Weekend Getaway: Liburan ke Bandung!

Bagi kita karyawan kantoran yang senin-jumat selalu kerja, liburan pada hari sabtu minggu (weekend) memang harus dilakukan untuk me-refresh-kan pikiran dan otak. Tidak perlu sampai keluar pulau Jawa, daerah yang dekat Jakarta sudah cukup kok, agar hari senin-nya pun tidak merasa kecapean (padahal seninnya juga sick leave a.k.a bolos hahaha). Oleh karena itu, kali ini gue mau memberikan referensi untuk kalian yang mau liburan ke Bandung :

Penginapan

Pemilihan Penginapan itu sangat dipengaruhi dengan siapa yang kalian ajak untuk liburan. Kalau kalian bawa orang tua atau keluarga, lebih baik cari aja hotel atau airbnb yang banyak kamar. Jangan sampai karena mau ngirit pilih airbnb yang murah tapi tempat tidurnya kurang. Malah liburan keluarga kalian jadi berantakan.

Karena gue liburan ke Bandung sama temen kantor yang memang mau irit haha. Kami akhirnya menyewa airbnb di kawasan strategis Bandung, yaitu Cihampelas walk (Jarrdin apartment) untuk 2 malam dengan harga Rp 450.000/malam

Menurut gue unit apartement-nya kecil tapi yang punya tau banget memanfaatkan ruangan kecil tersebut. Apartement-nya muat untuk 6 orang (kalau 7 ngepas banget). Di dalam apartement udah ada kompor, microwave, TV, kulkas, air panas untuk mandi dan disediain beberapa mie instan dan kopi hahaha, lengkap untuk yang mau irit. Untuk lebih detailnya silahkan klik link airbnb nya.

Itinerary

Pembuatan itinerary di Bandung harus memiliki kemampuan menganalisa yang bagus (asyik), ga deng. Seperti halnya dengan membuat itinerary ke kota atau Negara lain, pembuatan itinerary harus efisien. Maksudnya, dalam satu hari tempat yang mau dikunjungi harus searah semua atau satu area, jangan sampai buang-buang waktu karena harus bolak-balik, contoh : Pagi ke Lembang, malem ke Dago atas dan besok paginya ke Lembang lagi (situ punya pintu kemana saja? Hahaha). Karena seperti yang kalian tahu, di Bandung kalau weekend sama kaya di Jakarta, macet semua.

Selain itu, saran gue, bikin itinerary di hari sabtu lebih padat daripada hari minggu. Karena hari minggu kita akan balik ke Jakarta, jadi perlu yang santai. Berikut referensinya :

SABTU

  • Warkop Modjok

Warung yang beralamatkan di jalan pinus raya komplek perumahan pondok hijau indah merupakan warung yang bener-bener di pojokan jalan. Warung kopi yang kata anak jaman sekarang bilangnya “instagramable” memiliki tema yang kreatif daripada warung kopi masa kini yang memiliki tema sangat modern (karena tema modern jadi mahal harga makanan & minuman *curhat haha)

DSC00022-01

Dengan memiliki tema yang kreatif, tidak heran jika terdapat beberap spot yang bagus untuk kalian berfoto dan tentu saja bagus untuk kalian post di instagram. Warung Modjok ini tempat makannya di outdoor, jadi waktu paling cocok untuk datang ke sini pagi hari sekitar jam 9 biar sekalian sarapan, karena kalau di atas jam 11 siang sudah panas dengan terik matahari (panas banget coy).

DSC00023-01

Warung Modjok ini memiliki banyak variasi makanan dan minuman untuk kalian pilih, dari yang ringan seperti pisang goreng, roti bakar, tempe mendoan sampai makanan berat seperti : nasi goreng, mie ayam, soto, pecel ayam dan lainnya. Jangan takut sama harga makanan dan minumannya, karena di sini tergolong normal seperti warung-warung pinggir jalan lainnya. Jadi kalau mau nongkrong lama di sini tidak akan menguras kantong.

  • Lereng Anteng Panoramic Coffee

Dari namanya saja sudah ketahuan bawah tempat makan ini berada di lereng bukit. Lereng Anteng Panoramic Coffee yang beralamat di kampung Pagermaneuh, Lembang, Bandung merupakan tempat makan yang merupakan perpaduan antara tempat makan dan spot wisata. Karena tempat makan ini memiliki pemandangan yang indah dan membuat kalian nyaman.

