Cara apply Visa Holiday Australia Sendiri Tanpa Tour Agent

Hallo everybody, jumpa lagi bersama Henrysikiting di sini lol. Pertama-tama mohon maaf ya setelah beberapa bulan belum ada tambahan artikel terbaru di blog ini (berasa bikin pidato) dikarenakan diterpa badai kerjaan yang tidak habis-habis. Dan akhirnya, bisa juga nulis artikel terbaru horeee razz.

Artikel ini gue tulis untuk kalian yang pengen banget liburan akhir tahun ini atau untuk liburan tahun 2018 tapi bosen kalau perginya ke asia terus. Saran gue, cobalah pergi ke Australia, khususnya Melbourne dan Sydney (bagi yang suka kota besar). Kenapa harus ke Australia? Pertama : Australia merupakan Negara terdekat yang penduduknya mayoritas Caucasian (orang kulit putih), kedua : menjadi pengalaman baru pergi ke Negara yang punya culture yang berbeda dan ketiga : tentu saja jaraknya paling dekat daripada pergi ke Eropa hahaha.

Tapi banyak yang bilang bahwa bikin visa untuk ke Australia itu susah dan banyak yang ditolak. Bagi gue itu tidak bener (sotoy hahaha), karena menurut gue bikin visa tinggal kasih dokumen apa yang mereka minta dan bakalan di granted visanya, asalkan ya jangan boong aja hehehe.

Atas hal tersebut, gue mau kasih atau cara apply visa Australia sendiri tanpa pakai tour agent  sebagai berikut :

  1. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN DALAM APPLY VISA HOLIDAY AUSTRALIA
  • Paspor Asli dan fotokopi

Sebenernya Apply visa Australia itu paling mudah bagi yang suka berpergian, kenapa? Karena ketika apply visa, paspor asli tidak diambil oleh mereka, hanya fotokopiannya saja. Kok bisa? Karena Visa Australia tidak seperti Negara lainnya yang harus ditempel di paspor, visa Australia udah elektronik, kita akan dapat scan visanya via email dan itu digunakan untuk jaga-jaga saja kalau ketika tiba di Australia ditanyakan.

  • Formulis Visa

Formulir Visa holiday dapat diunduh pada link berikut disini. Di formulir tersebut banyak bagian yang harus kita isi, makanya perlu kesabaran dan kehati-hatian. Tapi perlu dingat bahwa pada bagian “payment detail” tidak perlu diisi dan jika bingung pada beberapa pertanyaan (dikit aja ya), bisa bertanyakan dan diisi langsung ketika menyerahkan dokumen.

  • Pas Foto

Pas foto yang diminta adalah foto terbaru atau paling lama 3 bulan dengan ukuran 3,5 X 4,5 cm dengan latar belakang putih.

  • Rekening Koran asli dengan Cap bank untuk 3 bulan sebelum Apply Visa

Maksudnya adalah jika kita apply visa di bulan November 2017, maka rekening Koran yang harus diberikan adalah rekening Koran bulan Agustus – Oktober 2017.

Apakah  ada syarat minimal saldo direkening? Secara peraturan tidak ada yang mengatur (anak pajak banget), tapi pakai asumsi dan logika saja, contoh: liburan 7 hari, minimal sehari makan 1 juta, jadi yang ada ditabungan sebelum bulan Agustus udah ada nilai diatas 7 juta rupiah (genepin jadi 10 juta).

Pokoknya tabungan itu sebagai bukti bahwa kita liburan di sana dengan keuangan yang cukup, tidak jadi gelandangan heheh.

  • Surat Rekomendasi dari Kantor

Salah satu alasan kenapa visa ditolak adalah tidak bisa membuktikan bahwa kita akan kembali lagi ke Indonesia dan akan bekerja di Australia. Oleh karena itu, surat dari Kantor kita bekerja sangat membantu.

Biasanya isi suratnya itu adalah menyebutkan gaji kita perbulan, sudah kerja berapa lama dan diinformasikan bahwa kita ke Australia hanya untuk liburan, dan akan kembali bekerja di kantor tersebut. Ini adalah dokumen yang menurut gue penting dalam mengajukan visa.

