Jalan – Jalan Ke Kuala Lumpur (weekend Getaway) Hari Pertama : Hostel, Putrajaya dan NU Sentral

Hello semuanya! Apa kabarnya kalian? Semoga sehat semua ya.  Setelah literally 3 bulan ngelantarin blog ini (anak selatan ceritanya), gue akhirnya kembali! Hahahah!  Ya ampun, kangen banget nulis blog (emot sedih). 3 bulan kemarin gue lagi sibuk banget sama kerjaan kantor (sok aja sih ini haha), jadi ga bisa manage time table dengan baik (jangan dicontoh ya) :(.

Pada artikel ini, gue mau ceritain tentang weekend getaway ke Kuala Lumpur. Pertama-tama gue kasih tau dulu ya, bahwa ini merupakan ke-4 kalinya gue ke Kuala Lumpur, jadi gue ga terlalu bahas tempat yang mainstream di Kuala Lumpur ya, karena gue pun ga pergi ke sana hehehe.

Kalau udah sering ke Kuala Lumpur ngapain datang lagi? Harusnya si gue mau ke Taiwan tapi tiket pada mahal banget, ya lord . Nah ga sengaja nemu tiket murah ke Kuala Lumpur 800ribu pulang pergi, yauda ambil aja deh hahaha (berangkat naik KLM dan pulang naik batik air)

Metro Hotel KL Sentral

Sesuai jadwal, hari jumat gue naik pesawat yang jam 19.00 dan tiba di bandara KLIA jam 22.00. Nah, karena gue pikir ga mungkin kan bener-bener tiba jam 22.00, pasti delay deh. Jadi perkiraan gue akan tiba di Bandara jam 22.30-23.00 malem, kemudian naik bus dari bandara ke KL sentral sekitar 1 jam lebih, sehingga akan tiba di KL sentral jam 24.00.

IMG_4671
source: google

Atas hal itu, gue cari penginapan di sekitar daerah KL sentral aja, karena pasti MRT, LRT dan Monorail udah pada tutup. Lagi pula, pas nanti gue pulang juga lebih mudah dari KL sentral.

Penginapan yang gue ambil adalah Metro Hotel. Hotel dengan harga 230ribu permalem ini gue pilih yang paling lumayan dari pada hotel sejenis dengan harga sama dikawasan KL sentral. Harga tersebut belum termasuk sarapan pagi ya, dan lebih baik memang sarapan paginya di luar aja. Gue pesen penginapan biasanya ngebandingin harga di traveloka dan agoda, tinggal pilih mana yang lebih murah hehehe.

IMG_4670
source: google

Metro Hotel deket banget sama NU mall dan station KL sentral (bener-bener deket banget, tinggal nyebrang dari NU Mall langsung nyampe)

PUTRAJAYA

Di hari pertama, gue berencana untuk pergi ke Putrajaya untuk pertama kalinya hahaha. Dulu ke Kuala Lumpur ga pernah ke Putrajaya, karena gue bingung ke Putrajaya naik apa. Soalnya gue baca-baca kendaraan umum ke sana susah dan kayanya mesti pakai kendaraan pribadi. (kalau sekarang mah enak ada grabcar :))

Pada kesempatan ini gue punya temen yang tinggal di Kuala Lumpur, jadi bisa nganterin ke Putrajaya :) hahaha.

DSC03835

Putrajaya ini letaknya diantara Bandara KLIA dan kota Kuala Lumpur, jadi harus lewat tol ke sininya. Yang belum tau Putrajaya itu apa, gue jelaskan sedikit dulu ya. Putrajaya adalah kawasan baru dengan konsep kota taman yang cerdas (intelligent garden city) yang berisikan kawasan pusat administrasi Pemerintahan, pemukiman, taman, dan fasilitas umum lainnya. Kenapa disebut intelligent garden city? Karena kawasan ini sangat mementingkan keseimbangan lingkungannya, sehingga tidak heran jika 38% dikawasan ini digunakan untuk ruang terbuka hijau (taman).

Gue pertama kali dateng ke sini langsung cari tempat makan dipinggir danau, karena laper banget belum sarapan. Gue tiba sekitar jam 11 siang, ya you knowlah kalau liburan santai gini ya bangunnya suka-suka gue aja hahaha. Karena banyak ruang terbukanya, ketika gue tiba banyak banget yang pada habis lari pagi dan sepedaan.

IMG_0127
teh tarik, my favorite

IMG_0257

Gue sarapan dengan makan roti cane dan tentu saja es teh Tarik!! Entah kenapa ini si es teh Tarik di Kuala Lumpur enak banget ya lord, gue kalau beli minum pas lagi makan pasti selalu milih es teh Tarik hahaha. Oia, gue makan manggo sticky rice, enak juga nih rasanya, yummy.

Setelah makan, gue muter-muter untuk melihat kawasan kompek administrasi pemerintahan Malaysia. Kesan pertama gue ketika liat sih, anjay gedungnya bagus-bagus amat dan tata gedungnya bagus. Kapan Jakarta bisa begini ya?

