Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah atau Promo untuk Liburan

Hai-hai! Do you miss me ? Hahaha. Udah hampir 2 bulan gue tidak menulis artikel di blog ini. Dikarenakan lembur melulu kalau weekdays dan kalau weekend jatahnya nonton tv series dan main. Padahal konten buat artikel blog udah banyak (prettt) biggrin.

Untuk post-an gue kali ini, gue mau membahas mengenai cara mendapatkan tiket murah/promo untuk liburan. Karena apa? Karena gue selalu ditanyain seperti ini :

        “eh kok lu dapet tiket murah mulu sih!”

        “Cariin dong tiket murah buat gue, gantian gue yang jalan-jalan.”

        “kasih tau dong cara dapetin tiket murah.”  

Monmaap nih ya, gue bukan dukun yang bisa tau kapan tiket murah atau promo bakal muncul sad. Tapi gue bersyukur, dengan adanya long weekend Chinese new year 2018 ini, akhirnya gue bisa menjawab pertanyaan orang-orang yang penasaran selama ini melalui artikel berikut (jabat tangan pembaca satu-satu) coolcool.

Artikel ini gue bikin berdasarkan pengalaman gue dalam perjalanan dan keberuntungan mendapatkan tiket murah/promo untuk liburan. Disclaimer! Bahwa artikel ini tidak menjamin kalian akan mendapatkan tiket promo dalam waktu dekat setelah membaca artikel ini. PENTING! (bold, pakai tanda seru)

Tanpa bercerita melalui prolog, berikut ini adalah cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah atau promo untuk liburan :

1. NIAT DAN RENCANA

Sebelum mencari tiket promo, harus dimulailah dengan niat untuk bener-bener ingin liburan dan mencari tiket. Bukan hanya niat dibibir, memutar kata, malah kau tuduh akulah segala menyebabnya. Maap-maap itu lirik lagu ya.

Maksudnya, jangan cuma niat dimulut saja tapi tekat juga ada. karena kan banyak tuh orang-orang yang bilang, “yuk liburan yuk, pas ada tiket murah, malah kebanyakan “tapi” nya ketika diajakin liburan, tapi tidak ada uang, tapi susah cutinya, tapi takut ga boleh”.

Makanya selain niat, untuk urusan liburan, harus udah ada rencana memang mau liburan. Biasanya awal-awal tahun itu bagus buat membuat rencana setahun kedepan (secara kasar aja), jadi udah tau 12 hari cuti yang didapet dari kantor tidak akan terbuang sia-sia.

Setelah niat dan rencana sudah ada, sehingga ketika ada tiket promo bisa langsung dibeli tanpa berfikir lama. Karena tiket promo itu akan selalu cepat habisnya, percayalah!!

2. HARUS TAHU BATASAN HARGA TIKET PESAWAT

Untuk menentukan harga tiket pesawat murah, tidak terlalu murah, standard dan mahal, terlebih dahulu harus mempunya pengetahuan mengenai benchmark setiap harga tiket. Karena tentu bagi orang yang penghasilan 7 juta perbulan dengan 25 juta perbulan, benchmark harga tiket murah itu tidak sama.

Oleh karena itu, rajin-rajin lah mengecek harga tiket pesawat melalui maskapai atau third parties lainnya, sehingga tau berapa harga tiket di bawah atau di atas standard.

Hal tersebut sangat penting dalam dunia perburuan tiket murah atau promo.

3. BERLANGGANAN NEWSLETTER AIRLINES

Salah satu cara untuk tau kalau terdapat maskapai memberikan program promo tiket adalah dengan mendaftarkan email untuk mendapatkan newsletter setiap ada informasi yang terbaru dari setiap maskapai. Biasanya ada website maskapai yang cuma daftar untuk mendapatkan newsletter ada yang juga harus mendaftarkan diri dulu menjadi member untuk mendapatkan newsletter tersebut.

Untuk mendaftarkan jadi member (seperti garuda, Malaysian Airlines dan lainnya) juga gratis, jadi tidak ada salahnya kan untuk mendaftar demi mendapat newsletter.

Screenshot_20180217_151926
Newsletter dari Qatar Airways

Selama gue daftar jadi anggota atau newsletter, yang paling aktif  memberikan informasi tiket promo adalah Qatar Airways. Tidak heran jika Qatar menjadi airlines terbaik nomer 1 sedunia.

4. PERGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Di jaman teknologi sekarang yang semakin maju, sudah sangat mudah untuk mendapatkan berbagai informasi yang kita inginkan melalui internet, salah satunya melalui media sosial. Bagi gue, media sosial tidak selalu memberikan pengaruh negative, media sosial malah memberikan pengaruh yang positive bagi mereka yang menggunakannya secara bijaksana. Media sosial yang gue gunakan untuk mencari informasi tiket adalah:

  • FACEBOOK

Masih main facebook lu? Bukannya udah kuno banget dan isinya kebanyakan marah-marah politik mulu?

Gue akuin memang sekarang Facebook isinya KEBANYAKAN orang yang ngomongin politik dan agama yang sok paling bener. Makanya banyak yang gue unfriend kalau yang tidak penting-penting. Eh maap maap bukan curhat.

Tapi harus diakui juga, bahwa facebook adalah wadah yang besar untuk menampung penggunanya untuk berinteraksi satu sama lain secara global. Salah satunya, gue join ke group BACKPACKER INTERNATIONAL.

Screenshot_20180217_151721
Backpacker Intertational

Di group tersebut adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang pengen, sering dan master akan jalan-jalan. Banyaknya informasinya yang diberikan di group tersebut sangat berguna bagi para traveler yang mau liburan.

Seperti informasi tiket murah/promo, tempat-tempat yang recommended didatengin, makanan, airbnb, kapan garuda/SQ/Cathay arlines fair dilaksanakan atau informasi lainnya mengenai traveling bisa kita dapatkan di group ini.

  • TWITTER

Masih main twitter? Ya masih dong. Twitter adalah media sosial yang gue gunakan untuk mendapatkan berbagai macam berita sampai saat. Tinggal follow akun yang bermanfaat, kemudian cek timeline lu, keluarlah bermacam-macam tweet berita yang hangat saat itu atau informasi lainnya yang kita dapatkan secara mudah. Tanpa harus membuka website satu-satu.

Balik lagi dengan cari tiket promo, di twitter yang sangat berpengaruh dalam memberikan informasi tiket promo menurut gue adalah @kartupos (dia punya instagram juga dan dia bukan akun kartupos pemerintah untuk surat menyurat ya hahaha) dan @secretflying .

Screenshot_20180217_151629
twitter kartupos

@kartupos adalah seorang travel blogger yang selalu memberikan informasi mengenai dunia traveling, dari tiket promo sampai artikel-artikel yang memberikan informasi mengenai tempat-tempat mana saja yang bagus didatengi di setiap Negara dan banyak lagi. Selain itu, @kartupos juga mempunyai bisnis yaitu jualan paket nonton konser atau liburan (tidak pakai tour guide, jadinya hanya ngurusin tiket pesawat, tiket konser, penginapan dan lainnya, kemudian kita jalan sendiri)

@kartupos dengan tweetnya memberikan informasi yang sangat penting di tahun November 2015 sehingga membuat gue bisa pergi ke Negara impian gue, yaitu UK. (baca kisah tersebut di link ini)

Screenshot_20180217_151641
akun twitter secret flying

Untuk @secretflying bukan akun informasi untuk penerbangan dari Indonesia saja, tapi ini lebih ke informasi promo penerbangan seluruh dunia. Jadi kita tau harga-harga tiket promo dari Negara singapore ke London berapa, atau dari Jepang ke USA berapa. Jadi, kalau ada promo return dari Singapore/Kuala lumpur ke Eropa/USA dengan harga murah, boleh dicoba kan.

  • LINE

Punya line jangan suka baca line news aja yang isinya gossip hahaha, tapi join juga ke line tour travel. Gue join ke line @travelrack.co (line milik TX Travel di Sudirman). Line mereka selalu memberikan informasi harga murah tiket pesawat, jadi kalau kalian yang tidak mau ribet tinggal beli sama mereka saja langsung. Kalau lupa nomer paspor, mereka tetap bisa kok beliin tiket tanpa nomer paspor. Ketika check in di bandara baru nomer paspor diberikan.

Screenshot_20180217_151753

Tapi otak manusia diberikan daya pikir yang cerdas, jadi ketika TX travel memberikan informasi tiket promo, gue selalu crosscheck ke traveloka atau website maskapainya langsung. Karena secara logikanya, kalau travel pastikan udah ambil untung duluan kan. Biasanya harga ditravel tersebut lebih mahal 100-200 ribu dari traveloka atau dari harga maskapai tersebut.

