Jalan – Jalan ke Singapore : Wisata Cloud Forest and Flower Dome di Garden by the Bay

Hallo semuanya! Apa kabar? Semoga baik dan makin bahagia ya :lol:. Pada artikel ini gue mau ceritain pengalaman long weekend ke Singapore pada bulan September 2018 kemarin. Pas cerita ke temen mau ke Singapore, dijawab “ eh ngapain ke Singapore? Kan gitu-gitu aja isinya”. Emang sih ya awal-awal mikir, Singapore kaya Jakarta aja kan city tour aja, tapi ya, gue tetep pergi sih :razz::razz::razz:. Karena dapat harga tiket 900ribu naik Jetstar hahaha. Mau ke Bali harga tiketnya 1,4 juta :(.

Untuk ke Singapore kali ini gue datengin beberapa tempat yang belum pernah gue datengin (yaialah -_-), salah satunya yaitu Cloud Forest dan Flower Dome (eh tapi 1 tahun lalu pernah ke Flower Dome doang sih hahaha). Kenapa ke Flower Dome lagi? Ya karena tiketnya sekarang gue beli buat 2 wisata sekaligus, biar lebih murah hahaha.

Lokasi Cloud Forest dan Flower Dome

Untuk lokasi Cloud Forest dan Flower Dome berada di kawasan Garden by the bay. Cara untuk ke Garden by the bay adalah naik MRT tujuan Bayfront station (downtown line). Dari Bayfront station ke Garden by the bay mudah sekali, tinggal ikutin petunjuk arahnya SANGAT JELAS SEKALI hahaha. Karena Singapore panas, pas di Bayfront jangan nyasar ke Mall marina bay sands ya hehehe.

IMG_4869
peta lokasi

IMG_4871

Harga Tiket

  • Tiket on the Spot : Untuk beli langsung ditempat, harga tiket Cloud Forest dan Flower Dome dibandrol dengan harga SGD 28 (untuk 2 tempat ya, bukan 1 saja hehe). Kalau datang pas weekend suka ngantri beli tiketnya karena rame yang datang.
  • Beli tiket online : Nah, dijaman moden kaya gini udah ga perlu lagi tuh beli on the spot pakai acara ngantri segala. Mendingan beli via online udah dipesen dan dibayar dari Jakarta. Gue biasanya beli di link ini 
IMG_4772
ngantri beli tiket on the spot

Kalau beli voucher online paling enak ya suka ada diskon. Pas gue beli di govoyagin, harga tiketnya jadi SGD 23, lumayan irit SGD 5.

Cloud Forest

Jam buka untuk cloud forest adalah dari jam 09.00 sampai 20.30 waktu Singapore. Pertama kali masuk ke dalam cloud forest, langsung disuguhi dengan the one and the only air terjun yang terkenal itu. Jadi gini, Cloud Forest mempunyai daya jual yaitu gunung buatan yang diselimuti oleh tanaman dan air terjun di ruangan indoor setinggi 35 meter. Katanya sih air terjun tertinggi di dunia, katanya loh hehehe.

IMG_4779
my air terjun

 

Seperti yang diketahui Singapore kan panas banget ya, apalagi sekarang lagi musim panas, jadi pas masuk ke dalam Cloud Forest dan ketemu air terjun langsung ENAK BANGET YA LORD. Serius deh, langsung nyaman gitu, ga mau pidah-pindah hahaha. Setelah nikmatin air terjun yang bikin nyaman itu, langsung jalan menuju lantai paling atas, namanya lost world. Nah, perjalanan ke Lost world disuguhi dengan berbagai macam tanaman tropis di sini. Selain banyaknya tanaman yang memang daya jual tempat ini, tempat ini juga menjual desain bangunannya yang kece banget menurut gue. Iya bangunan dan interiornya menjadikan daya Tarik tersendiri. Liat aja nanti foto-fotonya heheh.

IMG_4796

IMG_4807

Kenapa dinamain cloud forest? Jadi bagi pengunjung yang dateng bisa merasakan udara dan suasana di  gunung gitu kali ya *ngasal aja*. Dari lantai bawah, nanti langsung naik lift ke lantai paling atas, di sini berisikan the lost world yang terdiri dari berbagai tanaman yang bagus-bagus, terus ada tamanan yang terbuat dari lego, kece sih. Kemudian ada namanya cloud walk, disini bisa melihat pemandangan si gunung itu dari posisi awan, maksudnya kita ga jalan digunung tapi disamping gunung (kaya posisi awan) *maap ya kalau ribet penjelasannya hehehe.

