Liburan ke Jepang : Tiket Transportasi selama di Osaka, Kyoto dan Tokyo

Hallo everyone! Melanjutkan post-an gue sebelumnya tentang Liburan di Jepang, kali ini gue mau berbagi informasi mengenai tiket transportasi yang gue gunakan selama di Osaka, Kyoto dan Tokyo. Gue inget pertama kali gue mencari tahu tentang transportasi di Jepang itu ribet banget, baru googling udah males. Baru baca dikit udah bilang ribet bener ini transportasi,tapi setelah dibaca dan menggunakannya langsung tidak seribet itu kok. Kalau kata buku sidu jaman SD mah, “you’ll never know till you have tried” (asik cool).

Rerensi yang akan gue berikan merupakan tiket transportasi yang gue gunakan selama di sana dan itu yang menurut gue paling efisien daripada yang tidak gue sebutkan (ya iyalah confused) haha. Tapi kalau ada pendapat lain boleh loh masukannya pada kolom komen dibawah biar nambah-nambah informasi.

Here we go, tiket transportasi di Osaka, Kyoto dan Tokyo :

  1. Japan Rail Pass (JR Pass)

Sebelum gue membahas tiket transportasi di Osaka, Kyoto dan Tokyo, gue akan membahas JR Pass terlebih dahulu meskipun gue tidak menggunakan tiket ini ketika liburan di Jepang. Terus kenapa dibahas? Karena ketika membahas tiket perkota secara tidak langsung menyinggung JR Pass ini hahaha.

JR Pass adalah tiket terusan kereta yang paling murah untuk berkeliling di Jepang. Jadi JR pass adalah tiket yang HANYA dapat digunakan untuk kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways (JR) termasuk shinkansen. JR pass ini hanya dijual untuk paket terusan untuk 7 hari, 14 hari dan 21 hari dengan harga paling murah 3,5 juta untuk yang 7 hari. Perlu diingat, JR pass ini sangat berguna jika kalian liburan di Jepang selama 7 hari yang selalu berpindah kota, contoh : dari Osaka, Kyoto, Kanazawa, Tokyo balik lagi Kyoto dan sebagainya. Karena kalau kalian tidak membeli JR Pass dan selalu berpindah tempat akan rugi, karena sekali naik kereta shinkansen sekitar 1-2 juta sekali jalan.

Berarti JR Pass tidak berguna kalau tidak pergi antar kota? Tidak juga. Di Osaka dan Tokyo terdapat 2 operator kereta, yaitu JR dan non JR. Tapi untuk ruang lingkup line kereta JR pass di dalam kota tersebut tidak banyak seperti non JR (yang akan gue bahas selanjutnya). Jadi JR pass yang udah dibeli masih berguna untuk kereta lokal

cheap-japan-rail-pass
contoh JR Pass (sumber : google)

Oleh kerena itu, jika kalian memang pergi antar kota terus menerus ketika di Jepang, lebih baik beli tiket JR Pass dan kalau di dalam kota pengen naik kereta yang non JR bisa beli satuan atau beli pass non JR.

Beli JR Pass lebih baik di travel agent di Jakarta aja karena lebih murah dari pada beli di Jepang langsung.

  1. Transportasi di Osaka

Untuk memudahkan agar paham tentang tentang transportasi di Osaka lebih baik diliat maps subway di Osaka pada link ini

  • Osaka Visitor Tiket

Di kota Osaka, terdapat line subway untuk ke berbagai tempat (kaya kereta api di Jakarta).  Kereta tersebut di operasikan oleh JR dan non JR. Osaka visitor Tiket adalah tiket subway terusan seharian yang dapat digunakan untuk non JR selama 1 hari dengan harga 550 yen. Perlu diingat ya, validnya 1 hari, bukan 24 jam.  Jadi kalau dipakai jam 6 sore, akan berakhir jam 12 malem. Hampir tempat-tempat wisata yang di kunjungi di Osaka dapat menggunakan kereta jalur non JR.

img6
oen day pass 

Tetapi jika kalian ke tempat yang hanya terdapat subway line JR, kalian bisa membeli tiket subway untuk line tersebut satuan di mesin tiket di stasiun (sekali pakai, bukan tiket JR Pass). Harganya tergantung jarak, biasanya jarak dekat 180 yen untuk sekali jalan.