Agustus 2017, gue mendapat line dari T X travel yang bilang ada promo SCOOT Return Jakarta ke Sydney/Melbourne 3,6 juta. Langsung gue cek ke traveloka dan gue dapet multicity JAKARTA – MELBOURNE, SYDNEY – JAKARTA dengan harga 3,4 juta for return (low cost hanya 10Kg cabin, tanpa bagasi, makan dan entertainment).  Ada harga, ada fasilitas ya coy.

  • INSTAGRAM

Banyak banget tour travel yang jualan tiket pesawat di instagram, tapi belum tentu terpercaya. Ada akun instagram tour travel yang selalu gue tandai on notification setiap dia ngepost di instagram, yaitu PROMOTRIP. Akun ini sangat terpercaya banget, recommended banget deh. 3 bulan lalu ada promo ke eropa harga 5,9 juta Return dan gue udah transfer trus promonnya udah abis, apakah uang gue dibawa mereka? Tidak, uang gue ditransfer kembali secara utuh dan langsung dihari itu juga.

Screenshot_20180217_151814
promotrip

PROMOTRIP juga suka bikin open trip dengan harga yang bagus daripada Panorama, Bayu Buana dan travel besar lainnya.

Kalau tidak percaya cek saja feed instagramnya, pasti kalian sangat sangat kesel baru tau kalau PROMOTRIP itu eksis!! Hahaha

Bulan lalu baru ada promo Return tiket ke New Zealand 7-8 juta menggunakan Qantas airways. MURAH KAN! Kalau mau chat mereka bukan melalui instagram ya, melalui line yang ada dibiodatanya.

5. SELALU CEK TRAVELOKA, TIKET.COM ATAU PIHAK KETIGA LAINNYA.

Jika kalian sudah tau mau kemana liburannya, gue sangat sarankan untuk mengecek selalu pihak ketiga jualan tiket seperti TRAVELOKA, TIKET.COM, NUSATRIP atau lainnya setiap hari. Karena apa? Agar tau harga tiket yang kalian mau di tanggal dan bulan tersebut. Jadi bisa mengikuti penurunan dan kenaikan harga tiket tersebut. Sehingga, jika ada penurunan harga yang signifikan, bisa langsung dibeli.

Apakah gue sering ngelakuin itu? Sering banget sampai saat ini. Ketika bulan November 2016, gue memang punya planning buat ke Jepang di bulan April-Mei 2017, jadi tiap hari  gue selalu cek-cek harga. Karena beruntung kali ya, gue inget banget ketika demo yang tidak jelas tanggal 4 November 2016, gue cek traveloka dan gue dapet tiket promo JAKARTA – OSAKA RETURN 3,7 JUTA DENGAN TRANSIT 1 jam di Kuala Lumpur menggunakan MALAYSIAN AIRLINES (FULL SERVICES) untuk akhir April 2017.

Makanya gue selalui percaya, where there’s a will, there’s away.

Selain itu, pergunakanlah promo-promo kartu kredit yang selalu diberikan oleh TRAVELOKA. Promo tersebut sangat lumayan loh. Bulan Desember 2017 kemarin  nemu promo tidak sengaja di TRAVELOKA, tiket PP ke HONGKONG naik Malaysian Airlines transit 1,5 jam di Kuala Lumpur dengan harga 2,3 JUTA RUPIAH. Tunggu dulu, kebahagiannya tidak sampai di sana saja, ada promolainnya yang bisa digabung, yaitu transaksi menggunakan kartu kredit BNI dapet potongan 500 ribu dengan minimum payment 2 juta, JADI HARGA TIKET KE HONGKONG Cuma 1,8 JUTA RUPIAH. lollollollollol

Sekarang udah tau kan dari mana gue dapet info-info tentang tiket murah/promo sehingga gue bisa jalan-jalan murah. Gue cuma ingatkan bahwa gue tidak di endorse oleh pihak siapa-pun dalam penulisan artikel ini (tapi kalau ada yang mau endorse tidak apa-apa (murah hahaha)), murni dari pengalaman pribadi gue selama membeli tiket pesawat hahahaha.

Semoga artikelnya dapat berguna bagi kalian para pengejar liburan!

Processed with VSCOcam

Advertisements

2 thoughts on “Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah atau Promo untuk Liburan

  1. Halo mas..
    tulisannya menarik sekali.
    Btw, punya pengalaman beli tiket pesawat dari travelrack.co ?
    Itu trusted travel agent kah?

    Like

    1. Hi mumu, belom pernah beli sih tapi temen udah pernah. Dia juga bisa ngurusin bikin visa. Trusted bgt kok. Itu travel agent lumayan besar dan ada kantornya jelas.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s