Liburan ke Jepang : Pergi ke Berbagai Temple di Kyoto

Hallo everyone! Setelah melewati bulan September yang penuh derita deadline kerjaan di kantor cry, akhirnya gue bisa kembali untuk menulis blog, hore! Dan post-an gue sekarang mengenai liburan di Jepang khususnya daerah Kyoto (jangan bosen ya kalau tentang melulu razz.

Bagi yang belum tau daerah Kyoto itu apa, Kyoto adalah daerah di Jepang yang sangat popular dikalangan wisata mancanegara, dikarenakan Kyoto dikenal sebagai tempat kebudayaan dan seni Jepang.

Jika datang ke Kyoto, kita dengan mudahnya menemukan berbagai Temple yang menjadi pusat wisata bagi para turis dan penduduk Jepang. Bagi gue, temple-temple di Kyoto itu bagus, bersih dan memang punya daya tarik sendiri bagi daripada wisata yang lain. Bagi kalian yang anak instagram banget, Temple-temple di Kyoto sangat instagramable hahaha.

Selama 3 hari di Kyoto, gue mengunjungi beberapa Temple yang menurut gue temple-temple tersebut yang paling terkenal dan bagus. Dan perlu diinget, selama 3hari tersebut gue tidak cuma ke Temple aja ya, gue bukan anak sejarahwan banget hahaha. lebih banyak jalan kaki sama jajan cemilan di Jepang.

Dari 3 hari tersebut, berikut Temple mana saja yang gue datangin :

Saran : Bagi kalian yang mau ke Kyoto, gue sangat sarankan data internet kalian aktif (pakai wifi/simcard) karena di Kyoto itu kebanyakan petunjuk jalan dan bus stop pakai huruf kanji. Jadi, google maps sangat berguna ketika traveling di Kyoto.

Kiyomizu-dera

Cara ke sana : kendaraan umum di Kyoto yang paling banyak digunakan adalah bus dan bus yang gue naikin adalah bus yang lewat halte deket hostel gue. Jadi nomor bus yang gue kasih tau tentu tidak sama dengan kalian yang nginepnya di daerah yang berbeda ya. Gue nginep di J-Hoppers hostel dan bus yang gue gunakan untuk ke Kiyomizu-dera adalah bus no. 202 atau 207 dan turun di Kiyomizu bus stop.

Kiyomizu-dera Temple terletak di daerah Higashiyama ward dan merupakan daerah pegunungan. Selain itu, letak Kiyomizu-dera terletak sangat strategis, yaitu di dekat pusat kota dan deket dengan daerah gion.

Untuk menuju Kiyomizu-dera Temple dari bus stop, gue harus melewati jalan nanjak yang lumayan bikin capek (berlebihan). Inget bukan trekking kaya naik gunung ya hahaha. Seperti tempat wisata pada umumnya, perjalanan menanjak menuju Kiyomizu-dera di isi dengan toko-toko penjual souvenir dan makanan yang sangat menggugah untuk dibeli. Memang sih lumayan harga makanan cemilannya, tapi harus coba ya, dari es krim sampai makanan yang dibakar-bakar seperti daging kepiting, enak!

DSC00934-01
perjalanan ke Temple

Balik lagi ke Kiyomizu-dera, tiket untuk masuk ke Temple ini sebesar 300 yen dan jam bukanya dari 06.00-18.00. Gue datang ke sini sekitar pukul 8 pagi, memang sengaja dateng pagi biar tidak terlalu ramai. Dan karena Templenya ada di daerah pegunungan, tempat ini sangat sejuk banget.

IMG_20170725_130009_550

Temple ini tidak begitu luas, jadi 1 jam di Temple ini cukup kok, kecuali kalian mau potion semua sisi di Temple ini. Temple ini juga punya pemandangan yang enak buat diliat sambil santai-santai. Kalau gue tinggal di Kyoto pasti sering dateng ke sini buat santai-santai doang.