IMG_4672

Kalau dipikir-pikir ya, Malaysia dan Singapore ini kan bekas jajahan inggris. Tata kotanya teratur banget ya, ga berantakan kaya di Jakarta (dasar kau Belanda, jajah Indonesia lama banget hasilnya ga banyak hahah)

Yang gue salut sih ya, kawasan ini menjadi salah satu tujuan turis ketika jalan-jalan ke Kuala Lumpur padahal kaya cuma komplek doang gitu hahaha. Kalau di Jakarta, gue ga ada keinginan buat jalan-jalan mengunjungi pusat administrasi Indonesia di Jakarta.

MASJID PUTRA

Di kawasan Putrajaya ada Masjid bernama Masjid Putra. Masjid Putra ini dibangun pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999. Masjid ini sangat otentik karena mempunya warna yang unik, yaitu warna pink, iya warna pink dari luar sampai dalemnya.

Processed with VSCO with au5 preset

Ketika masuk ke sini gue pakai celana pendek, pas di pintu masuk sama petugasnya dipinjemin sarung untuk menutup sampai lutut. Iya, mereka sangat mematuhi peraturan bahwa untuk pakai celana pendek dilarang untuk masuk Masjid ini. AURAT kakak.

Processed with VSCO with au5 preset

Kemudian gue masuk ke dalam masjidnya dan interior Masjidnya bagus amat ya. Apa karena gue juga jarang wisata Masjid besar di Jakarta, jadi pas ngeliat interior Masjid Putra ini bagus banget.

DSC03825

Yang paling gue suka dari Masjid ini adalah di pintu masuk Masjid ini ada tempat informasi dan sekalian dakwah oleh para wanita. Tempat informasi ini dibuat setelah kejadian 11 September 2001 yang menghancurkan menara kembar WTC di New York. Pusat informasi ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa umat islam pada dasarnya adalah umat yang damai, bukan umat yang digempar-gemporkan di Amerika terkait peristiwa tersebut.

Selain itu, yang gue suka dari pariwisata di Kuala Lumpur, mereka mempergunakan dengan semaksimal mungkin. Contohnya banyak dari Indonesia atau manapun yang mau Umroh trus transit lama di Kuala Lumpur, mereka pasti dibawa keliling wisata seperti Masjid Putra ini. Jadi jangan heran kalo ke sini ngeliat banyak bus-bus pariwisata isinya para jamaah umroh.

NU Sentral Kuala Lumpur

Sebagai warga Jakarta yang sangat tulen, pergi ke Kuala Lumpur tidak ketinggalan untuk jalan-jalan ke mall hahaha. Mall yang paling dekat sama penginapan adalah NU Sentral Kuala Lumpur. 1 tujuan utama gue ke NU SENTRAL adalah MAKAN DI NANDO’S (udah ngidam banget ya Lord).

IMG_0143
Nando’s My love

Nando’s itu restaurant portugis. Makanan utamanya adalah ayam panggang dengan saus peri-peri. Sausnya itu bisa request, mau biasa aja, sedang, pedas atau paling pedas. PILIH PALING PEDES AJA PILIH ITU. Karena apa? Harus banget digaris bawahi, kalau diluar negri, paling pedes sama merek itu = biasa aja bagi lidah (kebanyakan) Indonesia. Beneran deh. Kalau kurang bumbunya, nanti kita bisa nambah lagi kok. Mereka menyediakan botol sausnya banyak dan kita tinggal ambil saja.

Untuk menu ayam, mereka biasanya jual paket ½ ayam dan ¼ ayam plus side dish kaya kentang goreng, nasi (enak nasinya) dan lainnya. Untuk harga sekitar diatas 150ribu Rupiah. Apakah ada menu lainnya? Ada dong. Apa saja? Monmaap gue ga hapal hahaha. Biasanya makan di Nando’s cuma beli yang paket ayam ¼ aja.

Setelah makan, baru gue jalan-jalan mengitari mall Nu Sentral ini. Dari ngecekin harga barang di Levis, H&M, kaus polos Giordano sampai ke supermarket. Kan lumayan kalau ada yang jastip, nambah-nambah uang jajan hehehe.

Untuk hari pertama sekian dulu jalan-jalan di Kuala Lumpur. Gue ga naik kendaraan umum seharian, soalnya ada temen yang bawa mobil jadi gue ga kasih informasi mengenai how to get there ya hehehe. Informasi tambahan, untuk harga barang yang dari tadi gue liatin. Harganya hamper sama kaya di Jakarta, malah ada yang lebih mahal juga. Jadi gue ga belanja sama sekali kecuali ya kaos polos Giordano yang lebih murah dari di Jakarta hahaha.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, hari ke-2 di Kuala Lumpur 


Advertisements

2 thoughts on “Jalan – Jalan Ke Kuala Lumpur (weekend Getaway) Hari Pertama : Hostel, Putrajaya dan NU Sentral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s