Jalan – Jalan ke LONDON untuk Pertama Kali : Chelsea “Stamford Bridge” Stadium Tour

Hello everyone!

Pada blog kali ini, gue mau cerita tentang satu hal yang harus lu lakuin ketika pergi ke Inggris, yaitu stadium tour. Kenapa harus ikut stadium tour? Karena Inggris ini terkenal akan sepak bolanya yaitu premier league, sehingga jangan sampai kelewatan ikut stadium tour para klub ketika liburan di London. Pada kesempatan kali ini, gue akan menceritakan pengalaman stadium tour of my favorite team in the Premier league, CHELSEA FC!

Gue udah jadi fans-nya Chelsea (fans baru) dari duduk di SMA. Jadi fans-nya sejak dieranya Roman Abramovich dan Mourinho, era pas mulai kejayaannya hahaha. Jadi ga terlalu kenal dengan muka-muka sebelumnya. Dan untuk pemain yang gue puja-puja, tidak lain seperti para fans yang lain, adalah Frank James Lampard, yang udah pensiun dari Chelsea . Pas mau berangkat ada perasaan ngarep bisa ketemu Om Lampard di London. Namanya ngarep, ya ga kesampaian deh sampai pulang dari London .

Untuk menuju ke Stamford Bridge stadium (stadium nya Chelsea FC) sangat mudah, naik underground “District Line” kemudian turun di Fulham Broadway station (sekitar 20 menit dari pusat kota). Dari Fulham station terdapat petunjuk arah ke Stamford Bridge jalan kaki sekitar 7 menit. Dan tibalah di Chelsea “Stamford Bridge” Stadium (tepok tangan). 

_DSC2811 broas
Fulham Broadway station
_DSC2814-01
welcome to Stamford Bridge

Untuk jadwal stadium tour setiap hari dari jam 10 pagi – 3 sore dan tiketnya seharga 19 pounds. Untuk tau lebih detail, silahkan kunjungi web resmi.Karena gue pakai London Pass, jadi stadium tour ini udah tercover, ga perlu bayar lagi. Untuk mau tau London Pass baca di blog gue sebelumnya.

Gue datang sekitar jam 11 kurang 10 untuk dapat mengikuti tour yang jam 11 pagi, kenapa pilih pagi? Karena siangnya gue akan lanjut untuk mengikuti Arsenal “Emirate” Stadium tour hehehe. Gue daftar di loket yang telah disediakan, setelah itu gue mendapatkan ID peserta stadium tour dan kemudian dikumpulin dengan peserta lainnya di lobby.

_DSC3005-01
ID untuk peserta stadium tour
_DSC2827-01
tempat berkumpul para peserta

Acara stadium tour ini dimulai jam 11 tepat dan kita diberi 1 orang tour guide untuk menjelaskan semua hal. Tempat pertama yang didatengin ketika tour ini adalah conference room. Tempat ini biasanya digunakan untuk memperkenalkan pemain baru, konferensi pers dan sebagainya (nama juga conference room hahahah).

_DSC2848-01
conference room

Bagi gue, kendala utama bagi solo traveling untuk ikut stadium tour adalah tidak ada temen untuk fotoin . Disinilah mata elang digunakan hahaha. Gue harus jeli melihat para peserta yang datang sendiri juga untuk dapat melakukan mutual agreement hahaha a.k.a saling membantu dalam hal mengambil foto.

Namanya juga udah rejeki, ada satu orang solo traveling dari Australia dalam tour ini, jadilah kita saling bantu membantu untuk urusan berfoto hahaha. Setelah conference room, kita dibawa ke changing room untuk team away. Di sini dipajang jersey team lawan yang merupakan pemain hebat, contohnya ada jersey Thierry Henry, David Beckham, Ronaldo, Messi dan lainnya.

Tour guide menjelaskan, sejak di pegang oleh Mourinho tahun 2004, dia merubah changing room menjadi lebih kecil dan toiletnya dibuat untuk 1 orang saja. Kenapa begitu? Karena hal tersebut dapat mempengaruhi sisi psikologis para pemain lawan (pinter juga tuh orang hahaha) ketika bertanding ke markas Chelsea.

