Cara Mengurus sendiri Visa Liburan Jepang tanpa Travel Agent

Hello everybody!! Pada post-an blog gue kali ini, gue akan membahas cara mengurus sendiri visa liburan ke Jepang tanpa menggunakan travel agent hahaha . Kenapa membahas cara bikin visa Jepang? Karena beberapa tahun terakhir banyak banget promo tiket dari berbagai maskapai untuk pergi ke Jepang, baik itu promo dalam pameran seperti Garuda fair, Singapore fair dan banyak lagi, ataupun promo secara online.

Selain masalah tiket, banyak dari kita mikirin juga mengenai visa Jepang. Karena kalau pergi ke Jepang harus menggunakan visa, tidak seperti pergi ke Asia Tenggara yang tidak perlu menggunakan visa kunjungan.

Untuk masalah visa Jepang, tidak perlu khawatir. Karena mengurus sendiri visa Jepang sangat mudah dan cepat kok, tidak bertele-tele asalkan dokumen yang diminta sudah terpenuhi. Jadi bagi kalian yang merasa takut untuk mengurus visa dan langsung menunjuk travel agent untuk mengerjakan, lebih baik dipikirkan ulang. Karena lumayan fee yang harus dikeluarkan untuk bayar ke travel agent, mendingan uangnya buat nambah uang saku di Jepang hehehe.

Berdasarkan pengalaman dan informasi dari website resmi kedutaan Jepang, gue akan menjelaskan langkah-langkah mengurus sendiri visa untuk liburan ke Jepang, sebagai berikut :

A. Dokumen Yang Dibutuhkan

  1. Paspor milik sendiri

    Paspor yang diberikan adalah paspor milik sendiri ya, jangan milik orang lain hahaha. Untuk masa berlaku paspor perlu diingat bahwa lebih baik jangan sampai kurang dari 6 bulan sebelum expired. Kalau udah masa 6 bulan sebelum expired lebih baik buat paspor baru aja, untuk menjaga-jaga agar visanya ga ditolak.

  2. Formulir Visa
    Kedutaan Jepang memiliki formulir visa yang harus diisi oleh para pemohon visa. Untuk mendapatkan formulir tersebut, kalian bisa mendownload dokumen tersebut di link ini.
  3. Pas foto terbaru 1 lembar 

    Seperti permohonan visa negara lain, pas foto selalu diminta ketika ingin mengapply visa. Untuk visa Jepang sendiri, pas foto harus berukuran 4.5×4.5 dengan latar belakang putih dengan hasil foto yang jelas dan tidak buram. Pas foto tersebut harus ditempel pada formulir visa pada nomer 2.

  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Fotokopi kartu mahasiswa dan/atau surat keterangan pelajar (hanya bila masih Mahasiswa)

    Bagi kalian yang masih jadi mahasiswa, harus melampirkan dokumen tersebut. Untuk apa kegunaannya? Karena dokumen tersebut akan memperkuat kalian bahwa kalian hanya liburan ke Jepang dan akan kembali lagi ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

  6. Bukti pemesanan tiket pergi dan pulang ke dan dari Jepang

    Bukti pemesanan tiket yang sudah atau belum issued harus wajib dilampirkan, karena itu membuktikan bahwa kalian hanya liburan ke Jepang dan mempunyai tiket pulang untuk kembali ke Indonesia. Karena Jepang sangat concern bagi wisatawan yang ingin menjadi warga ilegal di sana.

  7. Jadwal Perjalanan

    Kedutaan Jepang mempunya formulir perjalanan yang harus diisi oleh para pemohon visa. Formulir tersebut berisikan tempat mana saja yang mau dikunjungi dan tempat penginapan pemohon. Formulis tersebut dapat didownload di sinivish_itnr-1

    Dalam formulir tersebut harus dilampirkan bookingan hotel atau hostel sesuai dengan apa yang ditulis oleh pemohon dalam formulir tersebut. Bagi yang belum fix atas itinerarynya, lebih baik booking aja boongan di booking(dot)com, pilih yang no cancellation fee dan yang ga perlu nomer kartu kredit. Jadi kalau visa udah dapet, tinggal cancel aja kemudian booking hostel atau hotel yang bener-bener kalian mau.

  8. Fotokopi akte lahir dan kartu keluarga
  9. Bukti Keuangan 3 bulan terakhir

    Untuk dokumen keuangan, diperlukan rekening koran atau buku tabungan aktif selama 3 bulan terakhir. Dokumen ini diperlukan karena sebagai bukti kita punya biaya untuk melakukan liburan di Jepang. Dan tidak akan keabisan uang ketika liburan dan menjadi gelandangan disana. 

    Untuk nominal uang sendiri, kira-kira perhari 1.5 juta rupiah. Jadi kalau kalian liburan 10 hari maka lebih baik uang yang ada di tabungan sekitar 15 juta rupiah. Bagi kalian yang melampirkan bukti keuangan dari orang tua, maka harus melampirkan kartu keluarga yang membuktikan mereka adalah orang tua kalian.

