanan berat lagi, cobain iga bakar si Jangkung ini. Iga Bakar yang udah dipotong-potong ini disajikan di piring tanah liat selagi panas. Selain iga sapi, mereka jual juga yang kambing.

IMG_2168

Menurut gue porsinya pas. Gue pesen iga sapi, iganya empuk, gurih. Karena ini iga bakar kecap jadi ga pedes, kalau mau pedes tinggal minta cabe potong aja.

IMG_2167

Oia sodara gue ada yang cobain nasi gorengnya dan ternyata enak juga! Kaya nasi goreng kebuli gitu.

Alamat : Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Harga : untuk seporsi harga iga bakarnya sekitar 40ribu-an (seinget gue). Ga mahal untuk ukuran makan iga sapi yang enakkkkk lol

  • Bakso Cuankie batagor serayu

Gue tau bakso cuankie ini gegara sodara gue mau banget makan ini, kita dateng jam 11 pagi (dan buka warunnya juga jam 11 pagi) tapi undah ngatri banget coy.

IMG_1905

Di sini mereka menjual bakso cuankie yang isinya ada 6 biji, ada bakso, tahu dan aci. Untuk baksonya enak! Gue ga terlalu penyuka aci sih, tapi di sini enak. 1 porsi isi 6 menurut gue kebanyakan bagi yang mau nyobain batagor gorengnya juga. Jadi kalau mau nyobain 2-2nya, lebih baik 1 porsi bakso dan batagor berdua.

IMG_1906

Untuk tempat duduknya ada di dalam dan diluar. Pas gue ke sana, lumayan tau diri sih yang makan, karena abis makan langsung keluar, ga ada ngobrol2 lama gitu karena ya ngantrinya lama.

Untuk batagornya enak. Sebenernya sama kaya si bakso hehehe. Batagornya isi tahu dan aci.

Kalau lagi nunggu lama di sini, bisa sekalian beli cemilan es potong dan kue tete.

Alamat : Serayu St No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40114

Harga : 1 porsi bakso dan batagor sama, yaitu sekitar 15ribuan.

  • CAFÉ D’PAKAR

Butuh udara sejuk buat sore-sore nongkrong santai atau sarapan pagi dengan udara yang seger? Salah satu pilihan adalah café d’pakar!

IMG_0264
sore-sore enak banget di sini

Café ini bukan jenis café fancy, café ini terletak di dago atas dengan pemandangan pegunungan di bandung. Untuk makanan di sini banyak pilihannya dan menurut gue rasa dan harga pun ok. Gue udah cobain dari yang bakso, mie rebus, nasi goreng, ayam goreng dan lainnya. Jadi kalau bawa banyak temen ke sini, pilihan makanannya pun banyak.

Untuk masuk ke sini bayar voucher dulu, lupa seharga 20ribu. Tapi vouchernya bisa ditukerin makanan dan minuman kok. Biar yang masuk ga Cuma buat foto-foto aja, tapi nikmatin makanannya.

IMG_5422

Alamat : Jalan Dago Pakar Utara,, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198

Harga : karena banyak pilihan makanan di sinim jadi harga per porsi bisa diliat di websitenya zomato hahaha.

  • NASI GORENG BISTIK ASTANA ANYAR

Mau nyobain nasi goreng bistik tapi harus menunggu dengan sabar? Nih beli nasi goreng bistik astana anyar deh.

Beli nasi goreng ini harus rela ngantri 1 jam lebih di hari sabtu (gue ga tau kalau hari lain)! Seriues serame itu, abang ojol yang ngantri juga banyak banget.

cache_Messagep11531

Emang enak banget apa nasi gorengnya? Menurut gue makan nasi goreng ini paling enak makan ditempat  (ga dibawa pulang).

Enak ga? Menurut gue nasi gorengnya enak! Bukan enak banget, tapi enakkk! Jadi nasi goreng bistik ini isinya : nasi goreng dikasih kuah bistik ayam, kemudian topping bistik ayam, kentang goreng dan sayur kaya beli bistik. Dan kentang gorengnya enak! Kalau mau beli nasi goreng di sini haru plus tambahan kentang goreng udah wajib deh.

IMG_2177

Oia, untuk tempat jualannya di pinggir jalan ya, ga terlalu proper sih. Bukan tempat makan restaurant gitu ya

Alamat : Jl. Astana Anyar No. 218, Astana Anyar, Bandung

Harga : untuk harganya gue lupa sih, yang pasti sekitar 20ribuan deh.

Sekian dulu daftar tempat makan yang kalian harus dicoba. Beneran deh, cobain dulu, pasti nagih hahahah. Nanti bakal gue update lagi kalau ada tambahan yang menurut gue enak makanan di bandung ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s