Liburan ke Jepang : Wisata Festival Shibazakura di Tokyo

Salah satu yang tujuan ketika pergi ke Jepang adalah bisa melihat salah satu ikon negara Jepang tersebut, yaitu Gunung Fuji . Melihat Gunung Fuji seperti melihat menara Eiffel, lebih bagus dilihat dari jauh. Dan untuk dapat menikmati gunung fuji tersebut secara nyaman dan indah hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu sebagaimana dapat dilihat pada website ini.

Ketika gue pertama kali ke Tokyo pada bulan Maret tahun 2016, ada acara pergi ke Gunung Fuji level 5 (kaki Gunung Fuji). karena cuaca masih salju dan berkabut, jadi hanya sampai ke level 1 dan tidak terlihat Gunung Fuji sama sekali. Tapi, positive-nya bisa liat salju secara langsung hahahaha, jadi ga norak lagi dan bisa sombong (subhanallah) razzrazzrazz

Pada bulan Mei 2017, akhirnya gue bisa kembali ke Tokyo untuk bertemu dengan Gunung Fuji tercinta. Dan namanya juga rejeki, gue bisa lihat Gunung Fuji dari Festival Shibazakura lollol. Jarang-jarang banget bisa nemuin Festival ini ketika lagi pergi ke Jepang.

APA ITU FESTIVAL SHIBAZAKURA??

Shibazakura adalah sejenis tanaman semak  berbunga yang berwarna merah muda, putih, ungu dan warna lainnya atau bahasa latinnya Phlox. Bunga ini hampir mirip dengan bunga sakura, karena beberapa kelopak bunga berbentuk hati  yang merekah. Bunga musim semi ini baru tumbuh dan mekar pada bulan April dan Mei, setelah gugurnya bunga sakura.

DSC01234-01

Festival Shibazakura adalah festival bunga yang terdiri dari berbagai jenis bunga yaitu Shibazakura, bunga Muscari, bunga Ane Mone, bunga Forsythia dan lainnya yang berjumlah lebih dari 800.000. Bisa kebayangkan keindahan berbagai jenis bunga yang berwarna warni sekitar 800.000 bisa bermekaran berbarengan (tolong dibayangin ya).

Processed with VSCOcam

Selain itu, keindahan Festival Shibazakura yang menjadi daya tarik adalah pemandangan Gunung Fuji yang cantik dilengkapi dengan indahnya bunga Shibazakura yang menjadikan festival ini banyak dikunjungi oleh warga lokal dan wisatakan.

KAPAN FESTIVAL SHIBAZAKURA?

Festival Shibazakura berlansung di prefektur Yamanashi, Fuji Motosuko Resort, kota Fuji-Kawaguchi. Festival ini diselenggarakan sekitar tanggal 15 April – 28 Mei setiap tahunnya. Tapi untuk lebih jelasnya, bisa di cek di sini.

Tapi saran dari gue, untuk dateng ke festival ini sekitar minggu kedua atau ketiga bulan Mei. Karena kalau di bulan April, bunganya masih belum mekar semua dan kalau di akhir bulan Mei, bunganya sudah layu.

Processed with VSCOcam
Shibazakura Festival

Harga masuk ke Festival Shibazakura sebesar 600 yen dan jam bukanya pukul 08.00 sampai 17.00. Dengan harga 600 yen, sangat worth it untuk menikmati pemandangan indah Festival Shibazakura tersebut.

BAGAIMANA PERGI KE FESTIVAL SHIBAZAKURA?

Untuk pergi ke Festival Shibazakura ada 3 cara, naik mobil, naik bus umum dan naik kereta. Untuk pembahasan ini, gue hanya membahas naik bus dan kereta aja, karena tidak paham kalau naik mobil hahaha.

  • Menggunakan Bus

Bus yang digunakan adalah highway bus, bus ini dapat di booking di website ini. Bus tersebut ada yang berangkat dari terminal Shibuya dan Shinjuku dengan tujuan Kawaguchi station. Harga tiket bus tersebut besesar 1,750 – 1,800 yen untuk sekali jalan. Untuk booking bus lebih baik langsung beli untuk pulang-pergi dan pilih berangkat paling pagi dan pulang paling malam.

Sebenarnya untuk beli tiket bus nya dapat langsung dibeli di loket bus di terminal tapi karena festival Shibazakura adalah festival yang terkenal, jadi lebih baik beli jauh-jauh hari melalui bookingan di website.

DSC01355-01
Kawaguchi Station

Perjalanan dari Shibuya/Shinjuku ke Kawaguchi station sekitar 1 jam 45 menit. Dari Kawaguchi station, harus mengantri untuk beli tiket bus Shibazakura Liner ke Festival Shibazakura dengan harga 2,000 yen sudah termasuk tiket pulang pergi dan tiket masuk ke festival. Perjalanan dari Kawaguchi station ke Festival Shibazakura sekitar 30 menitan.

Processed with VSCOcam
Tiket Naik Shibazakura liner
  • Menggunakan Kereta

Menggunakan kereta hanya untuk dari Shinjuku ke Kawaguchi station saja ya, karena tidak ada kereta langsung ke festival tersebut. Jadi setelah tiba di Kawaguchi station sama seperti yang gue ceritakan di atas.

