Jalan – Jalan Ke Bali (weekend Getaway) : Seharian Kuliner di Bali dan Sunset di Canggu

Setelah kemarin seharin jalan-jalan ke Ubud di hari terakhir ini gue mau kuliner makanan di Bali (usap-usap perut). Tempat makan yang gue datengin hari ini merupakan tempat makan yang sering gue liat di instagram temen-temen gue yang liburan ke Bali. Bukan maksudnya ngikut-ngikut ya, tapi penasaran aja (sama aja maz).

Oia, gue mau cerita dikit dulu sebelum memulai cerita kuliner. Kan kemarin gue seharian naik motor ke daerah Ubud pakai kaos, celana pendek dan sandal ya. Pas tadi pagi nih, bangun tidur trus mandi kan ya, tidak ada permasalahan yang muncul. Eh pas pake baju dan ngaca dikamar mandi, paha, trus kaki gue, lengan gue belang semua hahaha. Wah gawat banget nih panasnya di Bali (biasanya di Jakarta cuma di dalam ruangan AC).

Atas hal tersebut sekarang gue pakai celana pendek trus di double pakai celana panjang buat naik motor doang. Kalau udah sampai tempat tujuan, celana panjangnya di copot hahaha (sungguh kurang kerjaan).

Oia balik lagi ke tujuan hari terakhir di Bali, yaitu kuliner. Gue akan memulai kuliner gue dari sarapan ya. Check this out!

Revolver Espresso

Revolver espresso menjadi pilihan pertama gue untuk memulai kuliner di Bali. Café revolver espresso berada di daerah seminyak (deket banget sama penginapan gue, 5 menit doang kali ini sampe). Yang menjadi daya tarik revolver tentu saja adalah coffee nya.

Café nya sih unik, dia bukan jenis café yang dari luar udah ketauan bahwa itu café. jadi kaya café tertutup gitu. Hanya ada 1 pintu masuk, dan itu dijagain sama mas-masnya. Karena mungkin kalau ga dijagain, orang ga bakal tau revolver dimana hahaha.

revolver-espresso-413815
Pintu masuk Revolver (sumber:google)

Karena merupakan café yang tertutup dari dunia luar, suasanyanya jadi lebih remang-remang cozy gitu. Enak banget sih buat tempat santai sambil kerjain tugas. Untuk pengunjungnya sendiri 80% merupakan caucasion. Jarang ada muka-muka asia lokal gitu.

revolverespresso-4
sumber: google

Enaknya jarang orang lokal semacem anak Jakarta yang suka rame banget ketika di café, membuat café ini jadi semakin nyaman. Setelah gue lihat harganya, gue baru sadar kenapa di sini 80% merupakan caucasion. karena harganya mahal coy untuk ukuran breakfast hahaha.

41006033821_d785d2d4e8_o
sumber google

Sebelumnya monmaap dulu nih, kan tadi gue bilang bahwa daya tarik tempat ini adalah coffeenya. Tapi karena gue ga bisa minum kopi pagi hari karena punya maag, jadinya gue mengganti dengan orange jus!! Hahaha beda jauh banget ya. Untuk makananya gue pilih salah satu yang ga pernah gue makan, crispy tempe burger.

Untuk ukuran burger  enak kok, cuma belum terbiasa aja hahaha.

Gusto Gelato

Mungkin belum dikatakan sudah ke Bali kalau belum makan es krim di Gusto Gelato. Cuaca di Bali yang panas banget memang paling pas makan gelato ya coy. Jarak yang cuma 10 menit dari revolver sangat membuat gue semakin semangat untuk makan gelato ini.

Untuk harga gelato mulai dari 25ribu yang hanya 2 rasa sampai ada yang lebih mahal yang isinya 5 rasa. Gue sendiri memilih hanya 2 rasa cukup, kalau kurang, tinggal beli lagi hahaha. Seperti kebanyakan toko gelato, gelato yang di jual di Gusto terdiri gelato rasa buah dan manis. Gue selalu memilih 1 manis dan 1 buah yang rasany asem hahaha.

Untuk rasanya, gelato gusto ini enak ya. Pas banget, ga kemanisan dan keaseman. Tapi karena gue beli pakai cone, jadi makannya harus cepet-cepet karena akan meluber gelatonya. Gusto Gelato tempatnya luas banget, ada yang di dalem ruangan ber AC dan ada yang di outdoor. Gue di sini lumayan lama buat duduk-duduk.

Cafe Nook

Abis dari gusto gelato, gue balik ke hostel dulu buat packing barang-barang dan nitipin ke Hostel, karena flight pulang gue jam 23.00. Jadi masih bisa keliling Bali dulu seharian.