IMG_20170409_094714_278

Sama dengan warung modjok, Lereng Anteng Panoramic Coffee memiliki daftar menu makanan dan minuman yang bervariasi, jadi tidak usah bingung kalau mau mengajak keluarga atau teman kalau mau datang kalau mikirnya Cuma ada kopi dan makanan ringan.

IMG_20170408_092616_279

Saran gue, datang ke tempat ini paling cocok sore hari ( kalau bisa gerimis dikit) karena akan kerasa suasana lagi di atas bukit dan dinginnya. Dan kalau ke sini dengan temen-temen, jangan lupa bawa mainan (kartu atau uno balok atau sejenisnya), kapan lagi bisa nongkrong dengan pemandangan pegunungan di Bandung.

  • Floating Market Lembang

Floating Market Lembang yang berlokasi di jalan grand hotel, Lembang, Bandung, memiliki konsep tempat wisata. Karena tempat wisata ini memiliki luas 7 hektar (luas bener kan) dan harus membayar tiket masuk 10 ribu rupiah (termasuk dapat 1 minuman yang telah ditentukan). Floating market lembang menawarkan keindahan pemandangan alam, danau dan penjual makanannya pun berada diatas kapal di danau tersebut.

BXlTRXLArLV

Floating market lembang ini adalah salah satu tempat yang cocok untuk mengajak keluarga berliburan. Tapi perlu di ingat, karena tempat ini merupakan tempat wisata, jangan kaget banyak bis-bis yang datang dan tempat ini sangat ramai oleh pengunjung.

DSC00111-01

DSC00101-01

  • Gracia Hot Spring Water

Setelah seharian makan berkali-kali dan lelah di dalam mobil, paling cocok malam hari berendam air panas di Gracia Hot Spring water. Tempat berendam air panas ini terletak di Lembang dan merupakan satu kesatuan dengan hotel gracia. Jadi kalau kalian tidak menginap di hotelnya, tetap bisa bayar tiket masuk untuk berendam di sini.

Tiket masuknya sekitar 70-80 ribu rupiah (lupa harga pastinya hahaha) dan kalau malam minggu ke sini ada live music nya. Jadi ketika santai berendam dan iringi sama music, langsung relax coy. Untuk tau lebih lanjut cek web tripadvisor klik

MINGGU

  • Roti Gempol

Roti gempol yang berada di jalan gempol wetan (Bandung), merupakan salah satu tempat favorite gue di Bandung (siapa yang nanya? lol). Tempat roti gempol ini cuma kaya teras di depan rumah, jadi tidak bisa untuk banyak orang.

DSC00192-01

Roti gempol menjual roti bakar yang merupakan roti tawar buatannya sendiri.  Untuk pilihan isi roti bakarnya banyak pilihannya, dari yang coklat sampay isi telur dan daging. Kalau kalian adalah anak sehat, jangan sedih, di sini juga dijual roti gandumnya kok. Roti bakarnya enak banget (seriusan), kalian harus coba deh, worth to try banget.

DSC00184-01

Selain itu, roti gempol juga jualan mie ayam (dan yamin) yang enak juga dan kalian harus coba. Kami ke sini pada pagi hari agar sekalian untuk makan pagi. Perlu diingat, letak roti gempol di komplek yang kecil, jadi rada susah untuk cari tempat parkiran bagi kalian yang bawa mobil.

  • Kartika Sari

Tidak perlu dijelaskan secara rinci lagi, setiap orang yang datang ke Bandung dan mau pulang ke Jakarta pasti tidak akan lupa untuk mampir ke sini buat beli oleh-oleh. Molen kecil isi keju dan coklat sudah menjadi andalan untuk dibawa pulang ke rumah

  • Takigawa Meat Bar in the Sky

Sebelum pulang ke Jakarta, kami mencari tempat makan yang memiliki pemandangan yang bagus. Jadi dipilihlah Takigawa Meat Bar ini. Tempat makan sushi ini berada di kawasan tinggi dago pakar, sehingga memiliki pemandangan yang sejuk dan bagus untuk berfoto.

DSC_7074-01

Akan tetapi, memiliki tempat yang bagus tidak menjamin makananya juga enak (emot), bagi gue kelemahan tempat makan ini adalah harga makanan yang terlalu mahal dengan rasa yang biasa banget. Jadi ga heran kalau yang sudah pernah datang kesini akan berfikir dua kali untuk datang kembali hehehe.

Semoga referensi dari gue bisa menambah masukan untuk kalian yang mau weekend gateway di Bandung, happy weekend!

One of the best things you can share with other is your own happiness

IMG_20170401_150544_229

Advertisements

4 thoughts on “Weekend Getaway: Liburan ke Bandung!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s