Cara Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan (Warung Buncit)

Salah satu barang yang wajib dipunya untuk traveling ke luar negeri adalah PASPOR yang masih berlaku. Iya, harus digaris bawahi, yang MASIH BERLAKU. Oleh karena itu, pada artikel ini gue mau cerita pengalaman gue perpanjang paspor di Imigrasi Jakarta Selatan yang menurut gue! WADIDAW! Keren coy.

Gue beberapa baca artikel tentang cara perpanjang paspor, dari semuanya bilang, perpanjang paspor baru bisa dilakukan ketika sudah masuk masa tenggang. Dan Paspor gue masa berlakunya sampai bulan Januari 2019 dan 6 bulan masa tenggangnya terhitung sejak Agustus 2018. Terus maksudnya gue harus nunggu sampai bulan Agustus 2018 buat perpanjang gitu? Kalau ada tiket promo gimana tuh? Kan mesti masukin masa berlakunya (dan ga boleh lagi masa tenggang).

Memang sih di traveloka ada beberapa maskapai yang ga perlu masukin nomor paspor dan masa berlakunya. Tapi ga semuanya bisa yalord.

Untungnya gue ada temen, yang mana temen gue punya kenalan di Kantor Imigrasi, buat nanya apakah bener kalau mau perpanjang Paspor harus masuk masa tenggang dulu? Dan jawabannya tentu tidak! Jadi bisa perpanjang paspor sebelum masuk masa tenggang sodara-sodara .

CARA MENDAFTAR PERPANJANG PASPOR

Ketika tau bisa perpanjang paspor tanpa nunggu masa tenggang, gue langsung menuju websitenya imigrasi . Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya:

1.Buka web imigrasi kemudian pilih “layanan antrian Paspor online” untuk mendaftar nomer antrian yang terletak di home pagenya

Untitled
Pilih Layanan antrian paspor online

2. Ketika udah masuk ke “layanan antrian paspor online”, kemudian disuruh untuk membuat akun agar dapat log-in ke layanan antrian paspor. Setelah mendaftarkan akun, nanti akan dikirim email verifikasi ke email yang kita daftarkan, nah biasanya emailnya masuk ke junk/sampah (bukan ke inbox). 

pendaftaran
Disuruh untuk membuat akun terlebih dahulu

3.Ketika sudah log-in, kalian akan dikasih pilihan kantor imigrasi mana  yang mau kalian pilih untuk proses. Gue milih Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di Warung Buncit karena ga begitu jauh dari kantor gue, jadi nanti pas dateng buat perpanjang dan ngambil paspor barunya, tidak perlu cuti kantor hahaha.

Daftar kantor
Daftar pilihan Kantor Imigrasi

 

4. Setelah milih kantor imigrasinya, kemudian dikasih pilihan mau hari apa prosesnya, pas gue liat, udah penuh tanggal buat prosesnya ya woy :-(:-(! Jadi kalau tandanya udah penuh, ga ada pilihan tanggal yang bisa diklik (tanggal warna hitam berarti masih bisa daftar antrian, kalau abu-abu berarti ga bisa). Terus 2 hari gue melakukan pengecekan terus kaya gitu, tetap aja penuh terus.

jadwal
tampilan kalau sudah penuh, tidak bisa daftar lagi

Akhirnya gue menemukan cara yang bener daftar online nomer antriannya hahahaha . Jadi gini, kalau mau daftar antrian online, website imigrasi baru membuka daftarannya setiap hari senen buat minggu depannya. Contoh: website imigrasi buka pendaftaran untuk proses di tanggal 28 Mei – 1 Juni 2018 adalah pada tanggal 21 Mei 2018. Maksudnya, kalau gue mau proses perpanjang di tanggal 29 Mei 2018, maka gue udah harus daftar di websitenya di tanggal 21 Mei 2018. Karena kalau daftarnya mepet sama tanggal 29 Mei 2018, ya pasti udah penuh di tanggal 29 Meinya.

