Jalan-Jalan ke London untuk Pertama Kali : Warner Bros Studio Tour London – The Making of Harry Potter (Part 1)

Hallo semua! sorry ya udah lama ga tulis blog, biasa ada deadline kerjaan awal bulan yang padet (emang ada yang nungguin blog gue ya hahahaha). Sekarang gue mau cerita pengalaman gue pergi ke Warner Bros Studio Tour London – The Making of Harry Potter di London. Secara garis besar, Warner Bros Studio Tour London – The Makin of Harry Potter adalah wisata keliling studio yang isinya mengenai sets pembuatan film Harry Potter. Untuk tau lebih lanjut mengenai studio tour tersebut, baca blog ini sampai selesai ya .

Untuk masuk ke studio tour Harry Potter, gue udah beli tiketnya via online di Jakarta, karena disana tidak disediakan penjualan tiket masuk on the spot. Pembelian tiket via online sangat mudah, gue tinggal pilih hari dan jam kapan gue mau datang dan bayar menggunakan kartu kredit. Nanti akan dikirimkan email dari pihak wbstudiotour sebagai bukti untuk ditukar dengan tiket masuk di studio tour Harry Potter tersebut. Cek official website-nya untuk beli online dan mau tau lebih lanjut.

Untuk pergi ke studio tour Harry Potter, gue menggunakan kereta dari London Euston station menuju Watford Junction. London Euston station ini merupakan stasiun besar seperti stasiun Gambir di Jakarta, jadi kereta-kereta yang dari sini adalah kereta untuk keluar kota gitu, jadi paham dong, Watford station adalah station paling luar kalau diliat dari peta kota London, jauh aja. Untuk harga tiketnya sebesar, hemm, hemm, sekitar kurang lebih 20 pounds untuk pulang pergi, MAHAL BANGET BROH! 400ribu aja broh! Sedih broh. 

dscn6181-01
Euston Station

Waktu tempuh untuk menuju ke Watford station sekitar 30 menit (gue kira bakalan lama hahaha). Setelah sampai, gue menuju ke halte untuk naik bis khusus ke studio tour Harry Potter. Untuk memudahkan pengunjung, bis khusus dibuat bergambar Harry Potter. Biaya yang dibutuhkan sebesar 2,5 pounds untuk pulang pergi.

dscn6192-01
halte menunggu bus khusus harpot
dscn6285
bus menuju lokasi

Hanya butuh waktu 5-10 menit dari halte untuk sampai ke studio tour Harry Potter tersebut.

Setelah sampai di studio tour Harry Potter, gue langsung nuker bukti pembayaran dengan tiket masuk. Posisi loketnya berada di sisi kanan ketika gue sampai di lobby, berarti sisi kiri dari sudut pandang bangunannya hahahah, semua hal tergantung sudut pandang deh.

Gue beli tiket untuk jam 12 siang dan ngantrinya panjang bangat pas mau masuk ke dalamnya . Meskipun gue memilih jam masuknya, ga berarti waktu gue dibatasin untuk keliling sets Harry Potternya, bebas kok mau berapa lama di dalamnya.

_dsc2347-01
ngantri masuk untuk ke Lobby

Ketika mengantri di lobby untuk masuk ke dalam studio tour, tempat ini menyuguhi foto-foto para tokoh di film-film Harry Potter yang membuat gue langsung membangkitkan kembali kenangan-kenangan film Harry Potter dipikiran gue (cak ilah). Hal tersebut sangat terbukti untuk membangun feeling mengenai dunia Harry potter untuk para pengunjung untuk memulai wisata ini.

_dsc2348-01
suasana ngantri masuk
_dsc2354-01
foto-foto yang dipajang guna membangun suasana
_dsc2355-01
foto-foto para pemain
_dsc2366-01
tempat tidur Harry pertama kali difilm ke-1

Ketika memulai studio tour ini, gue langsung dibawa ke mini studio bioskop gitu. Di sini ditayangkan prolog mengenai dibuatnya Warner Bros Studio Tour London – The Making of Harry Potter. Prolog tersebut dibawakan oleh trio pemeran Harry Potter. Gue berharapnya mereka dateng langsung, tapi apa daya, mereka hanya muncul melalui video hahaha.

Studio Tour London – The Making of Harry Potter dibagi atas 2 bagian bangunan dan gue akan memulai menceritakan dari bangunan pertama.