  • Fotokopi KTP, Akta Lahir dan Kartu Keluarga

Jangan lupa bawa fotokopi dokumen tersebut, tidak perlu dibawa yang asli kok, fotokopian sudah cukup.

  • Tiket Pulang Pergi

Jangan lupa untuk melampirkan dokumen tiket pulang pergi ya. Sebenernya dokumen ini tidak wajib, tapi sangat perlu dilampirkan. Karena merupakan salah satu bukti kalau kita akan kembali ke Indonesia

  • Bookingan Tempat Tinggal

Tidak perlu panic, bukti tempat tinggal tidak perlu yang sudah dibayar. Booking pakai bookingdotcom aja biar dapat bookingan penginapan gratis, jangan lupa pilih cancellation fee dan pay later. Kalau visa sudah di granted, tinggal cancel aja bookingannya heheh.

Setelah dokumen selesai dikumpulin, marilah bersiap-siap untuk apply visa Ausralia (horee) . Tapi perlu diingat, bahwa apply visa baru dapat dilakukan paling cepat 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

  1. CARA APPLY VISA

Untuk apply Visa Australia (khususnya Jakarta) dilakukan di VFS kuningan City. Kenapa tidak di Embbasy Australia? Jadi Embassy Australia mungkin merasa lebih aman jika Embassynya tidak didatengi oleh banyak orang, jadi dia menunjuk pihak ke-3 untuk menjalankan administrasi atas permohonan visa.

VFS
source : google

Perlu diingat, VFS hanya bertugas mengumpulkan dokumen dari para pemohon, kemudian mereka akan memberikan ke pihak Embassy Australia. Jadi, pihak VFS tidak terlibat dalam menentukan si pemohon di granted atau tidak visanya.

Cara mendaftar permohonan Visa Australia ada 2 cara, yaitu :

  • Daftar secara online untuk menentukan tanggal dan waktu untuk submit dokumen di VFS. Untuk cara daftarnya bisa klik di web ini.
  • Untuk daftar appointment online tersebut tidak wajib, jadi kalian bisa langsung datang ke VFS di Kuningan City jam 09.00-16.00.

Harga visa Australia sangat mahal, yaitu sekitar Rp. 1.650.000 dan dapat dibayar secara cash atau menggunakan kartu kredit (kena fee 3%) . Untuk lamanya proses permohonan (penyerahan dokumen dan bayar) sekitar 1-3 jam, tergantung dari banyaknya yang dateng ya hahaha.

Terus, kapan diinterviewnya? kalau apply visa Australia tidak ada inteview kaya orang ngelamar kerja kok, santai aja. Apalagi ini pakai pihak ke-3 (VFS), ga ditanya-tanya. kalau ditanya juga, paling cuma ditanya basa basi dikit pas lagi nyerahin dokumen. Makanya itu, dokumen yang diberikan harus menyakinkan pihak Emabassy.

  1. Menanti Sebuah Jawaban

“Aku tak bisa luluhkan hatimu dan aku tak bisa menyentuh cintamu”

Maap ya netijen, kalau ada kata-kata menanti sebuah jawaban langsung inget lagu Padi hahaha lol. Balik lagi ke artikel ya, setelah dokumen diberikan, pasti petugas VFS  make sure lagi mengenai email yang ditulis di form masih aktif atau tidak. Karena pemberitahuan visa kita granted atau tidak ada diberitahu via email.

Gue udah 2 (dua) kali mengajukan visa Australia, untuk yang pertama kali sekitar 3 tahun lalu, proses nunggu emailnya 10 hari kerja (kurang lebih sekitar dua minggu) dan dapetnya visa holiday untuk single entry  selama3 bulan sad.

Tapi Jangan sedih, ketika gue apply visa Australia yang kedua (tahun ini), prosesnya cuma 4 hari kerja dan langsung dapet email bahwa visa gue digranted! Lebih seneng lagi bahwa gue dapet visa untuk multiple entries selama 3 tahun biggrin.