DSC00950-01
salah satu tempat berdoa

DSC00953-01

Katanya (bukan gossip), kalau di musim gugur, setiap malam ada atraksi pencahayaan atau namanya illumination. Gue sih belum pernah liat langsung, hanya dari foto-foto di google hehehe.

DSC00946-01
salah satu Temple disebrang
DSC00965-01
toko makanan yang ada didekat pintu keluar

Ginkaku-ji

Cara ke sana : dari J-Hoppers hostel naik bus nomor 202 turun di halte Higashiyama Bus stop untuk transit, dan naik bus lagi no. 100 kemudian turun di Ginkaku-jimae. Perjalanan ke Ginkaku-ji lumayan lama, sekitar 50 menit hehehe.

Temple Ginkaku-ji memiliki arti Temple berwarna perak. Nanti aka nada Temple yang berwarna emas, sodaraan sama Ginkaku-ji hehehe. Untuk biaya masuk ke Temple ini harus merogoh uang sebesar 500 yen dan Temple ini buka jam 09.00-17.00.

DSC01004-01
perjalanan ke Ginkaku-ji

Ketika masuk Temple ini harus mengikuti alur dari masuk sampai keluar. Pertama-tama akan melihat Temple Ginkaku-ji secara dekat tapi dari sisi samping. Kemudian terdapat gundukan pasir yang terdiri pasir dan batu. Tapi pasir tersebut memiliki motif yang sepertinya mempunyai arti tersendiri bagi orang Jepang (gue sih ga tau makna dari motif itu) lol.

DSC01010-01
tampak samping
DSC01013-01
pasir bermotif
DSC01016-01
gundukan pasir yang ga tau artinya

 

Kemudian akan dibawa naik keatas untuk melihat Temple Ginkaku-ji dari depan dengan background kota Kyoto. Setelah ini, baru melihat Temple Ginkaku-ji secara dekat dan kemudian menuju pintu exit.

DSC01026-01

Jalan kaki dari halte ke Temple banyak toko-toko souvenir dan makanan, tapi yang selalu menggoda iman adalah tukang jualan eskrim, pasti selalu beli.

DSC01028-01

DSC00778-01
ek krim maca yang selalu dibeli dimana pun

Kinkaku-ji

Cara ke sana : dari J-Hoppers hostel naik bus nomor 81 dari halte Oishibashi turun di halte Kyoto Ekimae untuk transit, dan naik bus lagi no. 101 kemudian turun di halte Kinkakujimichi. Perjalanan ke Temple Kinkaku-ji lumayan lama, sekitar 1 jam.

Sebelumnya gue sudah membahas tentang Temple Ginkaku-ji yang berwarna perak, sekarang gue bahas Temple yang berwarna emas, yaitu Kinkaku-ji.

DSC01174-01

Perjalanan ke Temple ini cukup jauh dari pusat kota, karena Kinkaku-ji berada di utara Kyoto. Temple ini salah satu Temple yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, hal tersebut terlihat dari luasnya parkiran kendaraan di Temple ini dan banyaknya bis pariwisata yang datang.

DSC01137-01
peta Kinkaku-ji

Untuk menuju pintu masuk dapat terlihat dari beberapa polisi yang mengatur jalan sambil memberi instruksi arah pintu masuk Temple Kinkaku-ji.

DSC01141-01
the Golden Kinkaku-ji

Temple Kinkaku-ji ini bukan warnanya saja yang emas tapi Temple ini memang terbuat dari emas mas bro. selain itu, lantainya juga emas, meskipun emasnya hanya tipis. Makanya, karena terdiri dari emas, kita tidak bisa masuk ke dalam Temple tersebut, nanti emasnya dipretelin sadย .

DSC01148-01
Mau foto aja susah ๐Ÿ˜ฆ
DSC01158-01
rame banget

Ketika gue dateng ke Temple ini ramainya gila banget sih, sampai poto aja susahnya naujubila deh. Untuk foto dengan Temple ini hanya dapat dilakukan dari jauh, dan itu juga di batesin sama kolam, jadi makin jauh sih hahaha. Tapi karena jauh, jadi lebih bagus.