PART 1

Pertama kali masuk studio ke-1, gue langsung disuguhi dengan the Great Hall. Tau kan the Great Hall? Aula besar untuk menyambut para murid baru di Hogwarts. Pinter sik ini tour, opening scene-nya langsung dikasih wah. Disini kita dapat melihat berbagai kostum para staff Hogwarts seperti Hagrid, Professor McGonagall, Professor Snape dan lain lain, serta tidak ketinggalan dengan Topi untuk seleksi asrama. Selain itu, kostum-kostum untuk setiap asrama  juga dipamerkan di ruangan ini.

_dsc2377-01
para guru Hogwarts
_dsc2372-01
baju asrama Gryffindor

Detail interior the Great Hall yang gue liat di film-film memang aslinya itu keren, detail banget emang ini set, yailah lah, namanya juga set film .

_dsc2374-01

Jika diteliti lebih detail, di the Great Hall ini juga dipajang berbagai coklat dan makanan khas yang terkenal dalam dunia Harry Potter.

Setelah melewati the Great Hall, kita bakal melihat opini para sutradara film Harry Potter mengenai dunia sihir yang diciptakan oleh J.K Rowling. Dunia sihir yang diciptakan J.K Rowling memang banyak membuat orang tersihir akan ceritanya. Tidak hanya anak kecil, melainkan orang dewasa pun menikmatinya.

_dsc2392-01

_dsc2391-01

Kemudian gue menuju ke set Gryffindor yang berisikan boy’s dormitory, common room dan kostum untuk ketiga tokoh utama film tersebut, yaitu Harry Potter, Hermione dan Ron. Kalau melihat kostumnya aja sik menurut gue biasa aja, tapi kalau liat dipake sama mereka jadi bagus hahaha (semua tergantung sama muka, )

_dsc2402-01
kamar laki-laki Gryffindor
_dsc2408-01
common room Gryffindor

Lalu gue beranjak untuk melihat kantor Dumbledore, ruangan potions dan Hagrid’s Hut. Semua tempat tersebut sangat detail sekali seperti di film, yang akan membuat lu bernostalgia akan film Harry Potter.

_dsc2416-01
kantor Dumbledore

Quidditch! Iya, disini kalian juga bisa melihat berbagai perlengkapan game yang sangat terkenal di dunia Harry Potter tersebut. Seperti broomsticks nimbus 2001 dan firebolt nya milik Harry Potter. Game Quidditch adalah salah satu game yang pengen banget, nget, nget gue coba ya, terlihat keren banget gitu hahaha. Bisa terbang naik sapu terbang dan main game dimana semua orang tertuju sama gue semua. Kece kan, berasa Lionel Messi hahaha.

_dsc2428-01
sapu terbang Harry untuk main Quidditch
_dsc2430-01
kostum Quidditch

Karena gedung pertama ini lebih banyak memperlihatkan kostum dalam dunia sihir Harry Potter, jadi kurang lengkap kalau tidak ada kostum untuk the Ministry of Magic. Pasti inget dong sama the Ministry of Magic ini, dimana Harry Potter ketemu dengan Voldemort untuk pertama kali di buku ke 5 (lima) dan ketika Harry Potter dan teman-temannya berburu Horcruxes di buku ke 7 (tujuh).

Memang sih the Ministry of Magic tidak terlalu melekat diingetan, jadi pas liat konstum-kostum ini ga terlalu excited. heheheh

_dsc2454-01
kostum para Ministry of Magic

Menyambung mengenai Horcruxes, disini juga menampilkan 7 Horcruxes yang telah dihancurkan untuk dapat membunuh si you know who a.k.a Voldemort. Masih inget 7 Horcruxes apa aja? Lupa ya? Hahaha, berikut 7 Horcruxes tersebut :

  • Tom Riddle’s Diary
  • Marvolo Gaunt’s Ring
  • Salazar Slytherin’s Locket
  • Helga Hufflepuff’s cup
  • Rowena Ravenclaw’s Diadem
  • Nagini
  • and the last one, Harry Potter.
_dsc2438-01
semua benda-benda Horcruxes

Kalau masih yang tidak sadar, Horcruxes tersebut mewakili hal-hal penting di film Harry Potter itu sendiri, yaitu 4 asrama Hogwarts, barangnya Voldemort dan tokoh utamanya itu sendiri, Harry Potter.