Jadi setelah pilih kantor imigrasinya, kemudian pilih tanggal dan kemudian pilih jam pendaftarannya. Gue pilih yang paling pagi, yaitu jam 9.00 – 10.00 biar langsung ke kantor buat kerja, jadi ga perlu cuti.

5. Setelah menentukan kantor imigrasi yang mana, hari apa dan jam berapa. Nanti akan ada buktinya di menu daftar permohonan. Nanti daftar permohonan tersebutlah yang harus diprint (ada jadwal dan barcode) dan dibawa ke kantor Imigrasi untuk prosesnya.

daftar permohonan
Daftar Permohonan

DOKUMEN YANG DIBAWA KE KANTOR IMIGRASI

Gue masih inget 4 tahun lalu pertama kali perpanjang paspor di Imigrasi Jakarta Timur. Ketika daftar online harus upload dokumen KTP, Ijasah, Kartu Keluarga dan asli dokumen tersebut harus dibawa ketika dateng ke kantor imigrasi bersama Paspor lama.

Tapi sekarang kantor imigrasi udah berbenah diri kali ya, Jadi dokumen yang harus gue bawa untuk perpanjang sekarang adalah :

  1. Bukti pendaftaran yang diwebsite (diprint jadwalnya dan barkodenya)
  2. Paspor lama dan fotokopi yang ada fotonya saja
  3. KTP dan fotokopinya

Udah gitu aja, iya cuma gitu aja. Simple kan hahaha

DATENG KE KANTOR IMIGRASI JAKARTA SELATAN

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan berada di alamat : Jl. Warung Buncit Raya No. 207, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790 

atau gampangnya di samping halte busway imigrasi jakarta selatan atau google mapsnya di sini

Dateng ke kantor imigrasi untuk proses harus Sesuai dengan jam antrian yang pilih ya. Karena gue pilih jam 09.00 – 10.00, gue dateng sekitar jam 09.10. Kemudian langsung masuk dan naik ke lantai 2 untuk prosesnya.

  1. Pengecekan Berkas

Pertama-tama dateng ke lantai 2, harus ke tempat check in seperti poto dibawah ini. Di sini, dokumen yang diperlukan diperiksa, apakah sudah terpenuhi dokemennya atau belum. Oia, pas di pengecekan berkas jangan lupa bilang kalau mau perpanjang paspor ya.

IMG_2638
counter Check in

Setelah dicek dokumen yang diperlukan, kemudian gue dikasih nomor antrian untuk menuju step selanjutnya. Waktu yang dihabiskan cuma 5 menit doang di pengecakan berkas.

  1. Foto Paspor

Nomor antrian yang dikasih di Pengecekan berkas adalah nomer antrian buat foto dan gue dapat nomer antrian cuma nunggu 10 orang. Dan, nunggu 10 orangnya cepet banget coy. Semua loketnya ke isi sama petugas jadi antriannya ga numpuk.

IMG_2637
tempat menunggu panggilan untuk foto

Setelah dipanggil nomer antriannya, gue menuju nomer loket yang disuruh. Di sini gue kasih dokumen yang tadi abis dicek ditempat pengecekan berkas. Kemudian, difoto dan ditanya mau bikin paspor biasa atau e-paspor. Harga Paspor biasa Rp. 355.000 dan e-paspor Rp.655.000.

Gue memilih paspor biasa daripada e-paspor karena :

  • Pertama :keunggulan e-paspor daripada paspor biasa ga terlalu banyak;
  • kedua : Perbedaan harga paspornya yang lumayan jauh;
  • ketiga : e-paspor banyak larangannya (paspornya ga boleh ditekuk, ga boleh di steples dan lain-lain yang mengakibatkan chip yang di paspor rusak). Nah, karena gue takut itu ga sengaja ditekuk atau lainnya yang berakibat paspornya ga bisa dipakai, makanya gue ga mau pilih itu hahaha.

