Barang yang (tidak) Wajib dibawa ketika traveling

What’s going on everybody? Kadang kalau kita mau traveling suka bingung mau bawa apa aja, sampai-sampai suka bawa semua barang dari yang penting banget sampai ga penting. Pokoknya dibawa dulu aja, dipakai atau tidak lihat nanti pas ditempat tujuan.

Gue suka kaya begitu ketika traveling bawa koper yang rada besar dan memang tujuannya buat main-main aja, ga terlalu sering pindah-pindah tempat penginapan. Tapi kalau gue tidak bawa bagasi a.k.a hanya bermodalan tas dengan ukuran kabin 7 kg, gue harus bener-bener memilih barang yang harus dibawa atau tidak. Dan itu bikin kepala pening banget hahaha, susah bos.

Tapi itulah ilmu yang didapat, jadi kita harus tau mana yang penting dan berguna buat kita, yang tidak berguna ya ditinggal aja. Sama kaya menjalani hidup ini (yaelah), yang ga berguna jangan dibawa terus hahaha lol.

Post-an kali ini gue mau memberitahu barang yang (tidak) wajib yang selalu gue bawa kalau lagi traveling, perlu diingat, ini bukan pesan dari sponsor ya, karena belom punya sponsor hahaha.

  • Jamu Tolak Angin.

Traveling ke luar negri memang paling beresiko adalah jetleg dan cuaca yang suka berbeda dengan Indonesia, sehingga tubuh kita harus menyesuaikannya. Tapi, tidak mau kan lagi traveling badan mudah terkena penyakit, atau tidak enak badan jadinya jadwal treveling jadi berantakan.

DSC02121-01

Untuk mengatasi hal tersebut, gue selalu bawa jamu tolak angin yang sachetan sehingga mudah dibawa. Jamu ini sangat berguna banget selama gue traveling sampai saat ini. Bagi gue, tolak angin ini selalu manjur mengatasi masalah traveling gue

Biasanya gue selalu bawa minimal sebanyak lamanya gue pergi traveling dan tolak angin ini ga memerlukan space yang besar juga.

  • Madu Rasa

Cuaca di luar negri itu pasti sangat berbeda dengan di Jakarta, coba aja ke Singapora, walaupun deket banget tapi cuacanya beda. Kadang cuacanya kering banget dan tidak ada anginnya. Sehingga gue selalu bawa vitamin untuk mencegah kalau sakit. Salah satu vitamin yang selalu gue bawa adalah madu rasa.

DSC02120-01

Madu memiliki bermacam manfaat antara lain : meningkatkan stamina, menambah vitamin C, membuat bibir tidak kering, memperkuat kekebalan tubuh dan sebagainya. Madu memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang sehari-hari.

Makanya, selama traveling selalu bawa Madu rasa sachetan agar badan tetap fit, karena kalo traveling pasti memerlukan stamina yang joss. Kalau sakit-sakitan kan males juga pergi-pergi. apalagi kalau perginya ramai-ramai, malah bikin susah hahaha

  • Saus Sambel

Salah satu barang yang sangat mempengaruhi makan di negri orang hahaha. Selama gue traveling gue tidak terlalu bermasalah dengan makanan di setiap Negara, tapi kadang gue sangat butuh saus sambel dari Indonesia jika menemukan makanan yang menurut gue susah untuk dinikmatin hahaha.

DSC02122-01

Dari beberapa negara yang sudah gue datengin, Korea adalah negara yang menurut gue makanannya tidak terlalu cocok sama lidah. Rasa makananya kaya hambar, manis aja, atau pedes aja, atau asem aja, jadi gue selalu meracik dulu sebelum makan. Memang sih, makananya sehat karena tidak terlalu pakai mecin.

Tapi karena lidah gue tidak terbiasa itu, makanya saus sambel sangat berguna untuk membuat makanan menjadi menarik. Perlu diinget, kalau traveling pakai koper, mungkin saus sambel botolnya bisa ditaro dibagasi. Tapi kalau Cuma bawa cabin, lebih baik bawa saus sambelnya yang sachetan saja.

  • Botol Minum/Tumblr

Mahalnya air putih di luar negri membuat uang di dompet cepet abis kalau kita selalu beli di 711 atau mini market lainnya. Contohnya di Singapore, air butih dengan botol 600ml harganya bisa 2-3 SGD, atau di Sydney harga air putih bisa dibandrol dengan harga 2 – 5 AUD. Makanya membawa botol minum menjadi alat untuk mengurangi budget selama liburan.

Henry Triawan

Terus isi air putihnya? Banyaknya tap water di tempat umum, atau selalu isi penuh air putih di penginapan sebelum memulai jalan-jalan setiap paginya.

Kadang memang air putih sudah abis ketika baru setengah hari dan tidak menemukan tap water, makanya biasanya gue mengakali dengan selalu beli makan dengan yang udah paketan sama minuman hahaha.

Tapi tidak semua negara ada tap water seperti di Bangkok, tapi di Bangkok air putihnya juga mirip-mirip sama di Jakarta kok.

  • Earphone

Salah satu barang yang menemani gue selama solo traveling kemanapun, yaitu Earphone. Iya earphone merupakan barang yang wajib banget gue bawa. Gue tidak pakai earphone pas lagi makan kok, atau lagi pergi ke museum. Gue biasanya pakai earphone ketika menikmati pemandangan alam, sunset atau sunrise.

Coba bayangin, duduk-duduk dipantai dengan pemandangan sunset, angin sepoi-sepoi dan dengerin lagu santai kaya Jason Mraz, wah enak banget deh, kaya tidak ada beban hidup hahaha.

Tapi perlu di inget, kalau lagi berpergian ramai-ramai dengan temen-temen jangan selalu menggunakan earphone ya, tidak baik untuk kesehatan dan pertemenan hahaha.

Bagi gue 5 barang yang (tidak) wajib itu menjadi penting selama gue traveling dan selalu gue bawa kemanapun. Jika kalian punya pendapat yang berbeda atau mau nambahin barang (tidak) wajib lainnya, silahkan loh komen di bawah ini agar bisa sharing informasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s