Dari Shinjuku station naik kereta ekspress JR Chuo Line, tiba di Otsuki station (sekitar 1 jam perjalanannya, dengan harga tiket 1,320 yen sekali jalan. Kalau punya JR pass, gratis). Kemudian naik kereta Fujikyu sampai di kawaguchi station dengan harga 1,140 yen  dan lama perjalanan 55 menit)

Untuk tau lebih detail mengenai kendaraan yang digunakan ke Festival Shibazakura, dapat di cek di website ini.

PENGALAMAN

Gue Pergi ke Shibazakura Festival pada minggu ke 2 bulan Mei 2017. Sebenernya lebih baik datang pada minggu ke 3 bulan Mei sih, karena apa? Karena minggu ke 2 bulan Mei adalah golden week nya orang Jepang atau dengan kata lainnya liburan Lebaran orang Jepang, yaitu libur panjang. Jadi Orang-orang lokal ramai banget pergi ke daerah wisata dan ke luar dari Tokyo. Jadi kalau yang tidak suka keramaian lebih baik hindari liburan minggu tersebut kalau mau liburan ke Jepang.

Tapi bagi gue, gue malah suka ke tempat yang ramai, jadi adrenalin akan liburan semakin membara dan semangat hahaha. Kalau sepi kaya gimana gitu (padalah pas ke Universal Osaka berharap banget sepi hahaha). Jadi gue ke Festival Shibazakura naik bus dari terminal Shinjuki pukul 09.45. Pengennya sih ambil jam 08.00 tapi gue takut tidak kekejar karena jam 06.30 baru tiba di Tokyo.

DSC01202-01
suasana lagi nunggu bus

Bus berangkat tepat jam 09.45 dan seperti gue ceritakan bahwa golden week di Jepang itu ramai banget dan mengakibatkan macet, iya di Jepang juga ada macet kok hahaha. Seharusnya tiba di Kawaguchi station pukul 11.30, tetapi malah tiba pukul 12.15 sadsad.

Setelah tiba di Kawaguchi langsung ngantri untuk beli tiket bus Shibazakura, tapi-tapi ketika mau beli tiket Busnya, dikasih tau kalau terjadi kemacetan yang panjang ke tempat Festival tersebut. Jarak tempuh yang seharusnya hanya 30 menit menjadi 1,5 jam sodaraaa, sodaraaa. Akhirnya sampai pukul 14.00 di Festival tersebut dengan 1,5 jam berdiri di Bus crycry.

Pertama kali tiba di Festival Shibazakura dan melihat bunga-bunga tersebut kaya wow keren banget coy. Taman bunga ini lumayan luas juga loh. Bunganya warna warni dari yang warnanya kebanyakan pink, kemudian ada yang biru, ada yang putih dan berbagai warna lainnya. Yang membuat Festival ini semakin bagus untuk dipandang dan difoto.

Processed with VSCOcam
pink pink everywhere

Processed with VSCOcam

Processed with VSCOcam
Bermacam-macam jenis bunga

Di tempat ini juga terdapat berbagai toko yang jualan makanan dan minuman, tapi ya ngantrinya lumayan panjang juga sih. Jadi gue tidak tertarik untuk beli, padahal mah lagi ngirit ya hahaha.

Processed with VSCOcam
Untung ga banyak cendol kaya di Ancol

Yang paling kece yang gue lihat dari Festival ini adalah pemandangan Gunung Fuji yang bersih tanpa kabut yang dapat gue nikmatin selama gue di Festival tersebut. Memang banyak tempa-tempat untuk menikmatin Gunung Fuji, tapi melihat Gunung Fuji dari Festival Shibazakura yang hanya ada setahun sekali merupakan pengalaman yang perlu kalian rasain ketika liburan ke Jepang.

Processed with VSCOcam
Gunung Fuji

Processed with VSCOcam

Untuk menikmatin Festival Shibazakura 3 jam sudah cukup kok (tidak berasa malah), tapi kalau kalian suka banget sama jenis-jenis bunga dan mau fotoin bunganya satu persatu ya tidak akan cukup hahahaha. Sebenarnya jika masih ada waktu, bisa datang ke foot spa yang ada di Festival tersebut. Menikmati kaki di pijit dengan pemandangan Gunung Fuji pasti enak banget kan.

Suhu udara ketika bulan Mei (spring) enak banget sekitar 15-20 derajat. Jadi nyaman banget buat berpergian, cuma mataharinya suka nyenget aja tiba-tiba muka udah item aja hahahah.

DSC01367-01
pemandangan di Kawaguchi station

Setelah menikmatin suasana Festival Shibazakura, gue naik bus shibazakura liner yang pukul jam 16.30 untuk kembali ke Kawaguchi station. Di Kawaguchi station, tidak ketinggalan masih bisa menikmati pemandangan Gunung Fuji sambil menunggu bus untuk kembali ke Shinjuku.

Sampai jumpa di cerita selanjutnya

Processed with VSCOcam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s