Selama di sana, gue hanya menggunakan subway line JR ketika mau pergi ke Universal studio. Jadi hanya beli tiket satuan aja pas pergi kesana. Untuk mau tau lebih lanjut tentang Osaka Visitor Tiket bisa klik link ini.

  • Osaka Amazing Pass

Osaka Amazing pass adalah gabungan Osaka visitor tiket dengan tiket terusan untuk masuk ke beberapa wisata secara gratis. Harga Osaka amazing pass sehari 2,500 yen dan untuk 2 hari 3,300 yen. Dengan harga (contoh : yang dua hari) 3,300, gue bisa naik subway non JR unlimited 2 hari dan masuk ke berbagai tempay wisata yang ada pada daftar Osaka amazing pass secara gratis.

DSC00396
Osaka Amazing pass

Contoh beberapa tempat wisata yang masuk ke dalam Osaka Amazing Pass adalah HEP FIVE ferris wheel, Osaka Castle museum, Tempozan giant ferris wheel, Natural hot spring dan banyak lagi.

Jadi ketika kalian mau masuk tempat wisata yang gratis menggunakan Osaka amazing pass tinggal tunjukin aja kartunya. Untuk mau tau lebih dalam tentang Osaka Amazing Pass dan tempat wisata apa aja yang termasuk di dalamnya, klik link ini.

Osaka Visitor Tiket dan Osaka Amazing pass dapat dibeli di Osaka information center yang salah satunya terdapat di terminal kedatangan Bandara Kansai International. Selama gue di Osaka 3 hari, gue menggunakan Osaka Amazing Pass yang 2 hari dan Osaka Visitor Tiket 1 hari.

  1. Transportasi di Kyoto

Kyoto merupakan daerah di Jepang yang masih banyak terdapat kuil-kuil bersejarah, rumah trandisional dan menjadi pusat kebudayaan. Karena bukan merupakan kota besar, transportasi yang menjadi andalannya untuk berkeliling menikmati Kyoto adalah menggunakan bus.

Memang tidak ada subway? Subway ada di Kyoto, tetapi tidak semua tempat (hampir banyak) yang tidak dilalui oleh subway tersebut. Selain itu, stasiun kereta di Kyoto hampir pake bahasa kanji semua dan hanya ada 2 rel kereta api yang digunakan untuk berbagai jurusan keretanya. Jadi menurut gue, naik subway untuk keliling Kyoto bukan jadi pilihan.

Kyoto city bus one day pass

Kyoto city bus one day pass dapat digunakan 1 hari unlimited, bukan 24 jam ya. Kyoto city bus dapat dibeli di Kyoto information center di depan Kyoto Station. Tiket tersebut dapat dibeli dengan harga 500 yen. Tidak mau beli tiketnya, maunya bayar satuan aja? Bisa juga kaya gitu. Tapi perlu diinget naik bus di Kyoto sekali beli tiket satuan harganya 200 yen dan itu bayarnya dengan uang koin di mesin depan driver di setiap bus. Jadi mahal dong kalu beli satuan? IYA PASTI. Jadi ribet dong? RIBET BANGET hahaha 

7519207472_092b2f7cb0
sumber google

Oleh karena itu, beli Kyoto city bus one day pass sangat berguna untuk transportasi di Kyoto. Selama 3 hari di Kyoto gue beli Kyoto city bus one day pass sebanyak 3lembar. Untuk mau tau rute bus di Kyoto dan mau tau lebih banyak tentang tiket tersebut, dapat di klik link nya.

