Cara Bikin Visa Transit Australia Sendiri Tanpa Travel Agent

Hallo semuanya!  jumpa lagi, dengan henry di sini :lol:. Gue mau cerita nih pengalaman bikin visa Transit Australia. Kepada mau ceritain visa transit Australia? Karena gue sebelumnya udah ceritain cara bikin visa holiday Australia nih linknya,  Boong deng! Jadi gini, kan temen gue mau pergi nih, terus transit di Sydney selama 10 jam lebih. Gue bilang, ada tuh visa transit Australia. Lumayan kan bisa keliling kota Sydney dari pada di dalam Bandara.

Tapi perlu diingat tidak semua transit di Sydney atau bagian lainnya bisa ngurus  visa transit, melainkan telah memenuhi syarat utama untuk mendapat visa trasit, yaitu : TRANSIT DI SYDNEY ATAU BAGIAN LAINNYA LEBIH DARI 8 JAM DAN KURANG DARI 72 JAM DAN DENGAN PESAWAT CONNECTING FLIGHT (moon maap nih huruf gede semua, tapi ini yang paling penting :razz:). Kalau syarat itu ga bisa dipenuhi maka tidak akan bisa ngurus Visa Transit Australia.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

  1. Softcopy Paspoto yang kita pakai buat urus Visa
  2. Softcopy Paspor
  3. Softcopy KTP
  4. Softcopy tiket pesawat yang membuktikan transit lebih dari 8 jam.
  5. Visa negara yang dituju, karena transit di Sydney karena mau ke New Zealand, maka visa New Zealand harus dilampirkan.
  6. Bukti current employee (kasih aja surat sponsor dari kantor ketika apply visa New Zealand.
  7. Other document yang nantinya diminta pas ngisi formulir onlienya.
7
dokumen yang diminta selama ngisi formulir

HARGA VISA TRANSIT AUSTRALIA

Harga visa transit adalah 0 Rupiah hahahah, alias gratis. senengkan?? dasar kau sobat kismin hahaha.

PROSES PEMBUATAN VISA TRANSIT AUSTRALIA

Pembuatan visa transit Australia dilakukan melalui online, jadi harus sangat mempunyai waktu untuk mengisi  berbagai pertanyaan di formulir online tersebut. Paling pas pakai jam makan siang atau pulang kerja sih hahaha. Berikut Step-stepnya :

  1. Membuat Akun di website Homeaffairs.gov.au

Pertama-tama harus buka website homeaffairs, ini linknya. Di website ini pilih login to immiAccount. Nah, kalau yang belum punya akun, wajib buat ya akunnya. Karena akun digunakan untuk mendaftarkan visa transit.

1
daftar akun
2
creat username
  1. Pilih Jenis Visa yang diajukan

Setelah log-in ke akun immiAccount, kemudian pilih “new application”, kemudian pilih visa mana yang mau kalian submit. Karena ini merupakan pembuatan visa transit, jadi pilih “visitor”, kemudian “transit visa (771)”.

4
pilih visa transit
  1. Pengisian Biodata dan attachment dokumen

Setelah memilih jenis visa yang diajukan, kemudian munculah the main of ribetnya, ngisi semua pertanyaan dan attachment dokumen yang dibutuhkan. Pertanyaannya banyak banget sih, sampai 12 pages, ga dicapture semua karena banyak bener ya lord. (jangan sampe pingsan beneran ya pas ngisinya). Eh tapi beneran, semua pertanyaan dan attachmentnya harus dijawan dengan jujur dan benar (asyk) hahaha.

5
dimulai lah pengisian
  1. Review pengisian

Setelah mengisi pertanyaan yang diajukan dan berbagai attachment yang diminta, nanti di halaman terakhir ada page yang menampilkan data apa yang telah kita isi gitu. Jadi bisa ngereview jawaban dan attachment yang telah gue kasih. Kalau ada yang salah, bisa diedit kok, santai like Sunday morning ya.

6
review page
  1. Submit Application

Setelah semua pertanyaan telah diisi, semua attachment telah dilampirkan dan udah yakin dengan semuanya, nanti pas di page terakhir ada pilihan “submit now”. Jadi kalau beneran udah yaki, application onlinenya sudah bisa disubmit ya.

