Jalan – Jalan ke LONDON untuk Pertama Kali, Prolog (1)! Tiket Pesawat dan Visa

Seperti kata-kata dalam buku sinar dunia jaman SD, “Where there’s a will there’s a way! Setiap hari gue berdoa buat kuliah diluar negeri atau bisa jalan-jalan ke London dan kadang doa dapat jodoh ataupun istri (sorry curhat dikit). Bertahun-tahun gue berdoa dan pada akhirnya di tahun 2016, doa gue terjawab, alhamdulillah, dapet juga kesempatan ke London .

Pembahasan  pertama diblog gue ini mengenai persiapan yang telah gue hadapi untuk menuju kota tercinta, London, yaitu pembelian tiket pesawat ke London, pembuatan visa UK, itinerary di London dan mengenal sang legendaris subway di London, underground, yang merupakan transportasi kereta yang akan gue gunakan disana.

Tiket Pesawat Ke London

Persiapan untuk pergi ke London ya tentu saja beli TIKET PESAWAT hahaha. Hal tersebut yang selalu mematahkan niat ke London bagi gue, kenapa? ya karena harga tiketnya mahal aja. Kalau dicek-cek di website penjualan tiket, biasanya harga tiket untuk pulang-pergi itu sudah menghabiskan 10 juta rupiah (baru tiket doang ya)! Nilai yang sangat mahal kan (bagi gue si terutama ). Apalagi kalau udah beli tiket, trus pas bikin visa UK malah ditolak, ya angus kan tiketnya , kan sayang uang 10 juta terbuang sia-sia. Tapi ya,  gue selalu percaya, kalau memang udah niat bangat untuk pergi ke London, pasti bakal mengerahkan usaha 100% .

Selain itu, bagi gue yang punya budget sangat-sangat terbatas, so pasti beli tiket promo dulu jauh-jauh bulan sebelum bikin visa. Karena kalau bikin visa dulu yang baru bisa 3 bulan sebelum berangkat, nanti harga tiket pesawatnya udah semakin mahal dan nantinya ga jadi beli 😥.

Tiket London yang gue beli merupakan tiket promo yang ga gue duga sama sekali, diluar perkiraan. Gini ceritanya, tanggal 3 November 2015, gue balik kerja jam 12 malam sampai rumah, seperti biasa gue selalu cek media sosial dulu sebelum tidur (inget, bukan stalking ya), nah pas buka twitter ada yang ngeRT tweet orang “Qatar lagi promo, PP ke Eropa 4,5 juta, kalau pakai ke Inggris harganya 5,5 juta”, dengan syaratnya harus berangkat dari KL, multicity dan cuma sampai Juni 2016 period terbangnya ( gue kasih contoh : KUL-AMS (Amsterdam), CDG (Paris)-CGK). Spontan dong gue langsung linglung sendiri, langsung panik, langsung berfikir “ini kah jalan gue untuk pergi ke London? inikah kesempatan gue untuk mewujudkan mimpi?” hahahah (berlebihan ya) dan langsung kroscek yang punya akun twitter terkait.

Setelah nunggu balesan tweet yang tak kunjung didapat, gue langsung menuju ke TKP dong a.k.a website qatar,  dan ternyata bener dong sodara-sodara qatar airlines lagi promo. Bingung, linglung, pusing mikirin cuti gimana, ga konsen deh pokoknya, niat mandi dan tidur jadi terbengkalai. Dari pada besok telat ngantor, gue putuskan buat mandi trus tidur dulu, besok pagi cek lagi dikantor.

Setelah sampai kantor dan bertapa mohon petunjuk selama 30 menit, akhirnya gue memutuskan untuk membeli tiket dengan rute KUL-LHR (London), CDG (Paris) – CGK untuk tanggal 15 Juni – 25 Juli 2016 seorang diri tanpa temen yang menemani hahaha, pokoknya demi ke London, nekat dong.

Gue beli tiket ke London bukan diweb resmi qatar, kenapa? karena website qatar tidak bisa memilih dengan mata uang rupiah, akhirnya gue beli via skyscanner yang ada mata uang rupiahnya. Oia, skyscanner ini merupakan website pihak ketiga, maksudnya mereka akan menampilkan harga-harga dari berbagai website yang menjual tiket pesawat. Karena paling murah itu dari ebookers dan diliat-liat webnya bisa dipercaya, akhirnya gue memutuskan membeli dan membayar tiket seharga 5,5 Juta rupiah menggunakan kartu kredit.

Untuk tiket penerbangan CGK-KUL gue menggunakan pesawat airasia seharga 340 ribu rupiah dan kurang lebih 150 ribu rupiah untuk bayar bagasi, jadi total 490 ribu rupiah.