  1. Transportasi di Tokyo

Untuk Transportasi di Tokyo memang lebih ribet daripada Osaka dan Kyoto. Tokyo adalah kota besar di Jepang, jadi banyaknya jenis-jenis kereta dari daerah-daerah di luar pusat kota Tokyo berlalu lalang melewati pusat kota Tokyo. Oleh karena itu, agar punya gambaran tentang transportasi di Tokyo bisa klik link ini

Udah liat mapsnya? riweh kan? pasti! Gue pertama kali liat juga gitu. Kalau diperlajari juga nanti gampang kok hahaha. Lagi pula, kalian bacanya cuma ketempat yang kalian mau datengin aja, ga semuanya dibaca kan hehehe.

Tokyo Subway Ticket

Berbeda dengan tiket di Osaka dan Kyoto, untuk Tokyo subway ticket valid untuk 24 jam, bukan 1 hari ya. Selain itu, Tokyo subway ticket dijual juga untuk yang 48 jam dan 72 jam, tergantung selera. Perlu diinget bahwa Tokyo subway ticket hanya untuk line subway ya, bukan line JR. untuk tau line untuk subwat ticket mana aja silahkan klik link ini..

tokyo-subway-ticket
sumber : google

Untuk beli Tokyo subway ticket hanya di tourist information center yang ada di bandara Haneda/Narita, information center di Shinjuku dan lainnya. Yang boleh beli tiket ini hanya turis, sehingga ketika beli tiket paspor harus dibawa ya.

Sekian dahulu informasi yang dapat gue berikan, kalau mau nanya-nanya silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya.

Advertisements

21 thoughts on “Liburan ke Jepang : Tiket Transportasi selama di Osaka, Kyoto dan Tokyo

  1. Thank sooo much untuk infonya..
    Mantap dan jelas banget. Tadinya sy gelap banget dengan segala macem ticket2 di Japan.. sekarang sdh terang… hehee…

    Salam

    Like

    1. hi Lieke, alhamdulillah kalau artikel ini berguna buat anda. Semoga liburan di Jepangnya menyenangkan ya 🙂

      Like

  2. hai lieke , saya mau tanya dong kalau dari osaka ke kyoto mesti naik bis apa ya ? kira2 berapa tiket nya? tks ya

    Like

    1. hi Jessi, kalau dari Osaka ke Kyoto lebih baik naik keretaa api saja, hanya 560 yen dari osaka station ke kyoto station pakai kereta JR tokaido sanyo line selama 30 menit.

      Like

  3. Keren banget blognya.. lengkap liputannya, informatif dan berguna sekali
    Pingin belajar bs nulis hasil perjalanan serunut ini, minimal buat dokumentasi pribadi. Thx yaa so inspiring

    Btw kami sekeluarga ada rencana ke jepang oktober ini. Ternyata bnyk teman dan jd kepikiran trip bareng dan ada ide utk sewa bis. Lebih baik naik bis atau bareng2 pakai transport umum ya di sana?

    Like

    1. Halo lin,
      Terima kasih atas pujiannya 🙂 hehehe. Saya juga bikin blog biar berbagi informasi.

      Wah enak ya ke jepang bulan oktober, pas lagi autumn bisa liat daun warna warni berguguran.

      Untuk masalah bis, coba cek dulu harganya sewa bis perhari berapa dan pergi kemana saja. Jadi ketahuan mahal atau tidak.
      Selain itu pikirin juga kalau banyak orang tua yg ikut, akankah kalau pakai transportasi umum efisien ga, takutnya mereka kecapean. Karena MRT di jepang itu jalan kakinya panjang banget hahaha, bisa bikin kita kurus dan kaki berotot. Jadi, kalau nantinya naik transportasi umum, santai saja jalannya jgn diburu2.

