Jalan – Jalan ke New Zealand: Memilih Mobil Biasa atau Campervan ketika road trip di South island, New Zealand

Sudah 2 bulan setelah gue pulang liburan ke New Zealand, akhirnya gue bisa menulis blog lagi hahaha. Bukan, bukan karena sibuk, tapi karena NETFLIX kampret! Banyak banget ngeluarin tayangan tv series yang bagus, antara lain the haunting of hills house, you, bodyguard, titans, elite dan banyak lagi huff, sampe lupa kalau punya PR buat nulis blog .

Mari kembali ke topik sesuai dengan judul artikel ini, yaitu jalan-jalan di New Zealand. Di sini gue mau cerita mengenai hal PENTING jika traveling di South Island, New Zealand, yaitu SEWA MOBIL KAYA GIMANA SIH BUAT ROAD TRIP DI SOUTH ISLAND, NEW ZEALAND?

Kenapa gue bilang penting, karena menentukan mobil buat road trip akan berpengaruh ke semua aspek dalam perjalanan road trip di New Zealand. Gue pergi ke New Zealand ber-4 sama temen gue, selama meeting buat nyusun itinerary, yang paling lama diomongin ya nentuin pake mobil yang mana. Karena biaya untuk sewa mobil paling mahal drpada yang lain.

Makanya agar budget traveling ke New Zealand tidak berlebihan, marilah kita bahas apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih mobil ketika road trip di New Zealand:

  1. Tempat Tidur

Mobil biasa: kalau menggunakan mobil biasa, kalian harus perhatikan mau menginap di mana. Jadi, kalian udah nentukan setiap perjalanan di sana. Bisa sih cari penginapan on the spot, tapi resiko penuh dan harga mahal tempat penginapannya. Ya kalau kalian mau ngirit ya tidur (duduk) di mobil, tapi pikirkan mandi, dan temen-temen kalian. Bisa ga tidur di dalam mobil. Jadi kalau menggunakan mobil biasa, akan ada biaya lainnya, yaitu biaya penginapan.

Campervan:  salah satu keunggulan campervan adalah sudah tersedianya tempat tidur di dalam mobil. Karena sudah tersedia kasur, jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari penginapan ketika lagi road trip. Mau tidur di mana saja pun bisa, selama parkir untuk overnight di tempat yang telah disediakan.

cms_show_image
source: google. contoh isi campervan, siang jadi tempat duduk, malem jadi kasur.
  1. Ukuran mobil

Mobil biasa: untuk mobil biasa, ukurannya seperti ukuran mobil pada umumnya, tidak ada yang perlu diperhatikan. Setirnya pun juga di kanan seperti mobil di Indonesia. Jadi untuk naik mobil biasa sangat mudah.

img_7889
mobil biasa yang gue sewa, toyot highlander

Campervan: perlu diperhatikan bahwa ukuran campervan 2 orang dan 4 orang itu berbeda. Jadi mungkin yang untuk ber-2 ukuran campervannya tidak bermasalah, karena tidak besar. Tapi campervan untuk ber-4 itu gede bener. Jadi kalau kalian mau sewa yang untuk ber4, tanya dulu yang nanti nyetir, apakah bisa bawa mobil dengan ukuran tersebut.

apnz_apollo-euro-star_jh_262_001
ukuran campervan ber4
  1. Memasak Makanan

Mobil biasa: kalau mobil biasa ga ada fasilitas kompor atau kulkas, jadi ga bisa masak. Kalau mau beli kompor kecil bisa sih, tapi worth it ga tuh dibeli. Karena kalau nginepnya di hostel kan lengkap perlengkapan masaknya. Ga perlu mikirin gas, panci dan teman-temannya.

Campervan: asumsi pilih campervan yang fasilitasnya kumplit ya. Jadi campervan itu udah disediakan kompor, gas, kulkas, air dan listrik. Jadi memang campervan ini cocok banget kalau mau camping sih. Jadi kalau mau ngirit, tinggal belanja bahan masakan disupermarket dan masak sendiri deh. Tapi perlu diperhatikan ya, gue kurang tau apakah campervan juga menyediakan peralatan masaknya, kaya panci, teplon dan lain-lainnya. Kalau belum ada, siapkan budget buat belanjak perlengkapan masak ya.

  1. Mengurus fasilitas campervan seperti air, listrik dan kamar mandi

Kalau mobil biasa ga ada fasilitas air, listik dan kamar mandi. Eh kalau listrik yang buat charge hape yang di tempat duduk depan tetep ada sih.  Tapi berbeda dengan campervan, mobil campervan ini memang dirancang buat memudahkan road trip, semua tersedia di dalam mobil, contohnya kamar mandi, listrik dan air. Tapi perlu diinget, setiap fasilitas yang disediakan tersebut harus diurus selama road trip. Kalau air bersih dan listriknya abis, ya harus diisi ditempat yang telah ditentukan. Sering pup? ya kotoran ditoilet juga harus dibuangin.

isi litrik, isi air bersih dan buang kotoran kamar mandi ga bisa dilakukan di sembarang tempat. Itu yang harus diperhatikan bagi para pengguna campervan. Setau gue, tempat untuk mengurusin hal-hal itu ada di holiday park (penginapan) dan harga penginapan kalau bawa campervan itu 1 orang bisa kena 20-30 NZ dollar. Dan perlu diingetin ya, itu kalian ga dikasih kamar, cuma lahan parkir dan tempat untuk isi air dan listrik hahaha.