Saran gue si ya, selalu cek media sosial, follow yang menurut kalian penting dalam info-info traveling dan selalu cek skyscanner atau traveloka setiap minggu. it worked for me.

img_20161123_112813-01
Harga menurut skyscanner yang gue beli

 

 

untitled-3
konfirmasi dari pihak ebookers

 

Pengajuan Pembuatan Visa UK

Visa UK merupakan visa peringkat 2 yang susah didapat setelah visa sang negeri Paman Sam a.k.a Amerika, menurut blog-blog yang gue baca ya (karena belum pernah apply visa Amerika, semoga aja nanti ada yang mau sponsorin, amin )

Pembuatan visa UK sendiri tidak dapat di ajukan di Embassy Jakarta, melainkan melalui pihak ke 3, yaitu VFS Global di Kuningan City lantai dua cek

Kenapa dilakukan oleh pihak ke 3? kemungkinan banyak pihak Embassy yang tidak mau repot ngurusin hal tersebut dan merasa lebih aman kalau tidak banyak orang yang keluar masuk ke Embasy. Lagi pula, visa UK dikeluarkan bukan dari Embasy UK di Jakarta, melainkan Embassy UK di Manila. Jadi pihak VFS akan mengirimkan aplikasi kita ke Manila untuk di proses.

Dalam pengajuan Visa UK, banyak dokumen yang perlu gue persiapkan untuk diberikan ke VFS, mengenai dokumen-dokuem apa saja yang dibutuhkan sudah banyak blog-blog yang telah menguraikan syarat-syarat dokumen pembuatan visa. Dan jangan lupa, liat juga dokumen yang dibutuhkan berdasarkan web resmi.

Disini gue mau menggaris bawahkan bahwa banyak yang apply visa yang ditolak dengan alesan kamu terlalu baik buat aku, eh sorry salah, karena TIDAK ADA  KETERIKATAN DENGAN INDONESIA. Maksudnya para peng-apply visa tidak kuat membuktikan bahwa mereka merupakan Warga Negara indonesia yang pergi hanya untuk liburan, bukan untuk mencari pekerjaaan atau mau mencoba menetap disana.

Saran gue setelah pernah mendapat visa Korea, Jepang, Australia, Schengen dan UK, bahwa  kalian harus (wajib) melampirkan :

  • Tiket pesawat pulang pergi dari Jakarta ke UK (ataupun tiket multicity). Bebas mau kasih bookingan tiket atau sudah dibayar tiketnya, karena tiket tersebut memperkuat kalian bahwa kalian pergi ke UK hanya untuk liburan dan akan kembali lagi ke Jakarta. Ketika apply tiket yang gue lampirkan CGK-KUL, KUL-LHR, CDG-CGK dan tiket bus London – Brussel.
  • Surat Pernyataan Kantor. Surat pernyataan ini berisikan bahwa kalian merupakan karyawan PT. AAA dengan gaji perbulan XXX yang akan liburan ke UK selama BBB hari dan akan kembali lagi ke Jakarta untuk bekerja di PT AAA (pakai bahasa inggris ya). Dokumen tersebut sangat memperkuat kalian bahwa kalian mempunyai pekerjaan di Jakarta dan ga mungkin meninggalkannya.
  • Dan yang terakhir, rekening koran selama 3 bulan. Ini merupakan bukti bahwa kalian memiliki uang untuk liburan. kenapa minta 3 bulan terakhir? karena mereka mau melihat cash flow keuangan kalian, bener ga sesuai gaji, pengeluarannya gimana, apakah ada transaksi mendadak ketika mau apply visa. Untuk masalah ini gue udah mempersiapkan bertahun-tahun lalu, karena gue bilang, gue udah niat bangat ke London dan pinjam sana-sini, akhirnya terkumpul 40 juta rupiah. Dan itu udah cukup menurut gue dan akhirnya visa UK gue di terima hehe.

Untuk proses pembuatan visa UK dilakukan secara online dan fee atas pembuatan seharga USD 136 dan pembayarannya dilakukan melalui online juga. Proses pembuatan visa UK memakan waktu selama 3 minggu atau 15 hari kerja ya. Iya, iya,  lama bener, saking lamanya gue susah tidur, susah makan dan males kerja (ini mah maunya hahah).

Ada layanan SMS yang diberikan oleh VFS, yang akan memberitahu kalian proses visa tersebut, dari dokumen dikirim ke Manila sampai dikembalikan lagi, tarifnya 25ribu per-sms, gue si ga ambil layanan ini, mahal, nunggu email resmi aja dari VFS kalau udah bisa di ambil paspornya. Tapi kalau yang ga mau deg-deg ser, bisa ambil layanan ini. TAPI PERLU DI INGAT, layanan ini tidak akan memberitahu kalian visa di terima atau di tolak ya. Jadi hanya untuk kepuasan batin aja guys.

img_20161123_114128
Setelah nunggu 13 hari kerja, akhirnya dikasih visa UK

 

Tiket udah punya, visa udah didapat, waktunya mikirin itinerary sama transportasi di London. Horeeeee

Advertisements

3 thoughts on “Jalan – Jalan ke LONDON untuk Pertama Kali, Prolog (1)! Tiket Pesawat dan Visa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s