Kalau masih belum yakin bisa back to pengisian application lagi kok. Tenang, datanya ga akan ilang. Pokoknya aplikasi baru diproses setelah dipilih menu “submit now” ya gaes.

8
submit now
  1. Selesai

Udah gitu aja kok pengisian formulir untuk pengajuan visa transit Australia. Ga ribet yang gimana-mana gitu, ribetnya banyak banget pertanyaan yang harus diisi hahaha.

LAMANYA PROSES VISA TRANSIT AUSTRALIA

Setelah submit applicationnya, kemudian akan diproses selama 6 sampai 9 hari. Nah, nanti visa transitnya berbentuk e-visa ya seperti visa holiday biasanya Australia. Jadi tidak perlu ditempel di paspor.

IMG_6369
visa transit approved

MASA BERLAKU VISA

Setelah 6-9 hari berlalu, akhirnya visa transit Australia granted nih. Masa berlaku yang didapat yaitu 2 bulan, tapi sekali datang tidak boleh lebih dari 3 hari setelah kedatangann ya.

Sudah selesai pengurusan visa transit Australia gaes, mudah banget kan dan gratis pula. Makanya kalau lagi traveling dan transit di Australia, lebih baik pilih transitnya yang lebih dari 10 jam. Jadi bisa jalan-jalan dulu keluar bandara  :lol:

Advertisements

30 thoughts on “Cara Bikin Visa Transit Australia Sendiri Tanpa Travel Agent

      1. Kalo misalnya gw mw berangkat 3 desember sampe jam 10pagi g mesti cabut tgl 5 nya kan bro itu? G agak bgg maksud 72 jam. Terus kalo gw beli pesawat yang beda ga masalah kan. Tapi g lampiran tiketnya. Tolong pencerahannya

        Like

      2. Visa transit harus pake tiket yang conecting flight bukan satuan.
        Contoh : ke NZ, tiketnya jakarta – NZ tapi transit di sydney. Karena harus ganti pesawat.

        Ga bisa. Ke NZ beli tiketnya. Jakarta – sydney, dan sydney -nz

        Like

  1. Halo, mau tanya om kalo sudah apply visa transit online perlu ke kuningan city untuk setor paspor kaya waktu buat visa NZ ga ya?

    Like

  2. Kalau apply transit visa satu keluarga, apakah harus apply satu-satu ( kamu berlima), atau satu aplikasi dgn mengisi nama seluruh anggota keluarga? Terima kasih.

    Like

    1. Halo pak, mau tanya waktu apply untuk keluarga, dokumen evidence on employment di aplikasi anak bagaimana ya? apa dilampirkan dokumen orang tua juga atau dikosongkan? thanks

      Like

      1. Hallo mas JB,

        Kalau anaknya masih kecil lebih baik dikosongkan saja. Tapi nanti dokumen seperi KK dan lainnya buat anak harus diberikan ya. Untuk membuktikan bahwa biaya anak tersebut dibiayakan oleh orangtuanya.

        Like

  3. Hallo!
    Selamat pagi.
    Maaf mau nanya apakah dokumen-dokumen seperti fotokopi passportnya dilegalisir terlebih dahulu ke vfs yang ada di lotte shopping avenue?
    Soalnya saya baca di bagian persyaratan visa transit, biodata passport harus di legalisir.
    Apakah benar atau boleh langsung apply tanpa legalisir?
    Terima kasih.

    Like

    1. Dear agnes, Untuk visa transit dilakukan melalui website (tidak melalui VFS), tidak ada meminta legalisir. Tapi itu saya ngurusnya dibulan september 2018. Jikalau ada perubahan persyaratan, saya belum tahu. Lebih baik telepon VFS australia yg di kuningan city

      Like

      1. Helloo, Mr Henry 😀
        Maaf saya mau nanya lagi yah hahaha.. waktu pengisian bagian dokumen form transit visa yang bagian terakhir: visa for country of residence (and right to return) di attach apa yah? Hahahaa.. Maaf saya bingung.
        Terima kasih banyak.

