Cara Bikin Visa Transit Australia Sendiri Tanpa Travel Agent

Hallo semuanya!  jumpa lagi, dengan henry di sini :lol:. Gue mau cerita nih pengalaman bikin visa Transit Australia. Kepada mau ceritain visa transit Australia? Karena gue sebelumnya udah ceritain cara bikin visa holiday Australia nih linknya,  Boong deng! Jadi gini, kan temen gue mau pergi nih, terus transit di Sydney selama 10 jam lebih. Gue bilang, ada tuh visa transit Australia. Lumayan kan bisa keliling kota Sydney dari pada di dalam Bandara.

Tapi perlu diingat tidak semua transit di Sydney atau bagian lainnya bisa ngurus  visa transit, melainkan telah memenuhi syarat utama untuk mendapat visa trasit, yaitu : TRANSIT DI SYDNEY ATAU BAGIAN LAINNYA LEBIH DARI 8 JAM DAN KURANG DARI 72 JAM DAN DENGAN PESAWAT CONNECTING FLIGHT (moon maap nih huruf gede semua, tapi ini yang paling penting :razz:). Kalau syarat itu ga bisa dipenuhi maka tidak akan bisa ngurus Visa Transit Australia.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

  1. Softcopy Paspoto yang kita pakai buat urus Visa
  2. Softcopy Paspor
  3. Softcopy KTP
  4. Softcopy tiket pesawat yang membuktikan transit lebih dari 8 jam.
  5. Visa negara yang dituju, karena transit di Sydney karena mau ke New Zealand, maka visa New Zealand harus dilampirkan.
  6. Bukti current employee (kasih aja surat sponsor dari kantor ketika apply visa New Zealand.
  7. Other document yang nantinya diminta pas ngisi formulir onlienya.
7
dokumen yang diminta selama ngisi formulir

HARGA VISA TRANSIT AUSTRALIA

Harga visa transit adalah 0 Rupiah hahahah, alias gratis. senengkan?? dasar kau sobat kismin hahaha.

PROSES PEMBUATAN VISA TRANSIT AUSTRALIA

Pembuatan visa transit Australia dilakukan melalui online, jadi harus sangat mempunyai waktu untuk mengisi  berbagai pertanyaan di formulir online tersebut. Paling pas pakai jam makan siang atau pulang kerja sih hahaha. Berikut Step-stepnya :

  1. Membuat Akun di website Homeaffairs.gov.au

Pertama-tama harus buka website homeaffairs, ini linknya. Di website ini pilih login to immiAccount. Nah, kalau yang belum punya akun, wajib buat ya akunnya. Karena akun digunakan untuk mendaftarkan visa transit.

1
daftar akun
2
creat username
  1. Pilih Jenis Visa yang diajukan

Setelah log-in ke akun immiAccount, kemudian pilih “new application”, kemudian pilih visa mana yang mau kalian submit. Karena ini merupakan pembuatan visa transit, jadi pilih “visitor”, kemudian “transit visa (771)”.

4
pilih visa transit
  1. Pengisian Biodata dan attachment dokumen

Setelah memilih jenis visa yang diajukan, kemudian munculah the main of ribetnya, ngisi semua pertanyaan dan attachment dokumen yang dibutuhkan. Pertanyaannya banyak banget sih, sampai 12 pages, ga dicapture semua karena banyak bener ya lord. (jangan sampe pingsan beneran ya pas ngisinya). Eh tapi beneran, semua pertanyaan dan attachmentnya harus dijawan dengan jujur dan benar (asyk) hahaha.

5
dimulai lah pengisian
  1. Review pengisian

Setelah mengisi pertanyaan yang diajukan dan berbagai attachment yang diminta, nanti di halaman terakhir ada page yang menampilkan data apa yang telah kita isi gitu. Jadi bisa ngereview jawaban dan attachment yang telah gue kasih. Kalau ada yang salah, bisa diedit kok, santai like Sunday morning ya.

6
review page
  1. Submit Application

Setelah semua pertanyaan telah diisi, semua attachment telah dilampirkan dan udah yakin dengan semuanya, nanti pas di page terakhir ada pilihan “submit now”. Jadi kalau beneran udah yaki, application onlinenya sudah bisa disubmit ya.

Kalau masih belum yakin bisa back to pengisian application lagi kok. Tenang, datanya ga akan ilang. Pokoknya aplikasi baru diproses setelah dipilih menu “submit now” ya gaes.

8
submit now
  1. Selesai

Udah gitu aja kok pengisian formulir untuk pengajuan visa transit Australia. Ga ribet yang gimana-mana gitu, ribetnya banyak banget pertanyaan yang harus diisi hahaha.

LAMANYA PROSES VISA TRANSIT AUSTRALIA

Setelah submit applicationnya, kemudian akan diproses selama 6 sampai 9 hari. Nah, nanti visa transitnya berbentuk e-visa ya seperti visa holiday biasanya Australia. Jadi tidak perlu ditempel di paspor.

IMG_6369
visa transit approved

MASA BERLAKU VISA

Setelah 6-9 hari berlalu, akhirnya visa transit Australia granted nih. Masa berlaku yang didapat yaitu 2 bulan, tapi sekali datang tidak boleh lebih dari 3 hari setelah kedatangann ya.

Sudah selesai pengurusan visa transit Australia gaes, mudah banget kan dan gratis pula. Makanya kalau lagi traveling dan transit di Australia, lebih baik pilih transitnya yang lebih dari 10 jam. Jadi bisa jalan-jalan dulu keluar bandara  :lol:

Advertisements

2 thoughts on “Cara Bikin Visa Transit Australia Sendiri Tanpa Travel Agent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s