DSC01159-01

Keliling Temple ini hanya menghabikan waktu 1 jam saja kok, nanti di pintu keluar pasti jajan es krim atau moci. Karena memang ramai banget pada beli itu.

DSC01170-01

Harga tiket masuk ke Temple ini seharga 400 yen dan bukanya dai jam 09.00-17.00

Fushimi Inari Taisha

Cara ke sana : dari J-Hoppers hostel jalan kaki 700 meter ke halte bus Tofukujido. Perlu di ingat, halte bus di Kyoto kebanyakan bukan halte bus yang ada tempat khusus ada atapnya gitu (halte kaya di Jakarta atau Singapore). Haltenya cuma ditandain tanda bus stop aja, jadi harus teliti ya, nanti kelewatan karena ga ngeh hehehe. Dari halte naik bus no. 5. Kemudian turun di halte inaritaishamae, dan jalan kaki deh.

DSC00768-01

DSC00766-01

Perjalanan menuju Fushimi Inari adalah salah satu jalanan paling menggoda uang, kenapa? Selama perjalanan banyak banget jualan makanan/cemilan/es krim dan sebagainya, bikin uang abis. Di sini gue nyobain daging kepiting (kaya yang di steam boat) tapi ini versi lebih gede, harganya 500 yen. Enak!

DSC00776-01

Pertama kali gue ke sini sekitar jam 14.00 di hari pertama, dan ternyataโ€ฆโ€ฆ rame banget, nget,nget! Fushimi inari adalah salah satu temple yang sangat terkenal di Kyoto dan untuk masuk ke sini juga gratis, makanya ramai banget. Akhirnya langsung cabut ke tempat lain dan ke sini laginya pas pagi aja.

DSC00771-01
pintu gerbang utama

Akhirnya gue dateng ke sini jam 06.00ย  dan itu pun juga udah banyak orang yang dateng hahahaha. Disuruh dateng subuh kali ya. Temple ini terkenal karena terdiri dari batang kayu berwarna orange, yang disebut torii, torii ini adalah menjadi gerbang masuk ke Temple Fushimi Inari dan setiap tori memiliki arti yang berbeda-beda.

DSC01094-01

Untuk mencapai puncak Fushimi memerlukan waktu 2-3 jam untuk pulang-pergi, karena Temple-nya berada di atas gunung sekitar 4km.

IMG_20170507_210900_315

Bagi yang ga kuat atau tidak punya waktu (kaya sama gue) tidak perlu naik sampai Temple nya kok, cukup sampai pertengahan perjalanan udah cukup hahaha.

4 Temple yang gue ceritakan di atas merupakan Temple yang menurut gue wajib untuk didatengi ketika liburan ke Kyoto. Memang sih liburan ke Temple suka bikin bosen, tapi apa salahnya kita melakukan hal baru, bukan kah itu yang kita cari selama traveling ini? biggrin

kalau punya pendapat yang berbeda atau punya info Temple yang bagus lainnya bisa ditulis dikolom komen dibawah ini ya?

Advertisements

4 thoughts on “Liburan ke Jepang : Pergi ke Berbagai Temple di Kyoto

  1. Hai mas
    Salam kenal, blog nya bagus & ngebantu bgt buat yg mau jjs ke jepang ๐Ÿ˜ฌ
    Boleh saranin nggak tempat yg kudu, wajib, harus didatengin misalkan hanya 1 hari di kyoto ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ™

    Like

    1. Hi aan,

      Terima kasih udah baca blog saya :).

      Kyoto banyak tempat2 yang mesti didatengin sih, tapi kalau cuma 1 hari. Saya pilih ke fushimi inari, trus jalan-jalan di gion, ke higashiyama dan ke kiyomizu dera. Udah cukup, jalan santai aja di kyoto hehehe.

      Kalau suka pepohonan, ada alternatif ke arashiyama. Perjalanan naik bus sekitar 1 jam.

      Semoga bisa menjawab pertanyaannya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s