        Like

  4. Mas mau tanya dong, aku di PNG and akhir juni nanti mau balik Indonesia and akan transit 7 jam di Brisbane. Apakah perlu apply visa transit juga ya? Mksh

    Like

  5. Sy mau ke NZ, tp mau transit dulu di sydney 3 hari. Pulangnya dari NZ sy mau transit lagi di Melbourne 3 hari.

    Apa boleh pakai visa transit ? Itu tetap 1 x proses saja Visa transitnya kan.

    Lalu tiketnya yg nanti sy beli ke Sydney tgl 20 Sept, Lalu dari SYD ke Auc tgl 22 Sept lalu AUC ke MELBourne tgl 28 Sep lalu Melb ke Ind tgl 30 Sep. Jadi mgkn tiketnya bukan connecting krn sy cari tdk ada yg transit selama itu. Rencana semua naik qantas.

    Salam

    Like

      1. Hai kakk
        Thanks buat artikelnya
        Tpi saya punya sedikit pertanyaan, untuk e-visa yg sudah jadi akan dikirm by email apa harus diambil lgsg dikantor?

        thnks kak

        Like

  6. Hi mas Henry,

    Mas mau nanya dong, kalau flight saya sbb (ticketnya mix GA+Latam) menurut mas apakah saya bisa apply visa transit? atau harus visa regular?

    30 Aug CGK-SYD GA712i 23:10-#09:30 (stay 1 night di sydney)
    01 Sep SYD-SCL Latam 12:35-11:05
    05 Sep SCL-SYD Latam 00:25-#08:00 (stay 1 night di sydney)
    07 Sep SYD-CGK GA713i 11:00-15:45

    Karna saya cek di beberapa website termasuk website immigrasi tidak disebutkan kalau pesawatnya harus connecting (boleh tau infonya dari mana?).

    Info yg saya dapat hanya menjelaskan alasan membuat visa transit ini apabila akan transit lebih dari 8 jam dan kurang dari 72 jam, serta tujuan masuk ke Australia karna dalam perjalanan ke negara lain. Kebetulan tujuan utama saya sebenarnya adalah Santiago (Chile) tapi harus transit di Australia (namun pesawatnya tidak connecting).

    Mohon pencerahannya

    Liked by 1 person

    1. Hallo mba sari,

      Untuk tulisan harus connecting flight memang tidak disebutkan. Tetapi itu diambil kesimpulan dari kalimat, jika transit kurang dari 8 jam tidak bisa apply visa transit. Jika lebih dr 8 jam sampai 72 baru apply visa transit. Pada hakekatnya visa itu diperuntukan bagi penumpang yg punya flight connecting dan harus transit di sydney, karena transitnya lama sehingga mereka diberi benefit bisa keluar imigrasi dan jalan jalan di sydney.

      Karena kalau tiket mba kan jakarta sydney, sydney ke chile. Jadi pada dasarnya mba ga transitt. Tapi tujuan tiketnya ke sydney.

      Tapi itu hanya asumsi, mungkin kalau mba mau coba, silahkan coba saja, hitung-hitung berhadiah 😀, dan bisa share pengalamannya. Selain itu, tidak dipungut biaya atas apply visa transit kan.

      Tapi kalau ditolak, mba harus siap apply visa australia biasa ya. Semoga waktunya keburu.

      Semoga dpt membantu.

      Like

  7. Hi Mas Henry

    Maaf, saya mau mengkonfirmasi aja, jadi untuk apply visa transit di sydney, saya cukup mengisi semua pertanyaan dan submit dokumennya via online ya?
    saya gak perlu submit dokumen paper nya langsung ke VFS nya?

    Dan jika saya transit di sydney lebih dari 10 jam, tapi tidak keluar imigrasi di bandara, berarti tidak perlu urus visa transit ya?

    Terima Kasih sebelumnya

    Liked by 1 person

    1. Hallo Yola,

      Benar sekali, semua proses visa transit Sydney hanya dilakukan online. Tidak perlu dateng ke VFS.

      Visa transit hanya dibutuhkan jika transit lebih dari 8 jam dan ingin keluar imigrasi Sydney. Jika tidak keluar imigrasi, tidak perlu kok.

      Semoga menjawab pertanyaannya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s