Punya Visa Australia yang masih berlaku tapi paspor sudah expired? Berikut cara agar visa tersebut masih bisa digunakan dengan paspor baru

Negara Australia adalah salah satu negara yang baik hati dalam memberikan masa berlaku visa bagi para wisatawan. Pengalaman gue urus visa Australia, pertama kali apply hanya dapat waktu 3 bulan untuk single entry. Tapi ketika apply visa Australia ke-2 kalinya, gue dapet multiple entry selama 3 tahun (sekali dateng maksimal 30hari) :lol::lol:. (Bagi kalian yang mau tau bagaimana cara apply visa Australia, dapat dibaca artikel gue sebelumya Cara apply Visa Holiday Australia Sendiri Tanpa Tour Agent)

Tapi Pas gue cerita ke temen gue kalau dapet multiple entry selama 3 tahun, temen gue bilang bahwa dia pertama kali apply malah langsung dapet multiple entry selama 3 tahun hahaha malah kalah gue padahal niatnya mau sombong. Terus gue tanya temen gue yang lain juga, dia pertama kali dapet visa Australia langsung 1 tahun masa berlakunya. Wadidaw, baik banget kan tuh negara Australia.

Tapi kalau punya visa Australia yang berlaku untuk 1 atau 3 atau 5 tahun terus paspor kita masa berlakunya habis gimana? Apakah harus apply ulang? Bayar 1,6 juta lagi dong kan mahal banget yalord! 

Untuk masalah tersebut jangan sedih dan khawatir , untuk yang punya visa Australia yang masih berlaku tapi paspornya udah expired dan udah ganti paspor baru, bisa update informasi nomer paspor baru ke embassy Australia HANYA MELALUI EMAIL DAN GRATIS. Wow mudah banget kan! ga perlu bikin lagi Visa dari awal.

Cara untuk  mengupdate informasi paspor baru kita sebagai berikut:

A. Dokumen yang diperlukan

  1. Formulir 929 yang sudah diisi (formulir dapat didownload di sini
  2. Scan berwarna paspor lama halaman depan dan belakang
  3. Scan berwarna paspor baru halaman depan dan belakang

Kemudian 3 dokumen tersebut dicombine jadi 1 file : dengan maksimal size 5 MB. Gue namain dokumennya sesuai nama gue, agar mudah dipahami sama yang nerima email gue. (nama file gue Henry Triawan Saleh – update information regarding change of passport number)

B. Proses Kirim email.

Setelah dokumen sudah tersedia, kirim dokumen tersebut ke email : 929@homeaffairs.gov.au. Perlu dicatat, jangan lupa tulis subject emailnya yang informative ya, agar embassy yang nerima email langsung tau tujuan email kita untuk apa. Karena takutnya kalau subject emailnya ga jelas, langsung di delete.

Apakah perlu tulis informasi di badan emailnya pas mau kirim attachment? Ga diatur si masalah itu. Tapi secara logikanya ya bikinlah sebagai pembuka alasan lu email ke mereka untuk apa.

Gue nulis di badan emailnya hanya introduction dan kasih tau tujuan gue atas email ini mau ngapain.

C.Proses oleh Bagian Embassynya. 

Setelah gue kirim email tersebut, maka pihak embassy mengirimkan balasan email untuk menginformasikan bahwa dokumen yang kita kirim sudah diterima dan akan diproses selama 5 hari kerja.

balesan 1
email balasan embassy

Setelah 5 hari kerja berlalu, pihak embassy mengirimkan email untuk memberitahu bahwa formulir 929 sudah diproses dan detail paspor baru gue sudah diupdate ke system Embassy. Di email tersebut juga diberitahukan bahwa kalau gue mau check beneran apakah sudah diupdate perubahan nomer paspor tersebut, maka gue dapat mengujungi situs ini

balesan 2
email pemberitahuan sudah diupdate
Untitled
untuk mengecek apakah bener sudah terupdate

kemudian pilih bagian “Check your own visa details”, lalu masukin informasi yang diminta dan pada akhirnya muncul “entitlement check result”. Di Entitlement check result ini berisikan informasi visa Australia gue dangan nomer paspor yang sudah terupdate. Oia,  Jangan lupa untuk didownload ya entitlement check result kalau pergi ke Australia, buat jaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak terduga di imigrasi Australia.

hasil
informasi kalau nomer paspor gue udah diupdate

Mudah banget kan proses pengajuan perubahan nomer paspor untuk visa Australia. Selain mudah, tidak dipungut biaya nih. Nah, paspor baru sudah punya, kemudian visa Australia sudah di update, next step? Mari mencari tiket murah ke Australia lagi untuk liburan hahahaha!!

DSC02922

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s