Weekend Getaway ke Jogja : KOPI KLOTOK PAKEM, TAMAN SARI, TAHU WALIK OMTA, TEMPO GELATO dan CABARET SHOW RAMINTEN

Liburan kalau bareng temen memang lebih baik ga direncakan ya. Awal rencana pengen liburan sama temen-temen kantor, tapi apa daya susah untuk cuti rame-rame (bukannya cuti yang didapat tapi omelan bos hahahah lol). Beberapa bulan berlalu, banyak temen-temen yang resign dan kesempatan buat liburan rame-rame timbul kembali.

Jogja menjadi tujuan utama, karena banyak pilihan untuk tempat wisata dan kuliner. Liburan di jogja cuma 3 hari termasuk berangkat dan pulang. Dan alhamdulillah dapat tiket pesawat return yang masih wajar menggunakan airasia, yaitu 800ribu.

BERANGKAT JAM 5.50 DARI SOEKARNO HATTA

Gue cuma mengucapkan astagfirullah! Lebih baik pilih flight jam 10/11 malem hari sebelumnya deh daripada flight pagi jam 5.50 hahaha. Karena kalau flight pagi dari cibubur harus berangkat jam 3 pagi dan untuk bisa berangkat jam 3 pagi, susah untuk tidur, jadinya begadang sad. Enaknya pas ya langsung  tidur nyenyak dari mau take off sampe landing, bener-bener bangun pas baru mendarat (namanya juga teler).

KOPI KLOTOK PAKEM

Sampai di jogja jam 07.30 dan sudah sewa mobil untuk 3 hari ke depan. Tujuan pertama tidak lain dan tidak bukan, tempat yang lagi ngehits saat ini, kopi klotok pakem. Tempatnya berada di utara jogja (kaliurang) dan dari airport sekitar 50 menitan.

IMG_3659
lesehan

Tempat ini kalau gue gambarkan terdiri dari rumah tua jaman dulu kemudian di depannya ada taman buat lesehan, tamannya luas kok. Yang enak sih lesehan tapi jangan lebih dari jam 9 pagi karena nanti kena panas. Gue dateng jam 9nan gitu jadi lebih milih duduk di teras (ga di dalam rumah dan ga di lesehan).

IMG_3669
ngantri makannya panjang

Untuk makananya, gue suka banget sama pisang gorengnya!! Enak!! Tapi kalau rame, pembelian pisang gorengnya terbatas dan cepat abis. Di sini jual makanan buat sarapan yaitu, nasi sayur. Jadi mau ambil nasi dan sayur harganya sekitar 11ribuan, kalau mau ala carte juga pasti abisnya sebelas ribuan lebih. Makanya mau ambil sayur atau ga. Ya tetap 11 ribu nanti. Pilihan makananya adalah nasi putih, nasi pake ikan asin (lupa namanya), sayur lodeh, sayur asem, terong, tempe, sop, telor dan lainnya (ga banyak juga pilihannya).

IMG_3674
dapur goreng pisang

Kopi klotok pakem ini karena udah terkenal banget, jadi tempat tujuan wisata yang bawa bus. Untung ada parkirannya smile. Kalau yang mau tour merapi, se arah sama kopi klotok pakem ini

IMG_3677

TAHU WALIK OMTA

Ketika mau ke jogja, udah cari tau makanan cemilan yang enak di jogja. Karena udah makan berat, pilih makanan cemilan yang ringan-ringan aja, yaitu TAHU WALIK OMTA. Tahu goreng isinya aci dan ada sambel cocolnya. Harga 1 tahu seribu aja kakak.  Tahu gorengnya chrispy ya, jadi enak.

IMG_3702

Untungnya di Jogja udah ada grabfood dan gofood jadi ga perlu repot-repot dateng ke warungnya, tinggal pesen dan kirim ke Taman Sari (tujuan berikutnya).

TAMAN SARI

Penasaran banget sama tempat ini. Jadi hari pertama langsung datengin ke sini. Tiket masuknya 5ribu/orang dan kalau ada yang bawa kamera digital (SLR/mirrorless/lainnya tapi bukan hape) akan dikenakan biaya tambahan ya.

IMG_3762

Taman Sari berada di kawasan cagar budaya di pusat kota. Taman Sari dahulu terdiri dari 57 bangunan dengan tanah seluas 10 hektar. Terdiri dari kolam pemadian, istana, lorong bawah tanah dan lainnya.

IMG_3755

Yang membuat gue pengen ke sini gara-gara bangunan SUMUR GUMILANG. Yaitu sumur bukan pada umumnya, karena sumur bawah tanah ini berfungsi sebagai masjid bawah tanah. Masjid ini memiliki 2 lantai dan berbentuk melingkar 360 derajat. Nah yang menjadi daya Tarik adalah bagian tengah masjidnya. Memiliki tangga yang terhubungan dengan 6 pintu dilantai 1nya (susah dideskripsikan, liat aja potonya ya).