IMG_4801
to the Lost World

IMG_4803

Kemudian turun ke bawah terdapat crystal mountain gitu. Batu crystal dari gunung yang dibentuk bermacem-macem. Nah yang paling gue suka yaitu treetop walk. Ini kaya cloud walk, tapi lebih lebar dan posisinya di tengah2 gitu, jadi bisa liat pemandangan di bawah dan melihat pemandangan ke atas (liat di cloud walk dan puncak gunungnya).

PLCM1051

IMG_E5759

Kemudian dibawa ke bagian cloud forest galley gitu, di sini dijelasin tentang ekosistem alam dan binatang yang hamper punah karena ulah manusia. Informasi di sini bagus banget sih, berguna buat yang udah dewasa dan anak kecil. Dikasih video dan footnotenya gitu, jadi lebih paham. Gue kalau liat videonya kaya miris banget, langsung mikir memang CSR itu wajib banget buat perusahaan-perusahaan yang berhubungan bisa merusak ekosistem alam, kaya sawit, kayu, minyak dan lainnya.

IMG_4839

Apakah sudah selesai? Belum dong. Bagian terakhir ada namanya secret garden. Mau tau dalamnya kaya gimana? Makanya dateng aja ke sini hahahah.

DSC06356

Seperti sama halnya dengan semua tempat wisata, section terakhir terdapat tempat untuk beli souvenir-souvenir .

Kalau ditanya berapa lama menghabiskan waktu di sini? Tergantung ya, gue di sini lama sih karena selain liat-liat juga banyak poto-poto dan duduk-duduk. Selain itu memang bagus sih tempatnya, seperti yang gue bilang pertama kali, tempat ini nyaman banget hahaha. Udaranya enak banget kaya dipegunungan beneran.

Untuk datang ke sini di hari weekend siap-siap banyak orang ya hahaha, tapi karena ini tempat rada luas gitu ya, jadi ga kerasa kalau banyak orang. Kecuali kaya spot-spot tertentu seperti si air terjun itu.

Seteleh selesai nikmatin cloud forest, gue ga langsung menuju ke flower dome, tapi duduk-duduk istirahat dulu sekalian minum dan makan cemilan. Oia, kalau kalian lapar, di sini banyak yang jual makanan kok, ada bakerzim, tempat makanan lokal dan tentu saja Mcdonald hehehe. Tapi tentu saja gue ga makan itu semua, karena gue bawa cemilan coklat dan bawa minum sendiri hahaha.

Flower Dome

Flower Dome a.k.a taman bunga! Iya betul, kalau kalian suka banget sama bunga-bunga tempat ini wajib banget didatengin.

IMG_4845

Nah, untuk bulan September, temanya adalahh sun flower. Bukan tema sih ya tapi yang lagi ditonjolin gitu deh hahaha yaitu sun flower (bunga matahari). Banyak banget spot-spot kece cantik untuk foto bareng bunga matahari ini.

IMG_4850

DSC06358

Pengen sih gue poto sama bunga mataharinya tapi ga cocok banget sama tampang gue ini hahaha. Daripada bikin orang muntah kalau liat, jadinya diurungkan foto bareng sun flowernya :sad:.

IMG_4865

Processed with VSCO with a6 preset

Flower dome ini adalah taman bunga indoor yang lumayan luas banget, kalau bawa anak kecil bakalan seneng lari-larian ke sana kemari. Dan kalau bawa orang banyak enak sih kaya buat main rame-rame gitu. Mungkin dari namanya juga udah taman bunga, jadi ya cuma menawarkan jenis-jenis bunga di sini. Jangan ekspektasi tinggi-tinggi sama ini tempat ya.

Kalau pada suka poto-poto buat instagram sih ini tempat bagus. Tapi y ague rada kecewa aja ga ada sesuatu yang baru gitu yang ditawarkan. Mungkin contoh ya, tadi pas di cloud forest, gue ga ekspektasi aneh-aneh, eh pas di akhir tempat ada informasi tentang ekosistem alam.

Tapi di flower dome itu ga ada sesuatu kaya gitu ;-). Positivenya sih memang mau dibuat tidak sama satu sama lainnya gitu hahaha

Nah bagi yang penasaran sama tempatnya, silahkan untuk dikunjungi ya. worth it sih menurut gue untuk didatengi tapi kalau mau ngepress budget ya bisa dikeluarin dulu aja. Nikmatin garden by the bay yang gratisan aja kalau gitu hehehe.

See you on next artikel tentang liburan di Singapore

DSC06367

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s