_DSC2864-01

_DSC2855

_DSC2862

Setelah itu, kita dibawa ke changing room para pemain Chelsea. Untuk di changing room pemain Chelsea setiap lokernya ada muka para pemainnya, jadi kita tau dimana setiap loker para team utama Chelsea. Disini kita dikasih waktu rada lama untuk mengambil foto. Ruangannya lumayan luas dan bagus, berharap banget pas lagi di sini tiba-tiba ada pemain Chelsea yang dateng.

_DSC2884-01

_DSC2868-01

_DSC2873-01
Locker John Terry, biasanya sampingan sama Lampard

Tibalah saatnya, masuk ke pinggir lapangan Chelsea. Di antara jalan dari changing room ke lapangan, dinyalakan lagu kebangsaan Chelsea yang terus menggema, biar kita dapet feel-nya. Di sini pemandu menjelaskan sejarah team Chelsea dari jaman pertama kali sampai dibawa ke era Roman Abramovich.

Lapangan di Eropa emang paling enak, ga ada jarak dari bangku penonton yang dibawah dengan lapangan (ga kaya stadium di Asia), jadi deket bener. Gue aja bisa liat dengan jelas orang yang lagi rapihin rumput di sebrang. Anyway… Stamford Bridge juga bukan stadium besar kaya Old Trafford nya milik MU atau Emirates stadium milik Arsenal sih, jadi ga begitu besar.

_DSC2901-02-01
Welcome to Stamford Bridge
IMG_20160620_094755
come to Stamford Bridge is checked.
IMG_20160618_120054
Inilah temen mutual agreement dari Sydney yang buat gantian foto-fotoin

Selain dipinggir lapangan, kita juga diajak keliling dari semua sisi sampai ke tribun untuk merasakan feel Stamford Bridge stadium ini.

_DSC2834-01

Setelah itu, langsung  ke bagian terakhir, yaitu merchandise shop buat buang-buang uang hahaha. Jika kalian ga tahan-tahan dompet, bagi fansnya Chelsea pasti bakal banyak yang dibeli, entah itu barang yang penting sampai ga penting. Gue aja sampai beli bendera Chelsea hahaha. Untuk harga jersey ya pasti lebih mahal dari pada di Indonesia, jadi lebih baik beli yang ga dijual di Indonesia.

_DSC2917-01

_DSC2915-01

Setelah ikut stadium tour, gue dikasih sertifikat bahwa gue telah mengikuti Chelsea FC stadium tour (ini penting banget! Hahahah). Setelah tour selesai apakah langsung pulang? Tentu tidak, gue harus muterin stadium dari sisi luar, banyak banget spot-spot foto raksasa para pemain Chelsea yang dipajang. Untung bawa tripod, jadi ga masalah karena temen baru yang tadi ditemuin sudah langsung pulang, mutual agreementnya udah selesai hahaha.

_DSC2984-01

Karena gue kesana setelah musim Chelsea double winner sama Mourinho tahun 2014-2015, jadi paling banyak gambar-gambar gede kemenangan tersebut. Gue saranin, kalian pergi ke Chelsea pas lagi musim pertandingan jadi hari biasa bisa stadium tour, weekendnya bisa nonton Chelsea bertanding, pasti suasananya dapet banget. Karena gue kesana pas summer dan piala Eropa (bukan musim pertandingan), jadi belum sempet nonton Chelsea main secara langsung. Semoga ada rejeki lagi (amin).

_DSC2847-01

_DSC2844-01

Bagi kalian yang fans Chelsea, gue saranin untuk dateng ke Stamford Bridge secepatnya, karena apa? Karena kemungkinan besar tahun 2018 Stamford Bridge akan direnovasi untuk dibuat lebih megah dan itu membutuhkan waktu beberapa tahun sampai selesai. Apalagi tahun ini kemungkinan Chelsea dapet double winner lagi (amin), so it’s very worth to visit. 

“We’ll Keep the blues flag flying high”

_DSC2920-01

Advertisements

5 thoughts on “Jalan – Jalan ke LONDON untuk Pertama Kali : Chelsea “Stamford Bridge” Stadium Tour

    1. hi Wulan, terima kasih sudah membaca blog saya. Semoga Wulan bisa ke Emirates Stadium.

      informasi tambahan, saya juga pergi ke Emirate Stadium juga, dan itu besar banget stadiumnya sampe masuk ke ruang ganti dan ruang manager Wenger.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s