Setelah check out, gue pergi makan siang di Nook. Nook ini deket banget juga sama Hostel gue, paling cuma 4 menit sampe hahaha. Beneran deket. Kenapa gue ke nook? Karena mau cobain makanan kekinian yang dijual nook hahaha (rendah bener kepengenan gue).

Café nook menjual pemandangan sawah juga seperti  Bebek tepi sawah. Tapi tempatnya ga terlalu luas dibandingkan dengan Bebek tepi sawah (yailah masa café disamain sama restaurant?! Haha).

Menurut gue, nook ini tempat yang semuanya PAS. Tempatnya bagus, harga makananya pas, dan rasa makananya juga enak. Ga terlalu mahal kaya revolver expresso. Dan karena tempatnya outdoor gini, jadi berasa angin sejuknya Bali hahaha.

Nasi Tempong Pink

Mau makan nasi tempong di Bali? Cobain nasi tempong pink di Denpasar. Sungguh harus banget cobain.

Pertama gue kasih tau dulu, nasi tempong itu kaya pecel ayam. Isinya nasi, ayam, tempe tahu, lalapan dan sambel. Nah, yang paling penting adalah SAMBELNYA, yalord!! Enak banget sambelnya, pedes coy, nagih banget pasti (ini gue nulisnya sambil kebayang nasi tempong pink, )

ini sambel enak banget

Gue makan nasi tempong ini sampe nambah sambel, nambah tempe, nambah tahu, nambah minum ya ampun pokoknya sambelnya nagih banget ini hahahaha!

Untuk 1 porsi nasi tempong sekitar 30 ribuan Kalau yang suka makan nasi tempong ibu indra, udah lupain aja, makan nasi tempong pink deh! Dijamin OKE!

Warung Arim Pasar senggol Nakula

Mau makan seafood di Bali tapi bingung mau makan dimana?  Pergi ke warung arim pasar senggol Nakula aja. Tempat ini dikasih tau sama temen gue @nhandina, yang tinggal di Bali itu. Di sini jual ikan, kerang, cumi, udang dan lainnya (karena gue ga liat lagi ada apaan hahaha)

Gue pesen, ikan dan kerang dengan bumbu andalan mereka. Warung ini memberikan nasi, kaya pecel gitu dan sambel matah (makan sambel matah di Bali mah nambah terus, enak banget) setiap porsinya. Dan kemudian tibalah ikan dan kerangnya dengan bumbu merah andalan mereka. Hasilnya? Enak banget,  yalord! Memang lidah Indonesia tidak bisa dibohongin, lebih suka makan di nasi tempong dan warung arim dibandingin sama revolver dan nook hahaha.

gambarnya ga bagus, tapi rasanya beneran enak

Serius deh, ini seafood enak banget dah. Gue sangat banget yakin, kalau ke Bali lagi bakal datang ke tempat ini lagi.

Untuk harganya juga ga terlalu mahal kok, 100ribu berapa gitu. Kalau kalian pergi ke Bali, HARUS BANGET KE SINI YA!

Save the best for the last, Sunset di Canggu

Satu hal yang ga mungkin gue skip ketika ke Bali adalah pergi ke Pantai. Untuk kesempatan kali ini, pantai yang gue datengin adalah pantai Berawa di daerah canggu. Gue memang udah lama ga ke Bali ya, terakhir kali Kuta dan legian sangat berjaya. Tapi kalau liat sekarang, gue salut sih sama yang membuat Canggu jadi tempat yang hits banget sekarang. Bisa membuat Kuta dan legian jadi mati buat para turis.

Gue datang ke Pantai Berawa sekitar jam 5 sore untuk menikmatin sunset. Meskipun dari siang dilanda panas banget ketika lagi bawa motor, tapi semua itu terbayar ketika lagi menikmatin sunset kaya gini. Duduk santai di pantai, nontonnin orang main air dipantai atau baca buku dengerin ombak, emang paling pas banget untuk dilakukan di canggu sore hari.

Ketika gue lagi duduk-duduk dipantai, gue berfikir : enak ya kerja dan tinggal di Bali. Lagi pusing kerjaan bisa langsung refresing ke Ubud atau ke tempat alam lainnya. Kalau lagi pusing pas jam kerja, bisa pergi sebentar nonton sunset di pantai trus balik lagi. Kadang memang sebagai manusia, kita selalu pengen yang lebih terus dari pada yang dikasih. Padahal kita juga lupa bersyukur apa yang telah dikasih. Maafin ya Allah.

Selesai juga liburan gue di Bali, tanpa ekspektasi yang tinggi, Bali memberikan pengalaman yang menyenangkan buat gue. Dan gue yakin banget, gue bakal balik lagi ke Bali pada tahun ini.

Thank you Bali and I’ll be back soon!