Jalan-Jalan ke London Untuk Pertama Kali : Transit di Bandara Doha

The Day is coming!! the day is coming!!! Setelah penantian 7 bulan sejak beli tiket pesawat, akhirnya liburan ke London tiba juga *sujut syukur*. Mau tau perasan gue gimana pas mau berangkat? Wah, gue aja susah untuk mendeskripsikan hahaha. Excited parah, mau goyang-goyang terus, senyum-senyum terus, pengen triak-triak seneng tapi ga bisa, nanti dikira orang gila .

Pesawat gue ke London berangkat dari Kuala Lumpur hari rabu tanggal 15 Juni 2016 jam 02.00 dini hari waktu Kuala lumpur, jadi gue harus berangkat ke Kuala Lumpur dari Jakarta hari selasa tanggal 14 Juni 2016. Karena cuti terbatas, di hari selasa gue cuma ambil cuti setengah hari, pagi nya kerja dulu guys cari uang buat bayar tagihan hahaha.

Perjalanan dari Jakarta  ke Kuala Lumpur menggunakan pesawat AirAsia dengan harga 490 ribu rupiah sudah termasuk bagasi, tergolong murah kan hahah (senengin diri sendiri). Gue ambil penerbangan jam 18.30 sampai sana jam 21.30 waktu setempat biar ga nunggu lama sampai waktu check-in jam 12 malem.

Setelah sampai di Bandara Kuala Lumpur (KLIA2) dengan selamat, gue langsung menuju ke tempat janjian dengan temen-temen gue di bandara Kuala Lumpur. Mereka udah berangkat dari Jakarta sore hari, ga tau deh ngapain aja itu mereka di bandara Kuala Lumpur sampai gue dateng, shopping kali atau jadi pengamen biar dapet uang tambahan untuk liburan hahahah.

Kami nunggu sampai waktu check-in tiba di tempat makan favorite gue, yaitu SUBWAY. Hore makan Subway! Soalnya di Jakarta ga ada Subway (Pak PT Modern International, tolong buka Subway dong di Jakarta). Harga subway di bandara sekitar 12 – 20 ringgit tergantung paket, udah dapet sandwich ditambah cookies/chiki plus minuman, mau softdrink, teh atau kopi, tergantung selera.

my love, Subway

Setelah waktu menunjukan pukul 23.30, kami langsung menuju ke terminal KLIA 1 dari posisi kami yang ada di terminal KLIA 2 menggunakan express train seharga 4 ringgit. Dari KLIA 2 ke KLIA 1 cuma 4 menitan aja. Sebagai informasi tambahan, bandara di Kuala Lumpur terbagi jadi 2, KLIA 1 dan KLIA 2. Maskapai low budget kaya AirAsia, Tiger Air, Lion Air  dan lainnya berada di KLIA 2. Untuk maskapai di atas low budget kaya Garuda, Qatar, Emirates, Etihad dan sejenisnya berada di KLIA1.

Ketika check-in di konter Qatar, kami melakukan check in terpisah. Gue sendirian check-in untuk pergi ke London, temen-temen gue check in untuk pergi ke Amsterdam. Kenapa mereka ga bareng gue ke London? Karena mereka (berharap) ketemu DJ kesayangannya yang tinggal di Amsterdam, hahah anak kekinian emang, beda sama gue yang dengerinnya lagu religi .

Untuk yang belum pernah keluar negeri pakai transit, ketika check-in pertama kali untul berangkat biasanya langsung dapet 2 tiket, kaya gue, langsung dapet tiket KUL-DOH dan DOH-LHR. Untuk bagasinya, kita ga usah ambil bagasi di negara transit, bagasinya langsung otomatis pindah ke flight selanjutnya oleh pihak maskapai, jadi kita tinggal menuju boarding gate pas sampai di tempat transit untuk next flightnya.

tiket KUL-DOH, DOH-LHR

TIBA di Bandara Doha 05.30 waktu setempat

Setelah menempuh waktu terbang 7 jam 30 menit, akhirnya kami tiba di bandara Doha atau nama lainnya Ahmad International airport. Ini untuk pertama kalinya gue naek Qatar airlines dan transit di Bandara Doha. Untuk makanan di dalam pesawat yang dikasih maskapai enak-enak. Seperti biasa untuk flight malam kami dapat snack dan breakfast, yang paling juara si yogurtnya, enak bener, apalagi di campur sama buah-buahan.

suasana kelas ekonomi Qatar
img-20161127-wa0003
favorite yogurt

Setelah liat-liat kanan kiri bandara Doha, ini bandara tergolong besar, meskipun ga sebesar bandara Changi sih. Karena semua penerbangan Qatar ke Eropa, Afrika maupun Amerika akan transit di sini, makanya ini bandara rame sama orang-orang yang transit, tapi itu semua menurut sudut pandang kesotoyan gue ya hahaha.

Bandara Doha memiliki icon yang sangat terkenal bagi penumpang yang transit di sini. Icon ini juga jadi pusat photo spot bagi kebanyakan orang-orang, yaitu the giant teddy bear. Kalau kata mbah google, teddy bear ini memiliki berat 35.000 pounds and tinggi 23 kaki dan dana yang dihabiskan sebesar $6.8 million, WOW.

si giant teddy bear

Kami hanya transit 2 jam 30 menit di bandara Doha, padahal kalau transit disini minimal 5 jam dan waktunya pagi (bukan subuh) atau siang, ada layanan jalan-jalan gratis keliling kota Doha selama 2 jam yang dibiayain pihak bandara. Kalian tinggal daftar di tempat pendaftaran yang disediakan oleh pihak bandara dan mengenai visanya, akan dapet visa on arrival secara gratis, lumayan kan itung-itung pernah ke Doha hahaha.

Setelah muter-muter bandara Doha semampunya, kami menghabiskan waktu menunggu boarding time di foodcourt, dengan pemandangan parkiran pesawat.

Pemandangan di foodcourt

Mata uang yang digunakan di foodcourt bandara Doha adalah mata uang riyal, tetapi kalian bisa juga jajan menggunakan mata uang USD atau Euro, tapi ya tapi, ga tau mereka ngitung kursnya gimana, harga kentang di Burger King yang reguler 6 USD, ga jadi beli deh, mahal bener .

Setelah ngobrol, foto-foto, tidur bentar, foto-foto lagi, ngemil-ngemil, akhirnya tiba juga boarding time dan pada saat itu pula kami berpisah. Gue seorang diri menuju kota impian dan mereka berdua juga pergi ke kota kesayangan. See you again in Belgium

Pesawat yang akan mengangkut gue ke London adalah airbus A380, gue ga paham tipe-tipe pesawat airbus seperti apa, jadi gue pikir airbus A380 kaya biasa aja. Tapi pas masuk, jreng-jreng-jrenggggg, ternyata airbus tipe A380 merupakan pesawat double decker alias pesawat dengan dua lantai. Wahhhhh gede bangat ya, norak gue. Untuk lantai 2 kayanya buat bisnis class deh, tapi ga tau juga sik hahaha. Ada satu hal yang gue lupa, gue lupa untuk beli miniatur pesawat Qatar A380, lumayan buat pajangan di kamar.

tangga menuju lantai 2

Tiba juga saatnya take off dari Doha ke London, tiba juga waktunya pemimpi seperti gue pergi ke tempat impiannya, London. Good bye, Doha. See you again.

“if you have faith on yourself for your dream and then there is away to make it.”