Selain Horcruxes, salah satu yang menarik dari scene mengenai kostum ini adalah adegan saat meeting at malfoy manor. Dimana Voldemort meeting dengan para Death Eaters untuk mengambil alih the Ministry of Magic. Karena adegan ini salah satu adegan yang iconic dalam film Harry potter.

_dsc2440-01

Bagi kalian yang mau punya foto sendiri menaiki sapu terbang dengan special effect di Hogwarts, disini tersedia untuk hal tersebut. Tapi perlu diinget, ga gratis, harus bayar hahahah. Gue lupa harganya, tapi mahal sekitar 200ribu rupiah kalau ga salah, tergantung paketnya. Karena uang terbatas ya gue sik ga ambil itu  .

Kemudian kita dibawa melewati dinding yang menampilkan foto-foto behind the scene pembuatan filmnya, yang bagi gue ini salah satu spot paling bagus, gue mau kalau dikasih spot kaya gini dirumah (ya menurut lu aja semua juga mau hahah)

_dsc2463-01
salah satu adegan di film Harry Potter
_dsc2467-01
mau deh punya dinding kaya gini
_dsc2459-01
first and last shot

Foto-foto behind the scene menurut gue paling bisa bikin kenangan atas film Harry Potter muncul kembali dipikiran gue. Dan pikiran kita pun langsung keingetan adegan-adegan tersebut yang muncul difilm.

Setelah foto-foto behind the scene tersebut, tour ini akan memperliatkan ke gue dua  icon di film Harry Potter yang paling dicari-cari oleh para pengunjung untuk dilihat langsung. Dan salah satu  ikon tersebut merupakan ikon yang paling diinginkan para pengunjung untuk benar-benar ada di dunia nyata, bukan khayalan hahaha. Untuk mau tau kelanjutan dari tour ini, silahkan baca part 2nya besok pagi ya. see you soon 

Advertisements

8 thoughts on “Jalan-Jalan ke London untuk Pertama Kali : Warner Bros Studio Tour London – The Making of Harry Potter (Part 1)

  1. Salam kenal bro Henry,

    Gw Jun, kebetulan gw solo traveller. Tengah tahun mau ke UK, dan kebetulan mau ke bbrp spot harry potter. Apakah sempat mampir ke peron 9 3/4? Apa ada paket tour khusus ke semua lokasi syuting harry potter?

    Btw, apakah sering join trip? Jika iya bs bareng jika jadwalnya ketemu. Maklum org kantoran juga di jakarta. Plg ga sekali setahunlah trip. Hehehe.

    Salam,
    Jun Hendra

    Like

    1. Hi Jun, salam kenal ya. ada 2 tempat untuk ke peron 9 3/4:
      – pertama : kl hanya mau dateng ke peron saja, bisa ke king’s cross station untuk berfoto;
      – kedua : kalau kamu mau pergi ke Warner bros studio tour, peron 9 3/4 juga terdapat disana, jadi tidak usah ke king’s cross station.

      kalau kamu mau cari tour ke tempat-tempat lokasi syuting Harry Potter, bisa dicari di http://www.getyourguide.com. kalau menurut saya harganya lumayan mahal banget heheh tapi kalau kamu ada uang coba saja. atau kamu bisa ga usah ikut tour, kamu catet saja tempat-tempat yang di datengin tour tersebut, kemudian kamu jalan sendiri.

      Tapi perlu diingat kalau ikut tour biasanya dpt temen baru atau ada yang bantuan kamu berfoto. Jadi semua ada nilai plus dan minus.

      saya belum pernah nyoba ikut join trip, mungkin kalau ada kesempatan mau tergantung tempatnya. biasanya saya ikut couchsurfing, jadi suka ketemu orang lokal.

      betul sekali, minimal pergunakan cuti untuk liburan 1x dalam setahun (minimal ya, bisa lebih heheh)

      sebagai info tambahan, terakhir saya baca berita bahwa Big bennya sedang diperbaiki ya. Semoga liburan ke UK nya menyenangkan ya Jun.

      Like

      1. Thx berat infonya, pnjng bgt balasnya.

        Thn dpn ada bbrp opsi tp plg ga mengerucut ke sebagian Eropa, Rusia atau Amerika.

        Biasanya ak jalan dibulan libur lebaran, krn kbtln ak tdk merayakan. Jd lumayan lama liburnya, bs dpt 3 minggu lbh.

        Tp blk lg semua tergntg promo tiket. Fakir tiket murah soalnya.