Untitled
Visa yang dikirim via email

Mudah kan bikin visa Australia? Mumpung masih muda dan ada uang, cobalah liburan ke sana. Gue pertama kali ke Sydney dan merasa kotanya nyaman kok, apalagi Melbourne pasti livable banget (menurut survei dari berbagai artikel). Kalau ada yang mau ditanyain mengenai apply visa Australia, bisa comment dibawah ini atau contact gue aja.

Enjoy your weekend!

Advertisements

15 thoughts on “Cara apply Visa Holiday Australia Sendiri Tanpa Tour Agent

  1. Hi mau tanya dong
    Rekening koran pakai nama pribadi or ortu yaa? Kemarin pas apply saldo terakhir d rekening brpa ya? Thanksss

    Like

    1. hi Meli, untuk apply pribadi, pakai rekening atas nama diri sendiri. kalau belum bekerja biasanya pakai rekening orang tua sebagai sponsor.

      Untuk saldo di rekening tidak diatur, tetapi diasumsikan sehari liburan dibutuhkan 1 juta, jadi kalau liburannya 5 hari, minimal terdapat 5 juta. saya ketika apply untuk 8 hari saldo sekitar 15 jutaan. kalau masih ada yang ditanyakan silahkan

      Like

      1. Ka kalo aku mau bikin visa aussie tapi aku gak kerja gimana? aku ke aussie mau kerumah pacar, semua ditanggung dia, gimana ya kalo lagi gak kerja, tolong kasih solusi

        Sent from my iPhone

        >

        Like

      2. Halo mas juan,

        Salah satu syarat bikin visa adalah bisa membuktikan bahwa mas bisa balik lagi ke Indonesia (terikat dengan indonesia) dan tidak jadi imigrasi gelap. Salah satunya dengan surat dari kantor mas. Kalau mas ga kerja, mas harus bisa nunjukin keuangan mas lebih banyak.

        Kalau mas ga kerja di indonesia dan ke sana dengan alasan mau ketemu pacar dan dibiayain, mas harus bikin surat pernyataan dari pacar mas di aussie bahwa dia akan menanggung semuanya dan identitas dia untuk dilampirkan di surat pembuatan visa.

        Semoga bisa menjawab

        Regards
        Henry

        Like

  2. halo Henry, ikutan nanya ya. kalo rute jalannya dari indonesia – sydney – melb – sydney – indonesia. tiket sydney-melb PP perlu disertakan juga gak ya? atau cukup tiket indonesia – sydney pp aja?
    thank youu

    Like

  3. Hi iggy, menurut saya dari pengalaman, tiket PP indonesia – Sydney sudah cukup untuk dilampirkan ketika apply.

    Like

  4. […] Negara Australia adalah salah satu negara yang baik hati dalam memberikan masa berlaku visa bagi para wisatawan. Pengalaman gue urus visa Australia, pertama kali apply hanya dapat waktu 3 bulan untuk single entry. Tapi ketika apply visa Australia ke-2 kalinya, gue dapet multiple entry selama 3 tahun (sekali dateng maksimal 30hari) . (Bagi kalian yang mau tau bagaimana cara apply visa Australia, dapat dibaca artikel gue sebelumya Cara apply Visa Holiday Australia Sendiri Tanpa Tour Agent) […]

    Like

  5. Hallo, mau tanya.. waktu itu saya pertama kali apply visa australi dikasih yg single entry juga. Sekarang lagi mau apply lagi dan berharap dapet yg multiple entries. Gimana ya supata dapetnya multiple entries? Apa saldo di rekening berpengaruh? Terima kasih

    Like

  6. Hallo, mau tanya.. waktu itu saya pertama kali apply visa australi dikasih yg single entry juga. Sekarang lagi mau apply lagi dan berharap dapet yg multiple entries. Gimana ya supata dapetnya multiple entries? Apa saldo di rekening berpengaruh? Terima kasih

    Like

    1. Hallo Jeanitha, untuk mendapatkan multiple entries kita tidak bisa menentukan, semua ada dipihak embassy. Tapi semua temen saya yg apply visa australia untk kedua kali pada dapet multiple kok.

      Semoga Jeanitha bisa dapet multiple entries juga ya. Amin

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s