Pengalaman (dan Tata Cara) Bikin SIM Internasional di Jakarta

Hallo semuanya, apa kabar? semoga baik dan makin bahagia ya. Pada artikel ini gue mau berbagai cerita pengalaman bikin SIM internasional di Jakarta. Memang untuk apa nih bikin sim internasional? menurut gue, ada beberapa keperluan kenapa bikin SIM internasional buat traveling:

  1. Kendaraan umum yang tidak mengcover tempat-tempat yang mau kita datengin;
  2. Pengen cobain nyetir di luar negeri kaya gimana, apalagi setir di kiri hahaha;
  3. Karena memang lebih irit kalau sewa mobil  daripada naik kendaraan umum.

Jadi kalau kalian ga memiliki kepentingan di atas, ga perlu bikin SIM internasional. Naik kendaraan umum aja udah Hehehe 

Kalau gue bikin SIM internasional karena untuk keperluan nomor 1 dan 2 sih (padalah semuanya sih, mau nyobain nyetir di luar negeri kaya gimana haahaha). Jadi harus ngurusin SIM internasional di Jakarta daripada di luar negeri, karena pasti mahal deh :-(

Tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut pengalaman gue bikin sim Internasional di Jakarta:

  1. Dokumen apa saja yang dibutuhkan

Untuk dokumen yang diperlukan mudah banget nih, yaitu :

  • Fotocopy SIM (SIM yang dikasih sesuai kalian mau nyetir jenis kendaraan apa di luar negeri, saya kasih SIM A karena buat nyetir mobil)
  • Fotocopy KTP;
  • Fotocopy passport;
  • Materai Rp.6.000 (1 saja)
  • Pas foto 4×6 dengan pakaian formal dengan background biru (ga boleh keliatan gigi) sebanyak 4 lembar

Untuk dokumen asli ga diminta tunjukin kok, hanya fotocopy saja

  1. Tempat Pembuatan SIM Internasional

Pembuatan SIM internasional di Jakarta berada di Korlantas Polri MT Haryono. Ga tau tempatnya dimana? Gue kasih gambaran nih, kalau dari arah cawang, nanti ketemu menara SAIDAH di sebelah kiri (pasti tau dong menara yang melegenda ini :grin:), nah dari sini lurus aja  sekitar 1KM, nanti disebelah kiri ada tulisan “KORPS LALU LINTAS PORLI”, masuk deh ke situ. Nanti bakal ada polisi yang nanyain untuk keperluan apa, bilang aja mau bikin SIM Internasional, nanti dikasih tau tempatnya (lurus aja nanti ketemu masjid AT TAQWA, nah pembuatan SIMnya ada disamping Masjid itu.

Masih belum paham, nih gue kasih link buat buka digoogle maps link ini. Untuk jam bukanya adalah dari jam 08.30 sampai 15.00 WIB.  Gue milih pagi biar sekalian berangkat kerja, ga perlu cuti hehehe.

  1. Harga SIM Internasional

Berapa biaya pembuatan SIM internasionalnya nih? ga mahal kok harganya, hanya Rp.250.000

  1. Proses Pembuatan Sim Internasional

Ketika sudah tiba di kantor sim internasional yang berada disamping masjid, langsung masuk untuk mengambil nomor antrian di mesim tiket.

IMG_6030
ambil nomor antrian di mesin

Kemudian, masuk ke dalam ruangan pembuatan SIM internasional, kemudian ke meja pendaftaran untuk mengambil formulir yang harus diisi, tidak ribet kok pengisiannya. Peran materai di sini nih, formulirnya harus dikasih materai buat kita tanda tangan.

IMG_6043
masuk ke dalam ini untuk prosesnya
IMG_6033
ambil formulirnya di tempat pendaftaran
IMG_6027
formulir yang harus diisi

Kemudian nanti nomer antrian kita dipanggil untuk memberikan dokumen dan membayar uang Rp.250.000 secara kas. Tidak bawa kas? tenang, ada kok ATM berasama deket masjid.

IMG_6036
dikasih bukti pembayaran

Selesai kasih dokumen dan membayar, nanti disuruh nunggu lagi untuk mengambil SIM internasionalnya.

IMG_6032
suasana ruang tunggu

Nanti Bapak polisi akan memanggil nama kita untuk mengambil SIM Internasional, seperti biasa prosedur pengecekan nama dan tanggal lahir bagi pemohon harus dilakukan. Kalau sudah bener, maka langsung dicetak.

Nah udah gitu aja, abis itu  langsung dapat SIM Internasionalnya! Ga perlu tes lagi! Mudah banget kan. Oia, tau ga sih berapa lama prosesnya dari ambil nomor sampai SIM internasionalnya jadi? Cuma 20 menit saja nih coy, salut. 

Sama Bapak Polisinya nanti dikasih map besar, SIM internasional bentuknya sebesar memo gitu bukan kartu dan cover buat Sim internasional tersebut. kaya poto di bawah ini.

IMG_6170
udah jadi SIM internasional
  1. Jangka Waktu SIM internasional

Jangka waktu berlakunya SIM internasional adalah 3 Tahun. Dan kalau mau perpanjang lagi, prosesnya sama kaya pembuatan baru, hanya saja harganya lebih murah yaitu Rp.225.000

Mudah bangetkan sekarang buat SIM internasional. Tidak perlu tes lagi dan hanya menghabiskan waktu 20 menit saja nih. Setelah mendapat SIM internasional, saatnya nyobain nyetir di luar negeri :P:P:P

Kalau punya pengalaman ngurus SIM internasional yang lain atau pengalaman nyetir diluar negeri, bisa komen di artikel ini ya.

Advertisements

2 thoughts on “Pengalaman (dan Tata Cara) Bikin SIM Internasional di Jakarta

  1. Wah, terimakasih informasinya. Di luar negeri saya 2 kali bawa kendaraan, sekali sewa motor di Patong Thailand ga diminta SIM, sekali sewa mobil di Langkawi diminta SIM tapi SIM A Indonesia juga boleh (kebetulan aja). Kapan2 mau urus SIM internasional ah, biar bisa nyetir lebih jauh.

    Liked by 1 person

    1. Sama sama mas.

      Dulu juga saya ke bangkok sewa motor ga diminta juge hehehe.
      Sekarang mau nyobain naik mobil, pake SIM A boleh katanya kok tapi ada yg diminta translate bahasa inggris (bikin 100ribu). Jadi mendingan bikin sim internasional aja sekalian 250ribu buat 3 tahun heheha.

      Iya mas coba aja, cuma 20menit kok ga pake tes 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s