        Jika ada yg match bs disesuaikan tripnya. Dgn senang hati biar lbh rame.

        Salam jalan2.
        Jun Hendra

        Like

      2. Hi Juan, kalau saya memang tergantung tiket prmonya dibulan apa dan menyesuaikan jadwal sibuk kerjaan. lagi nyari untuk musim autumn, biasanya dateng pas spring terus.

        Semoga jalan-jalannyan tahun ini semakin menyenangkan ya.

        Like

  2. Hi Henry,

    Salam kenal…Blog ini mayan ngebantu juga buat aku yg mau ke London di pertengahan tahun ini…Mau tanya kira” di dalam studio warner bros itu bisa berapa lama ya ?

    Salam,
    Pricilia

    Like

    1. Hi pricilia, terima kasih jika blog saya bisa membatu anda :).
      Untuk di warner bros harry potter tidak ada jangka waktunya, bebas mau berapa lama.
      Jika ada yg mau ditanyakan, silahkan ya.

      Like

  3. Hello Henry

    Salam kenal yaa.. seru banget dari foto2nya nih.
    kebetulan aku mau berangkat ke UK dan cari review digoogle, trs nemulah blog kamu.
    Thank you sharingnya yang sangat berguna.

    ada beberapa pertanyaan aku nih,
    1. jadi kira2 kita perlu siapkan berapa jam sebelumnya ya untuk berangkat ke studio warner bros – Harry potter ?
    jika kita beli tiket jam 12. mengingat masuk juga butuh antri.
    belum lagi kalo kami yang masih mencoba2 cari tau cara naik kereta dari london euston station?

    2. apakah setiap saat ada kereta dari euston station? jika ada jam2 nya kira2 dapat dilihat diweb apa?

    3. Jika kita telat tiba dari jam yang tertera pada tiket, apakah ada dispensasi keterlambatan?

    4.selain naik kereta dari euston apakah ada alternatif transportasi lainnya?

    5. didalam warner bros tidak ada jangka waktu nya ya? apakah dapat diperkirakan berapa lama akan kita butuhkan/ habiskan waktu didalamnya?

    6. untuk naik shuttle bus dari watfort stasiun apakah ada jam2 nya? atau akan ada setiap waktu seperti per 10-15 menit?

    hehehehe sorry banyak pertanyaan ya.
    kebetulan mau berangkat, dan ada one day free program jadi pengen jalan sendiri tapi takut nyasar malah tidak kesampaian.
    Makasih banyak yaa

    Regards
    Natalia

    Like

    1. Hi Natalia,

      Wah Asik nih ke London, saya mau juga ke sana lagi hehehe. Untuk pertanyaannya, sebisa mungkin saya jawab sebagai berikut:
      1. Kalau masuk jam 12, lebih baik sudah di station Euston jam 10,00 atau paling lambat 10,30. Untuk cari tau keretanya gampang kok. Euston itu merupakan station besar dan berasa kaya bandara, jadi nanti ada papan besar informasin di lobbynya untuk memberitahu tujuan kemana, nomer keretanya dan gate yang harus didatengin. Yang penting menggunakan oyster card dan terisi banyak ya, karena keretanya sekali jalan seharga Rp.200ribu hahaha.

      2. Untuk jam kereta Euston seharusnya ada sih, tapi pas saya kesana saya ga cek. karena saya yakin kita ga bakal nunggu kereta lebih dari 20menit (London punya sistem yang bagus soalnya)

      3. Lebih baik jangan telat sih. Tapi sepertinya ga ada denda atau semacamnya. (belum nemu juga kalau ada denda kalo telat)

      4. Naik kereta aja udah. dari pada nyasar hehehe. soalnya kalau diliat dipeta tempatnya di ujung London. Kalau naik bus takes time banget.

      5. Ga ada jangka waktunya kok, gue disana aja sampai 4 jam-an hahaha (karena mondar-mandir terus ga mau rugi) Standarnya bakal ngabisin waktu 2,5 jam.

      6. Untuk shuttel busnya cepet kok sekitar 10-15 menit-an (tunggu aja dihaltenya) karena jarak dari halte ke warner brossnya ga jauh.

      Semoga dapat menjawab pertanyaannya ya dan semoga bersenang-senang di London. Oia, kalau suka main ke taman. jangan lupa ke Primrose hill park sore hari ya, bisa liat pemandangan kota london dari atas bukit kecil.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s