Jadi harus ada tambahan uang penginapan lagi ya. Untuk jenis-jenis penginapan di New Zealand akan gue bahas di artikel terpisah deh.

  1. Rasa kebosanan

Ini sangat perlu diperhatikan, berapa lama road trip selama di New Zealand menggunakan mobil. Apakah akan merasa bosan jika menggunakan Campervan selama road trip? Karena tidur, masak, makan, ngobrol dan main lainnya akan dilakukan di dalam mobil.

Kenapa rasa bosan harus diperhatikan? karena rasa bosan ini akan membuat mood traveling akan berubah, akan membuat mood kita berantakan dan akan membuat liburan jadi tidak mengasikan.

Nah, kalau bosen tidur di campervan terus, bisa pilih untuk menginap di hotel, hostel atau holiday park. Tapi perlu diingat kembali, menginap dipenginapan akan menambah pengeluaran menjadi lebih besar karena pada dasarnya kan nyewa campervan untuk lebih murah karena tidak menginap di tempat penginapan hehehe.

  1. Tempat parkir

Ketika road trip bukan di kota, parkir buat mobil sama saja tidak dibedakan. Tapi kalau sudah di kota kaya queenstown, Christchurch dan mungkin tempat-tempat tertentu kaya di supermarket atau daerah tempat makan, tempat parkir untuk campervan biasanya udah ada tempat khususnya. Jadi untuk cari parkir campervan tidak semudah mobil biasa

  1. Harga sewa mobil

Mobil biasa: untuk harga mobil biasa tidak bisa dipukul rata ya, tergantung dari kapasitas untuk berapa orang, untuk berapa koper, dan lainnya. Tapi rata2 dari 400-800ribu per hari.

Campervan: untuk sewa campervan itu juga beda-beda, tergantung fasilitas yang disediakan. Anggap saja campervannya ada kamar mandi, tempat tidur ber4, kompor dan mobilnya ga jelek-jelek banget, rata-rata harganya 1,5 – 2 jutaan. IYA MAHAL KAN. Makanya kalau sewa campervan itu sekalian harga penginapan jadi satu. Dan selain itu, bensin juga berpengaruh ya, pasti butuh banyak bensin juga hahaha

Dari banyak hal-hal yang udah gue jelaskan di atas, setiap orang punya pertimbangan masing-masing. Ada yang berpikiran bahwa kalau ke New Zealand ya harus nyobain campervan, ya kapan lagikan ngerasain naik campervn, ada yang ga mau keluar banyak uang karena New Zealand mahal banget biaya di sana ya lord.

Selama road trip di NZ, niatnya gue sama temen gue naik campervan. Tapi karena pas mau booking diundur-undur terus karena mau pastiin visa NZnya diapprove, jadi si campervan udah sold out, ujungnya naik mobil biasa deh hahaha. Tapi Alhamdulillah sih, keputusan yang tepat naik mobil biasa. Kenapa? Balik lagi tapi ya, ini opini gue pribadi  :

  1. Bensin di New Zealand lumayan mahal sih, kira-kira 2,3 NZD/liter. Kenapa pakai harga kira-kira? Karena harga bensin di New Zealand beda-beda, semakin pelosok daerahnya, bensinya lebih murah.
  2. Ribet ngurusin isi air, buang limbah kamar mandi, isi listrik dan rapih2 kompor.
  3. Ga mau tempat tidur kebauan asep makanan pas masak.
  4. Bosen banget sih di dalam mobil, ruang geraknya sedikit.
  5. Dan ga mau membuang-buang uang karena sewa campervan juga tapi nginepnya di tempat penginapan juga karena kebosanan.

itu adalah hal-hal yang gue baru tau ketika udah road trip di sana. Selama persiapan road trip, gue ga tau apa-apa tentang sewa mobil karena saking take it slow aja hahaha. Makanya gue berbagai cerita ini untuk bisa menambah-nambah referensi kalian-kalian yang mau road trip ke New Zealand .

Selain itu, untuk mencari mobil biasa atau campervan, gue sangat menyarankan untuk cek di website drive now YANG PALING MEMBANTU DAN SANGAT INFORMATIF. Karena apa? Kita tinggal masukin aja mau pick up mobil di mana & tanggal berapa dan kembaliin dimana & tanggal berapa, kemudian VIOLA! Keluar semua jenis mobil/campervan dari yang murah sampai mahal, untuk berapa orang, fasilitas yang ada apa aja dan lainnya, POKOKNYA KUMPLIT BENER DAH. Nanti kalian tinggal compare masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

Cukup sekian dulu ya informasi mengenai hal yang harus diperhatikan untuk memilih mobil biasa atau campervan, di artikel selanjutnya gue akan kasih informasi mengenai poin-poin yang perlu diperhatikan dalam menyewa mobil (biasa atau campervan). Kalau ada yang mau bertanya dan mau menambahkan mengenai hal di atas, bisa tulis di kolom komentar ya. 

img_6886

Advertisements

2 thoughts on “Jalan – Jalan ke New Zealand: Memilih Mobil Biasa atau Campervan ketika road trip di South island, New Zealand

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s