Kegiatan yang harus dilakukan ketika Liburan di Sydney (Part 1)

Hello everyone! Pada post-an gue kali ini,  gue mau menceritakan pengalaman ketika liburan di Sydney. Pada suatu tahun, gue memutuskan meng-arrange liburan ke Sydney. Kenapa harus ke Sydney? Pertama gue pengen banget liburan ke kota selain Asia karena bosen aja liat muka asia mulu hahaha . Kedua mau ngerasain namanya liburan di kota yang mayoritas Caucasian kaya di film-film dan yang ketiga, mau tau kehidupan di beda benua kaya gimana, apakah seperti yang di gambarkan di film-film atau tidak. Karena hal-hal tersebut dan melihat keadaan budget, maka hasilnya Sydney gue tetapkan sebagai kota yang pengen gue datengin di tahun tersebut.

Gue liburan di Sydney pada petengahan bulan September selama 10 hari. Cuacanya pas lagi spring, cuaca yang bagus untuk liburan disini. Selama liburan, banyak kegiatan yang udah gue lakukan, mulai dari yang sesuai itinerary sampai pengalaman baru yang dikasih tau orang sana. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman gue tersebut, berikut kegiatan yang harus dilakukan ketika liburan di Sydney:

8. Bersantai sambil cuci mata di Bondi Beach

Bondi beach merupakan salah satu pantai yang terkenal di Sydney. Untuk menuju ke Bondi beach caranya gampang, naik kereta dari Central station ke Bondi Junction, kemudian naik bus no. 380, turun di Bondi beach.  Bondi beach merupakan pantai yang ga begitu besar, kalian bisa surfing dan main-main air di sini. Waktu yang tepat untuk ke Bondi Beach yaitu di pagi hari ketika weekend and sore hari setiap harinya tapi bukan pas lagi winter ya hahaha.

Tapi bagi gue, Bondi beach tempat yang enak untuk bersantai sore sambil cuci mata. Jadi gue hanya duduk-duduk di pinggiran pantai sambil bawa buku sambil liat bule-bule cantik berlalu lalang. Gue ga tau kenapa, mungkin shock culture kali ya hahaha , ini muka-muka cewek di sini cantik-cantik kebanyakan. Mau ngeliat di pantai, di jalanan, di kafé-kafé, mungkin kalau ke Indonesia cepet jadi model hahaha.

duduk duduk santai
suasana ketika pagi hari

Ketika santai sore di Bondi beach jangan lupa sambil nyemil fish and chip yang terkenal disana (untuk masalah makanan akan gue bahas di blog terpisah ya, ) cocok banget deh. Enaknya hidup di luar negeri, semua tempat itu rapih dan bersih, jadi ga masalah mau duduk dimana pun.

Bondi beach juga merupakan tempat tujuan untuk bersantai abis pulang kerja bagi orang Sydney. Jangan heran kalau melihat banyak orang-orang berbaju kerja lagi duduk-duduk di deket pantai sambil hangout dengan teman-temannya.

tempat santai dengan pemandangan bagus

7. Pergi ke Sydney Tower

Sydney Tower memiliki tinggi 309 meter dan menjadi bangunan tertinggi di Sydney sampai saat ini. Untuk naik ke Sydney Tower, harus bayar sekitar AUD 20-30, bisa beli online atau on the spot. Yang di tawarkan Sydney Tower sama seperti tower lainnya seperti di Seoul, Tokyo dan Jakarta sendiri. Kalian bisa melihat sekeliling kota Sydney dari menara ini. Tapi yang menarik dari pemandangan ini, kita disuguhkan sisi keindahan pelabuhan dari kota Sydney.

kondisi di dalam Tower

Bagi gue yang pertama kali ke Sydney, pergi ke Sydney Tower sangat bermanfaat sekali. Jadi gue bisa tau posisi kota Sydney, jadi punya banyangan mau ke daerah A arahnya ke sana, daerah B arahnya ke sana. Tapi yang paling penting dapet pemandangan yang bagus lah dari sini hehehe.

pemandangan sisi pelabuhan Sydney

Bagi yang cepet bosan sama wisata tower, lebih baik jangan naik. Karena nantinya bakal ngedumel karena cuma gini doang nih. Untuk menuju Sydney Tower sangat gampang, tinggal naik kereta ke Town Hall station dan jalan kaki dari situ, petunjuknya jelas kok, jadi jangan takut nyasar ya.

Hyde Park dari Sydney Tower

6. Santai dan istirahat di Taman

Ketika pertama kali ke Sydney, gue lumayan kaget sik, ya gimana ya, kota sebagus ini punya taman banyak banget coy!! Tamannya rapih dan bersih. Setiap gue jalan kaki atau naik bus, ketemu taman melulu. Gue yakin sik di setiap RW punya taman sendiri hahaha.

