Pengalaman Naik Kereta Bandara dari Stasiun BNI City Sudirman

Gue mau berbagai cerita nih mengenai pengalaman naik kereta Bandara dari station BNI City Sudirman. Sebenernya ini bukan pengalam pertama gue naik kereta bandara, tapi yang ke-dua kalinya. Untuk yang pertama kalinya gue grasak-grusuk banget, karena bener-bener mepet sama jam keberangkatan, jadi ga inget dah apa yang mau gue nulis hahaha :-P.

Oia perlu diperjelas, informasi ini mengenai kereta bandara untuk pergi ke stasiun SHIA (Soekarno Hatta International Airport), bukan ke batu ceper ya.

Processed with VSCO with hb1 preset
Jalanan dari kantor ke station

Untuk yang sekarang gue lumayan santai, jadi sempet mendokumentasikan beberapa poto buat dipost di blog ini hehehe. Tapi ya namanya suka lupa, jadi ga semua tempat gue poto-poto.

Untuk informasi kereta Bandara ini akan gue bikin per-point ya, biar ga bingung, check this out:

1.Lokasi Stasiun BNI City Sudirman

Dulu sepengetahuan gue, nama stasiunnya harusnya Sudirman Baru. Tapi entah mengapa berubah jadi Stasiun BNI City. Mungkin karena sponsornya BNI kali ya *anaknyamalesgooglingbanget .

Letak Stasiun BNI City Ini berada di dekat stasiun sudirman. Kalau yang mau bawa mobil dari arah sudirman sih nanti muternya di bunderan HI trus lewatin blora, muter balik di bawah kolong gitu. Ribet kan hahaha. Untuk lebih jelasnya, ini link google mapnya ya.

Oia, stasiun BNI City tersebut ada 2 lantai dan untuk beli tiketnya nanti di lantai 2. Selain tempat beli tiket, di lantai 2 juga banyak yang jualan makanan kok. Jadi kalau laper no problem coy.

2. Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

Cara membeli tiket bandara ada 2 cara, yaitu :

  • Beli langsung di mesin tiket di Stasiun BNI City.

Selama gue naik kereta bandara 2x, kereta bandara ga pernah rame, jadi jangan takut untuk keabisan tiket ya. Beli tiket bisa langsung di lantai 2 stasiun BNI  City, pembayarannya bisa melalui kartu debit atau kartu kredit. Gue lupa nih bayar cash bisa apa ga. Tapi kayanya harusnya bisa sih (moonmaap ya infonya kurang heheh)

Nah, gue ga tau bener apa ga, katanya kalau beli di stasiun langsung ga bisa milih kereta yang jadwalnya kurang dari 20menit dari jam beli kita. Contoh: jam kereta yang mau gue naikin pukul 18.20, nah gue harus beli tiketnya sebelum jam 18.00. Kalau lebih dari pukul 18.00, maka pilihan untuk yang 18.20 udah ga ada.

Tapi gue ga tau sih bener apa ga, karena info tersebut dari igstory temen gue hehehe.

  • Beli melalui aplikasi “RAILINK”

Nah gara-gara info temen gue itu, akhirnya gue beli tiket kereta bandara melalui aplikasi “railink”. Untuk membeli tiket melalui aplikasi ini mudah banget kok, tinggal pilih stasiun yang mau dituju, tanggal dan hari kemudian jam kereta. Mudah kan hahaha.

Paling ga enaknya ya, pas udah beli, kita ga langsung dapet tiket yang berbarcode tapi kode tiket yang nantinya digunakan untuk mengeprint tiket asli di mesin pembelian tiket di stasiun.  Emang sih jadi rada Pe-er ya harus dituker lagi dengan tiket asli hahaha.

IMG_4709
tiket asli setelah diprint

3. Harga Tiket Kereta

  • Untuk harga tiket pembelian langsung di mesin tiket, harganya 70 ribu dari stasiun BNI City ke stasiun SHIA.
  • Untuk harga tiket pembelian melalui aplikasi, harganya 70ribu + 5ribu biaya admin, jadi totalnya 75ribu.

4. Tempat Duduk

Gue kira ya tempat duduknya itu free seating alias bebas, karena kan ya tempat duduknya banyak dan ga pernah penuh. TAPI GUE SALAH NIH COY. ternyata ada tulisan tempat duduknya di tiket keretanya hahahah, malu gue.

IMG_4700
Penampakan keadaan dalam kereta

5. Waktu Temput

Untuk waktu tempuh yang diperlukan sekitar 45menit dari stasiun BNI City ke SHIA stasiun dan itu sangat akurat loh kalau tidak ada permasalahan apa-apa.

6. Stasiun SHIA bukan Terminal Bandara Soekarno .

Jika kalian pikir stasiun SHIA itu adalah terminal bandara, berarti anda salah, anda pasti laki-laki (karena selalu salah hahaha) :sad:

Jadi stasiun SHIA itu adalalah stasiun kereta yang berada di kawasan bandara Soekarno. Nah kalau sudah sampai di stasiun SHIA dan mau ke Terminial Bandara Soekarno, harus naik kereta SKYTRAIN.

IMG_4704
tiketnya pas keluar stasiun masih digunakan buat ditap

Jadi nanti dari keluar kereta bandara, trus tap tiket untuk keluar, ada informasi mengenai SKYTRAIN. Nanti disuruh naik ke lantai 2 dimana tempat menunggu skytrain tersebut. Nah sebenernya ada jadwalnya dari stasiun SHIA ke terminal 1, 2 dan 3 tapi gambar yang diberikan susah banget dipahami pertama kali. Yaudalah ya, tungga aja itu skytrain tiba hahahaha.

IMG_4706
menuju Skytrain

Untuk waktu yang ditempuh dari stasiun SHIA ke terminal sekitar 5-8 menitan ya, cepet kan.

Nah, jadi dengan menaiki skytrain tersebut bisa sampai deh ke terminal tujuan kalian ya.

7. KESAN & SARAN GUE

Kesan gue ya, kereta bandara ini bagus dan cocok banget buat yang butuh kepastiin waktu kalau pergi ke Bandara. Jika dibandingkan dengan naik mobil dari SUDIRMAN apalagi jam pulang kantor .

Tapi inget ya dari sudirman, karena kalau kalian bukan dari sudirman itungannya sih ribet dan mahal. Saran gue sih, lebih baik naik damri seharga 40-70ribu deh tuh dari pada harus ke sudirman dulu trus lanjut kereta. Naik damri langsung sampai di terminalnya, tanpa repot ganti-ganti kereta hehehe.

Dan kalau kalian lebih dari 2 orang, lebih baik naik taxi atau mobil online aja sih (ga mepet berangkatnya) karena dari segi harga hampir sama tapi dari kenyamanan beda banget .

Demikian cerita pengalaman saya soal naik kereta bandara, Alhamdulillah sih ga ada masalah dari segi keretanya. Yang masalah dari segi gue mepet banget berangkatnya hahaha. Semoga artikel ini berguna bagi yang mau mempergunakan kereta bandara dari stasiun BNI City.

IMG_4724

Advertisements

2 thoughts on “Pengalaman Naik Kereta Bandara dari Stasiun BNI City Sudirman

  1. Thank you informasinya, Henry.
    Kalo buatku agak nanggung sih ya, kantor di Menara Batavia.
    Naik ojek dulu ke BNI City, ya kalo ngga bawa koper. Hehehe.

    Btw, itu pintu gerbang Stasiun BNI City kok ngga nampak di Google Maps.
    Hemmm..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s