      Semoga bisa menjawab pertanyaanya

      Like

  4. Waaah makasih banyak ya infonya! Mau tanya, kalo JR Pass itu harus 7 hari dgn tanggal berurutan atau bebas bisa pilih tgl berapapun? Makasihh

    Like

  5. Salam kenal mas.
    Mo nanya, kalo osaka amazing pass nya beli dimana ya? Baca di gugel katanya yg 2 days pass nya terbatas ya rute keretanya? Nggak kayak yg one day pass. Mohon penjelasannya. Thanks

    Like

    1. Hi, osaka amazing pass beli di tourist information center, ada dikansai airport salah satunya. Untuk one day or 2 day pass jalur jekeretanya bukan yg JR . Tapi selama saya liburan ke osaka, tempat2 wisatanya bisa tercover JR, kecuali ke airport dan univeral studio.

      Untuk one day pass ada kok mas 🙂

      Like

  6. aduhh sangat membantu blognya.. benr banget bgung sama JR pass dan transport lain.. Kak mau tny .. sebaiknya rute utk pertama ke jepang itu apa yah? jkt tokyo PP atau JKT-TOKYO-OSAKA-JKT atau JKT-OSAKA -TOKYO-OSAKA? tq

    Liked by 1 person

    1. Hallo,

      Alhamdulillah jika blog saya dapat membantu anda :).

      Untuk pertama kali ke Jepang, dilihat dulu berapa lama liburannya? Karena kalau sebentar dan mau 3 kota itu sangat cape.

      Saran saya sih, kalau mau kesemua kota dan suka belanja. Lebih baik taro tokyo di tempat terakhir. Karena biar ga ribet bawa2 belanjaannya kalau taro tokyo di awal.

      Kalau mau santai, taro osaka di tempat trakir.

      Minimal kalau mau ke semua tempat itu 3 hari disetiap kota ya. Kalo ditokyo mau ke gunung fuji lebih baik ditambaj harinya di tokyo, karena tokyo itu besar.

      Semoga membantu.

      Like

  7. terima kasih balasannya..Sy dan keluarga( kami ber5) rencana 14 hr kak. bw anak2.. dan kak jika sy beli ticket pesawat jkt osaka tokyo jkt.. apakah sy msh tetap memerlukan JR pass?? tq

    Liked by 1 person

    1. Kalau rutenya Osaka -kyoto-tokyo. Tidak perlu pakai JR pass.

      Jadi, dari osaka ke kyoto naik kereta JR bayar satuan harganya 70ribu rupiah (bukan bayar JR pass ya). Nanti dari kyoto ke tokyo naik bus malem saja. Bus nya nyaman kok. Sekitar 6-7jam perjalannya. Harga sekitar 500-800ribu tergantung fasilitas bus nya. (Cek webnya bus willer ya)

      Semoga membantu.

      Like

  8. Hallo, saya mo bertanya kl rencana menginapnya semua hotel d tokyo selama 3 malam, contohnya tokyo-osaka-kyoto-tokyo. Lebih baik saya beli JR pass atau tidak? karena akan selalu balik lagi ke tokyo. TKU

    Like

    1. Hallo belinda.

      Kamu perginya dengan siapa ya? Orang tua apa temen2? Kalau mau murah, naik bus malam, PP seharga 1,5-2 juta ( dan irit biaya penginapan). Perjalanan jam-an.

      Tapi kalau mau nyaman, naik JR saja. Tapi harga mahal, 3,9 juta untuk 7 hari.

      Kalau saya prefer ga pake JR. tapi kalau kamu bawa ortu, pikirin lagi naik bis malamnya

      Like

  9. hi. makasih banyak infonya sangat membantu.. mau tanya, kalo JR Pass kita bisa pakai berkali2 naik shinkansen dari Tokyo ke Kyoto/Osaka kah?
    masih agak bingung mengenai terms u penggunaan JR Pass u sinkansen.
    dan gmn kalo rute saya Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo, possible juga pake JR kah? trims in advance

    Like

    1. Hai fitri,

      Terima kasih sudah membaca artikel saya dan alhamdullilah jika berguna :).

      Untuk penggunaan JR pas itu unlimited kok. Jadi kalau pakai yg 7 hari, bisa digunakan untuk dari tokyo – kyoto – osaka, kemudian balik lagi ke tokyo.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s