IMG_3731

kemudian untuk melihat bangunan tempat kolom mandi putri-putri raja, dari SUMUR GUMILANG harus jalan beberapa puluh meter, karena bukan menjadi 1 bangunan dengan Sumur gumilang. Sebelum menuju tempat mandi putri-putri raja, yaitu Umbul binangun, akan melawati Gedhong Gapura panggung. Yaitu, gapura yang memiliki relief ular dan dulunya berfungsi sebagai gerbang masuk utama memasuki kompleks istana.

IMG_3772

UMBUL BINANGUN merupakan tempat pemandian (katanya) berwarna biru (tapi kenyataannya gue liat warnanya ijo hehehe). Ada dua tempat pemandian, secara samping-sampingan. Yaitu tempat mandi untuk putri raja & untuk selir-selir. Untuk tempatnya lumayan gede kok. Pas gue ke sana ga terlalu numpuk, tapi rame aja.

IMG_3778

Untuk mau tau sejarah Taman sari lebih baik sewa guide 25ribu. Kalau kaya gue dan temen-temen kaga sewa, nguping aja sama guide orang lain hahaha. Untuk wisata di taman sari ini, butuh waktu 1-2 jam menurut gue ya.

ICE CREAM TEMPO GELATO

Waktu sudah pukul 2 siang, harus check in Airbnb dan mandi, karena nanti kita harus keluar rumah lagi jam 5 buat nonton Cabaret Show Raminten.

IMG_3809

Salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika ke jogja adalah ice cream tempo gelato!!!!!!! Gelatonya enak banget dimari. Biasanya gue kalo beli gelato 2 rasa, 1 rasa manis dan 1 rasa asem buah. Favorite sih seasalt & raspberry, ntab. Untuk harganya 2 rasa sekitar 20ribu-25ribu tergantung pake cup atau cone ya.

Untuk ice cream tempo gelato udah banyak cabang, jadi tidak perlu bingung carinya ya.

CABARET SHOW RAMINTEN

Salah satu tujuan liburan ke Jogja adalah mau nonton Cabaret show raminten hahaha. Cabaret show hanya ada di tiap hari jumat & sabtu. Tempat nonton cabaret ini ada 2 VIP dan biasa. Biasa di bawah dan VIP dilantai 2 gitu. SARAN GUE PILIH YANG VIP AJA!! Untuk harga, yang biasa itu 60ribu atau 70 ribu gitu ya tiket masuknya dan gue ga tau bisa reservasi atau ga, karena gue beli yang VIP.

IMG_3828

Untuk VIP belinya harus reservasi melalui whats app. Saran gue reservasinya H-2 minggu (tapi kalau dikira lagi musim liburan H-3 minggu lebih baik). Harga untuk VIP 125ribu termasuk 1 tiket masuk, makan box, minum, es buah, cemilan dan duduknya dilantai 2 (ini paling penting). Agar nonton cabaret shownya lebih nyaman dan hikmat hahaha. Oia, untuk reservasi gue ke nomor 0878-39618827, jujur gue lupa nama masnya karena gue save contact di handphone “mas cabaret show raminten” hahaha.

IMG_1197

Untuk pertunjukannya sendiri sangat menghibur!! Yang jadi penyanyi wanita Indonesia mirip mirip banget anjir kaya titi dj dan anggun. Ada yang gila sampe panjat pager antara panggung dan tempat penonton. Tapi tetep aja ada beberapa yang biasa aja, mungkin buat napas juga kali ya, cape kalau ketawa mulu liat tingkah laku kocak para cabaretnya. Overall, WORTH TO VISIT BANGET!razzrazzrazz

IMG_3830

Untuk acaranya hanya 1 jam 15 menit, jadi mulai jam 7 malem selesai jam 8.15. setelah acara selesai, penonton diberi waktu untuk poto bareng dan salaman dengan para cabaretnya. Temen gue si insan gila, akhirnya mimpinya tercapai, yaitu dicium bencong hahaharazz

ALUN-ALUN UTARA

setelah acara cabaret show, dipilihlah nongkrong-nongkrong yang deket dari cabaret show tanpa pindahin mobil, yaitu alun-alun utara. Selain buat santai, kita juga mengadakan meeting buat menentukan besok kemana hahaha. Emang ini orang-orang pergi ke jogja juga pada ga punya itinerary mau kemana aja, cuma modal “TERSERAH” hahahah.

IMG_3853

Perdebatan dimulai apakah mau kepantai? Mau ke gurun pasir? Apakah mau ke semarang?

SEE YOU , PANTAI SELATAN!cool

One thought on “Weekend Getaway ke Jogja : KOPI KLOTOK PAKEM, TAMAN SARI, TAHU WALIK OMTA, TEMPO GELATO dan CABARET SHOW RAMINTEN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s