Setelah di poto, dapat tanda untuk bayar paspor ke atm terdekat/ bank terdekat. Oia untuk proses ini cuma 20an menit doang udah selesai dan itu udah termasuk nunggu nomor antrian.

IMG_2642
Bukti yang harus dibawa ketika ambil Paspor dan Kode MPN buat bayar di atm
  1. Pembayaran

Setelah mendapatkan kertas untuk ambil paspor dan bayar, sekarang waktunya bayar paspor di Bank atau atm terdekat. Kenapa langsung bayar? Karena kalau langsung bayar, paspor bisa langsung di ambil 3 hari setelah bayar.

Di lantai 1 kantor imigrasi Jakarta Selatan ada Atm mandiri, BRI dan bank BRI. Kalau mau bayar pakai atm BCA, bisa dilakukan di ATM BCA deket kantor imigarasi (gue pakai BCA juga soalnya). Setelah bayar, yauda tunggu 3 hari untuk pengambilan paspor dengan bawa tanda terima dari kantor Imigrasi dan bukti bayar.

IMG_2641
Tata Cara Pembayaran melalui ATM
  1. Pengambilan Paspor

Pengambilan paspor dilakukan 3 hari setelah dilakukan pembayaran, Jadi gue bayar di hari senin dan bisa diambil di hari Kamis. Pengambilan paspor bisa dari jam 09.00 sampai jam 15.00 ya. Cara pengambilan paspor adalah dateng ke tempat pengecekan berkas seperti di nomer 1 untuk ambil nomer antrian.

Setelah dapet nomer antrian, silahkan tunggu di loket pengambilan paspor, nanti nomernya dipanggil sesuai urutan ya.

IMG_2680
tempat antrian untuk ambil paspor

Untuk pengambilan paspor gue nunggu lama, sekitar 1 jam baru dipanggil. Setelah dapet paspor, jangan lupa untuk dicek nama, tanggal lahir agar tidak terdapat salah ketik ya. Ketika gue dapat paspor barunya, petugas loket juga kasih paspor lama gue. Kalau nanti yang lama ga dikasih, minta aja. Karena paspor lama berguna banget buat nanti apply visa, jadi bisa buat bukti history kita sudah kemana saja.

Kalau paspor ga diambil selama sebulan, paspornya udah ga bisa diambil lagi ya guys.

Udah gitu aja prosesnya? Mudah banget kan? Banget. Gue salut banget sih sama sistem imigrasi Jakarta Selatan sekarang (kalau kantor imigrasi lain ga tau deh). Untuk proses perpanjang paspor ga ribet dan ga buang-buang waktu. Gue inget banget 4,5 tahun lalu perpanjang paspor di imigrasi Jakarta Timur, harus bawa berkas banyak dan prosesnya bisa setengah hari baru bisa pulang.

Oleh karena itu, untuk yang tinggal di Jakarta Selatan atau kerja di deket kawasan imigrasi Jakarta Selatan atau yang ga mau ribet urus paspornya. Medingan perpanjang paspor di Imigrasi Jakarta Selatan (Warung Buncit) aja deh. Rekomen banget!

Paspor udah punya yang baru, ayo saatnya cari tiket promo lagi ya guys!!

Advertisements

12 thoughts on “Cara Perpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan (Warung Buncit)

    1. Hi ivo,

      Untuk semua jakarta pendaftarannya sama via online. Tapi untuk lamanya proses saya ga tau secepat jakarta selatan apa tidak. Karena saya baca yg di jakarta barat, banyak yg komplain mengenai sistem disananya

      Like

  1. Thanks for sharing…ini ngebantu banget… sy sudah ikutin semua info diatas …
    proses perpanjangan paspor skrg jauh lebih mudah n pelayanan kantor imigrasi juga lebih ok

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s