Sydney punya beberapa taman mulai dari yang kecil sampai yang luas, dan ada 3 taman yang jadi favorite gue, yaitu:

1. Taman yang gue ga tau namanya yang berada di Hickson road

Sebenernya gue ga tau nama taman ini, sampai gue googling pun gue ga nemu-nemu hahaha. Gue ketemu taman ini pas lagi jalan kaki sekitar Circular Quay. Dan ternyata tempatnya nyaman banget! Pada faktanya taman ini tidak luas kaya Botanical Gardens ataupun Hyde Park. Tapi ya, ini taman PEWE banget coy buat santai-santai. Gue sampai 3x kesini, buat baca buku, tidur atau makan sore disini (ceritanya piknik gitu).

my favorite place

Kenapa pewe? Karena taman ini sepi, ga rame kaya kebanyakan taman di pusat kota Sydney. Dan yang penting, pemandangannya bagus banget coy. Makanya gue bisa menghabiskan banyak waktu di sini. Bagi gue, taman ini recommended banget ketika liburan di Sydney. Untuk menuju taman ini, tinggal jalan kaki dari Circular Quay, deket kok.

pemandangannya bagus
  2. Botanical Garden

Botanical Garden adalah taman yang paling dibanggakan di Sydney. Karena apa? Taman ini luas banget! Saking luasnya gue bisa ngabisin berapa jam buat muter-muter di taman ini. Taman ini tempatnya sangat strategis, yaitu di samping Sydney Opera di pusat kota. Jadi kalau ke Opera, pasti otomatis langsung ke sini buat istirahat.

Saking luasnyanya taman ini, di beberapa spot taman digunakan sebagai tempat bermain bola bagi para warga Sydney (ya bukan maen bola kaya yang lapangan gede, tapi main bola buat seneng-seneng aja).

Yang paling gue kagumi dari warganya, mereka sangat tertib dan bersih banget, banyak yang piknik tapi sampahnya pada buang ditempat sampah semua. Dan yang paling “asik buat mata”, banyak yang suka berjemur ditaman, ya lumayan lah buat cuci mata.

Botanical Garden

3. Hyde Park

Hyde Park adalah taman yang tertua di Australia, bukan cuma di Sydney ya (info ini gue baca di buku travel guide yang gratis hahah). Hyde Park ini berlokasi di tengah kota, di tengah jalanan kota Sydney. Kece ya, di pusat kota yang super sibuk, ada taman yang lumayan luas. Jadi untuk menemukan taman ini gampang banget.

Taman tengah kota

Gue merasa nama Hyde Park ini kaya semacem franchise taman gitu hahaha, soalnya nama taman ini juga ada di New York dan di London. Belum baca sih sejarahnya, berhubungan atau ga hahaha.

Karena berada di pusat kota, ga aneh kalau di jam istirahat banyak pegawai kantoran yang makan siang di taman ini. Sungguh enak banget ya. Pas gue ke sini lagi musim spring, jadi cuacanya enak banget buat main di taman.

Air mancur Archibald

Karena taman ini lumayan luas, taman ini terkenal dengan dua bagian, utara dan selatan. Di bagian utara ada satu air mancur yang menjadi icon taman ini yaitu air mancur Archibald dan untuk bagian selatan Anzac Memorial Building. Taman ini karena udah lama dan terkenal, suka dijadikan tempat berbacam macam festival, baik music, wine day maupun Australia day.

Anzac Memorial Building

5. Melihat Sydney Opera House and Harbour Bridge

Ini adalah hal yang harus banget dilakukan ketika liburan ke Sydney, yaitu lihat langsung ikon Sydney yang terkenal sampai penjuru dunia, yaitu Sydney Opera House dan Harbour Bridge. 2 ikon Sydney ini letaknya saling bersebrangan, sangat dekat, jadi sangat mudah untuk mengunjungi dan memotret ikon tersebut.

psx_20170215_222539-1
mandatory spot

Sydney Opera House yang bentuknya seperti cangkang ubin putih ini merupakan tempat paling terkenal untuk pertunjukan seni, seperti Opera Theater, Drama Theater dan banyak lagi. Pada saat malam atau acara tertentu, cangkang ubin putih milik Opera House ini akan berubah motif di malam hari. Karena tempatnya di pusat kota yaitu di Circular Quay, gue bisa ke sini sampe 3-4 kali selama liburan di sini hahaha.

img-20160606-wa0001-01
Opera House malam hari

Sydney Harbour Bridge merupakan jembatan besi penghubung daerah pusat kota Sydney dengan wilayah Sydney bagian utara. Jembatan yang menjadi ikon Sydney memiliki berbagai jalur, untuk kereta, kendaraan bus, mobil dan motor, beserta untuk sepeda dan pejalan kaki. Berfoto dengan latar belakang Sydney Opera House dan Harbour Bridge adalah hal wajib yang harus dilakukan .

Karena merupakan sebuah icon terkenal di Sydney, tidak heran jika perayaan tahun baru yang megah selalu diselenggarakan di sini. Dan acara pergantian tahun tersebut menjadi salah satu acara yang di incar oleh para turis untuk datang ke Sydney.

Setelah membahas peringkat 8 (delapan) sampai 5 (lima) kegiatan yang harus dilakukan di Sydney, maka untuk peringkat 4 (empat) besar akan gue bahas esok hari, jadi jangan sampai kelewatan ya.

Advertisements

One thought on “Kegiatan yang harus dilakukan ketika Liburan di Sydney (Part 1)