  10. Dokumen lainnya

    Untuk poin ini tidak tertera dalam dokumen yang diperlukan oleh Kedutaan Jepang, tapi gue selalu melampirkan dokumen ini kalau mau apply visa kemana pun. Dokumen tersebut adalah surat dari kantor gue yang menerangkan bahwa gue karyawan dari PT. A yang mendapatkan gaji xxx, formulir cuti dan kartu nama gue kalau gue bekerja di kantor PT. A.

    Dokumen tersebut akan menguatkan gue kalau gue hanya mau liburan dan tidak akan mencari kerja atau menetap disana (padahal mau si menetap disana hahaha).

Setelah dokumen diatas tersebut terpenuhi, maka sesuai dengan ketentuan dan tata cara terkait dokumen-dokumen aplikasi visa harus dilakukan :

  1. Dokumen harus disusun sesuai urutan No. 2 – 10 sebelum diserahkan ke loket.
  2. Dokumen persyaratan visa tidak boleh distaples, harus selalu menggunakan klip kertas.
  3. Print dokumen harus selalu menggunakan kertas A4.
  4. Tempel foto pada formulir harus menggunakan lem, agar tidak lepas.

Setelah dokumen sudah lengkap, saatnya untuk pengajuan visa ke Kedutaan Jepang.

B. Proses Pengajuan Visa di Kedutaan Jepang

  • Untuk apply visa Jepang harus dilakukan di Kedutaan Jepang, dalam kasus ini, Kedutaan Jepang berada di Jakarta, berikut alamatnya :Jalan MH Thamrin No.24, Menteng, RT.9/RW.5, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350

untitled

  • Atau lebih gampangnya, Kedutaan Jepang berada di samping Plaza Indonesia. Jadi yang bawa kendaraan lebih baik parkir di Plaza Indonesia dan jalan kaki aja. Kalau yang naik kedaraan umum seperti kopaja (640 atau 19), taksi turun langsung di depan gedung edutaan dan kalau yang naik busway turun di halte Sarinah.
  • Jam buka untuk pengajuan visa Jepang adalah jam 08.30 sampai 12.00 (jam buka untuk ambil nomer antrian ya).
  • Ketika sudah tiba di kedutaan, kalian akan melalui pos satpam, di sini kalian disuruh untuk menukarkan ID (KTP).
  • Kemudian kalian pergi menuju lobby penyerahan berkas, untuk mengambil nomer antrian, bagi yang paspor biasa (bukan e-paspor) pilih mesin sebelah kiri yang A.

    img_20170221_113007
    nomor antrian pengajuan dokumen
  • Ketika gue ambil nomer antrian sekitar jam 11.10, tertulis gue harus nunggu 30 orang. Dan ketika nomer gue dipanggil dan menyerahkan dokumen sampai selesai, kira-kira menghabikan waktu 1 jam.
  • Ketika menyerahkan berkas, ga ditanya sama sekali oleh petugas. Petugas cuma mengecek dokumen kita dan memberikan bukti untuk pengambilan visa 3 hari kemudian.

    img_20170227_144606
    bukti penyerahan dokumen
  • Jadi yang kerjanya di daerah deket Kedutaan, tidak usah ambil cuti, datang aja sekitar jam 11.30-12.00 ke Kedutaan, paling selesainya jam 13.00. Karena cuti itu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya hehehe.

C. Pengambilan Visa Jepang di Kedutaan

  • Jam buka untuk pengambilan visa Pkl 13.30 – 15.00, itu merupakan waktu untuk mengambil nomer ya.
  • Kapan kita ambil visanya? Ketika menyerahkan dokumen, nanti petugasnya akan memberi tahu pada hari apa visa kita dapat diambil.
  • Rata-rata visa bisa diambil 3-4 hari kerja setelah proses penyerahan dokumen, asalkan dokumennya lengkap.
  • Untuk pengambilan visa, bisa diwakilkan siapa aja, asalkan membawa bukti yang diberikan petugas ketika kita memberikan dokumen dan uang biaya visa.
  • Lebih baik bawa uang pas untuk membayar visa Jepang. Untuk visa single entry harganya Rp 330.000.
  • Gue ambil visa telat sehari dari yang dijadwalkan karena ada berbagai hal hahaha, untuk pengambilan visa nunggunya lebih lama. Gue datang jam 14.30 dan baru selesai sekitar jam 16.00.
  • Dan akhirnya, visa ke Jepang di APPROVE!! 1488591551807

Terbukti kan mengurus sendiri visa Jepang itu sangat mudah. Intinya semua dokumen yang diperlukan harus lengkap ketika pengajuan, sehingga tidak perlu bolak-balik menyerahkan dokumen tambahan. Dan selama ini, gue ga pernah mendengar ada yang apply visa ditolak, kemungkinan 99% pasti diterima.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin ke Jepang dan kalau ingin bertanya-tanya mengenai dokumen dan prosesnya, bisa langsung ditanyakan melalui fitur comment dibawah ini. Arigatō gozaimasu.

dscn5616-01

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s